Laman

  • Home

Sabtu, 02 Juli 2016

Valuasi Usaha

Business Valuation
Masih seputar investasi, setelah berbicara mengenai investasi dan berbagai tips untuk mendapatkannya, sepertinya tidak fair jika kami tidak memberikan pembekalan kepada teman-teman UMKM tentang valuasi usaha yang akan digunakan oleh investor untuk menilai kelayakan usaha anda untuk investasi. 

Sepanjang perjalanan kami dalam melakukan pembinaan UMKM, kami banyak menemukan usaha-usaha prospektif yang seharusnya bisa dikembangkan lebih lanjut tetapi karena kelemahan dalam pemasaran dan permodalan maka usaha tersebut tidak berkembang bahkan juga ada yang terpaksa tutup karena tidak ada modal. Kondisi ini sangat disayangkan mengingat si pelakuk UMKM tersebut memiliki skill dan kemampuan produksi yang di atas rata-rata. 

Mengapa saat ini kami banyak memberikan pembekalan mengenai investasi adalah karena kami tidak ingin hal-hal yang terjadi di atas banyak terulang, mengingat peluang investor pada usaha UMKM juga semakin membesar saat ini. Bisnis skala UMKM di mata para investor banyak yang memiliki keunikan dan fleksibilitas yang tinggi. Mereka melihat bahwa uang yang mereka tanamkan dalam jumlah kecil bisa tiba-tiba saja berkembang cukup besar dalam hitungan waktu yang tidak  lama. Sebut saja usaha waralaba dan angkringan yang sementara dilihat hanya sebagai bisnis "ketengan" tetapi jika dicermati omzet dan jumlah outletnya, bisnis ini bisa setara dengan usaha besar.

Oleh sebab itu, pelaku UMKM tidak perlu merasa ragu untuk terus berusaha mengembangkan usaha melalui pemantapan konsep usaha, bisnis plan yang baik dan penyajian analisa keuangan yang faktual dan prospektif. Dengan cara ini akan banyak investor yang melirik usaha tersebut, terlebih ketika secara fisik usaha tersebut memang mampu menggedor pasar dengan baik.

Berikut  adalah materi pembekalan Valiation and Capital Budgeting for Levered Firm yang bisa dijadikan wacana untuk teman-teman sekalian.

Valuasi Usaha