Laman

  • Home

Kamis, 28 Juli 2016

Potensi UMKM Kabupaten Tegal



Teh Poci Slawi Sebagai Icon Kabupaten Tegal
Kamis 28 Juli 2016 ini untuk yang kesekian kalinya kami merasakan fasilitas angkutan umum KA Kamandaka yang sangat digemari oleh masyarakat Semarang, Kendal (Weleri), Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Slawi sampai dengan Purwokerto. Aman, murah, cukup nyaman dan tepat waktu merupakan pertimbangan kami ketika harus bertugas ke daerah-daerah tersebut.
Hari ini kami harus mengisi materi pemasaran untuk UMKM dan bagaimana tips-nya memasok pasar modern, karena setelah sesi kami Bapan Penanaman Modal Daerah Kabupaten Tegal selaku penyelenggara juga mengundang AlfaMart Regional Cirebon untuk memberikan perkenalan, peraturan dan tata cara memasok produk ke AlfaMart.
Acara business matching ini dihadiri kurang lebih 40 pelaku UMKM dari Kabupaten Tegal yang sebagian besar adalah produsen makanan dan minuman dan beberapa di antaranya adalah start up. Seolah kami merasa bersalah karena selama ini pembinaan kami belum mencapai Kabupaten Tegal, sehingga dalam kesempatan ini kami memberikan sesi konsultasi setelah penyampaian materi kepada teman-teman pelaku UMKM di Kabuapten Tegal karena kami kawatir bahwa materi pemasaran kami mungkin tidak cukup mudah dicerna oleh para start up.
Beberapa produk UMKM yang cukup potensial yang kami temui dalam acara ini adalah dodol sirsak, dodol tape, manisan terong, kefir (asam susu), pilus dan sebagainya. Dalam sesi ini kami mengingatkan para pelaku UMKM untuk memberikan jaminan kualitas dan jaminan keamanan pangan (PIRT/BPOM) kepada konsumen, selain jaminan kapasitas dan supply kepada pasar.
Sikap profesional dan pola pikir kewirausahaan yang mandiri dan mampu bersaing global merupakan sebuah tuntutan yang harus dimiliki setiap UMKM saat ini ketika pasar mulai bergeser dari pasar offline menuju online. Pelaku UMKM harus siap dan mulai mengakrabi teknologi komunikasi dan informatika yang berkembang saat ini agar tidak tergerus dalam persaingan global yang saat ini sudah dimulai.
Program Rumah UMKM Kadin Jawa Tengah siap memberikan konsultasi dan bimbingan kepada UMKM yang siap untuk berkembang dan bersaing.
Perlu diketahui bahwa Kabupaten Tegal dikenal sebagai penghasil teh (teh poci) dan kerajinan dan industri logam yang merupakan potensi asli dari Kabupaten Tegal tersebut.




Potensi Kabupaten Tegal
Berbicara mengenai mengembangkan perekonomian Kabupaten Tegal, tidak mungkin melepas potensi-potensi yang ada di Kabupaten Tegal mulai dari potensi pariwisata yang harus dibangun sebagai magnet perdagangan dan investasi di Kabupaten tersebut. Beberapa potensi lokal yang bisa terus dikembangkan adalah:

Potensi Wisata Kabupaten Tegal

Sumber: Situs Resmi Kabupaten Tegal.

1. Agrowisata Kereta Antik

Agrowisata Kereta Antik
Hal menarik hingga kini tentang operasionalisasi PG Pangka adalah transpotasi tebu masih menggunakan rel kereta, dibangun lebih 150 tahun yang lalu dengan lokomotif kuno bermesin uap maupun diesel, terbuat pada kisaran tahun 1915. Dijamannya, penggunaan kontruksi rel kereta dan lokomotif uap merupakan rekayasa teknologi canggih. Masih beroperasinya lokomotif kuno mengundang minat wisatawan asing yang umumnya dari eropa berkunjung ke PG Pangka.

2. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci
Guci terletak di kaki Gunung Slamet bagian Utara, dengan ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan air laut mempunyai udara yang sejuk dengan suhu sekitar 20 derajat celcius. Guci masuk kedalam wilayah administrasi Kecamatan Bumijawa, berjarak sekitar 30 km dari pusat kota (Kecamatan Slawi).

3. Pantai Pur In

Pantai Pur In Kabupaten Tegal
Suburnya tumbuhan nyiur meneduhkan suasana di tepi pantai. Kenyamanan ini semakin bertambah indah ketika pandangan mata tertuju pada ombak laut berwarna biru jernih serta berombak tenang. Pesisir pantai pun dapat dinikmati dari tengah laut. Suasana demikian tergambar nyata di obyek wisata alam Pantai Purwahamba Indah (Pur in) Kabupaten Tegal. Pantai Pur in masuk kedalam wilayah administrasi Kecamatan Suradadi.

4. Waduk Cacaban
Waduk Cababan Kabupaten Tegal
Waduk cacaban mulai digagas sejak tahun 1914 dan dibuat perencanaan detailnya pada tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda. Pembangunan fisiknya dimulai pada tahun 1952 dimana peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno pada tanggal 16 September 1952, dan selesai pembangunannya pada tahun 1958 diresmikan penggunaanya oleh penjabat Presiden Mr. Sartono pada tanggal 19 Mei 1958. Sejak saat itu secara resmi waduk Cacaban dioperasionalkan hingga sekarang.

5. Obyek Wisata Kalibakung
Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung Kabupaten Tegal
Obyek wisata peninggalan jaman Belanda ini tidak kalah dengan kondisi obyek wisata di Guci yang memiliki suasan sejuk dan panorama alam yang indah. Obyek Wisata Kalibakung yang pernah memiliki sejarah sebagai tempat pendidikan pertama Angkatan Laut ini mempunyai daya tarik, seperti kolam renang dengan air yang jernih, pesanggrahan, monumen Angkatan laut, dan taman bermain anak-anak.
Karena itu, obyek wisata ini selain sebagai tempat refreshing untuk menghilang kepenatan kerja, juga cocok sebagai lokasi rekreasi pendidikan anak dan keluarga.
Lokasi wisata Kalibakung berada di Kecamatan Balapulang atau sekitar 20 kilometer ke arah selatan dari ibukota Slawi. Obyek wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dan mobil.

Potensi Industri & Perdagangan

Industri Kecil dan Menengah (IKM) logam Kabupaten Tegal memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi industri komponen otomotif yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan industri-industri motor dan mobil seperti Honda, Yamaha, Viar dan lain-lain. Produk-produk komponen otomotif merupakan produk strategis karena merupakan bahan baku bagi industri hilirnya (industri kendaraan motor dan mobil).

Industri komponen otomotif di Kabupaten Tegal didorong agar dapat mengikuti pertumbuhan sektor otomotif nasional. Selama ini industri komponen otomotif  hanya sekedar menghasilkan produk aksesoris yang nilai tambahnya rendah. Kedepannya industri komponen otomotif akan terus dikembangkan dengan membuat komponen-komponen yang merupakan komponen inti kendaraan bermotor, sehingga ada kenaikan nilai tambah yang signifikan.

Pertumbuhan industri logam di kabupaten Tegal dimulai pada masa kolonial Belanda.Cikal bakal bermula dari berdirinya Pabrik Logam NV Barat (sekarang PT.Barata) dan NV Nrunger(PT.Dwika – sekarang sudah tutup),sekitar tahun 1918.Pabrik tersebut dibangun untuk menopang kebutuhan peralatan dan suku cadang pabrik gula,perkapalan,kereta api dan tekstil.

Industri tersebut mulai berubah arah pada tahun 1940 dengan diarahkan guna mencukupi kebutuhan peralatan perang bagi tentara Jepang.Namun budaya kerja paksa tentara Jepang tidak sepenuhnya berpengaruh buruk bagi pekerja.Sebaliknya mereka mendapatkan ketrampilan,belajar disiplin dan teliti.Dengan berbekal ketrampilan yang dimiliki banyak pekerja yang keluar dari pabrik logam dan mendirikan bengkel sederhana sesuai dengan keahlian masing-masing.Bengkel sederhana itu tersebar di desa Tembok Luwung,Lemah Duwur,Talang,Kajen,Kebasen dan Adiwerna yang kini dikenal sebagai sentra industri logam di Kabupaten Tegal.

Tahun 1982,industri logam Kabupaten Tegal mengalami masa kejayaan dengan menghasilkan produk untuk kebutuhan sektor perumahan,pertanian,transportasi,kesehatan,pompa air tangan dan alat penyemprot (sprayer)hama.Bersamaan dengan itu,diresmikan Lingkungan Industri Kecil (LIK) Talang Cempaka Baru (Takaru).Istilah Takaru diambil dari nama desa Talang di Kabupaten Tegal dan Desa Cempaka di Kota Tegal yang memiliki potensi industri kecil menengah perlogaman.

UD.SETIA KAWAN

Jl.K.H.Umar Asnawi Rt.04/II Telp.(0283)3448584,3448581 Fax.(0283)3448584 Desa Kebasen,Kecamatan Talang – Kab.Tegal 52193.CP.Imron Rosadi (081548020619),e-mail: imron_sk@yahoo.co.id

UD.Setia Kawan adalah perusahaan pribadi yang didirikan oleh H.Abdul Choliq pada tahun 1970.Pada awalnya menempati lahan seluas 200 m2,dan kini luas lahan produksi mencapai 1000 m2.UD.Setia Kawan merupakan industri/bengkel bubut dan pengecoran logam dengan spesialisasi perlengkapan kapal laut (Marine Equipment),perlengkapan mobil,listrik dan bangunan.

Usaha ini kini diteruskan oleh putranya, Imron Rosadi, ST.Di bawah kepemimpinan seorang Sarjana Perkapalan ini,produk-produk UD.Setia Kawan telah dipercaya digunakan pada Kapal-kapal Perintis dan saat ini sedang mengerjakan perlengkapan untuk Kapal Tanker 1500 DWT. 

Tujuan pemasaran usaha ini adalah Jakarta,Surabaya, hingga Pulau Kalimantan.Dengan tenaga kerja sebanyak 15 orang dan aset perusahaan sebesar Rp.500 juta,omset penjualan UD.Setia Kawan mencapai Rp.80 juta/bulan.Bahan baku berupa Alumunium,Kuningan/Bronz dan Besi mudah didapat dari wilayah kabupaten Tegal.

Selain jendela kapal dengan kapasitas produksi 150 pcs/bulan, UD. Setia Kawan juga memproduksi SIDE SCUTLE, SQUARE WINDOW, HYDRANT & GATE VALVE, HANDEL PINTU KEDAP, RODA KERETA, AIR PIPE HEAD, CLINOMETER, JANGKAR, NOZZLE, COULINH, dll.

UD. ALISA KARYA

Jl. Panca karya Gg. Poksai No.3 Telp. / Fax : (0283) 443285 Desa Kajen – Kec. Talang – Kab. Tegal. Cp. H. Ali Murtadlo. 

UD.Alisa karya berdiri sejak tahun 1975 dengan H. Ali Murtadlo sebagai pemilik perusahaan. UD. Alisa Karya membuat segala macam standard Mic, standard speaker, column, standard lampu shooting dan tripod. Dengan menempati luas lahan usaha sekitar 600 m2, usaha ini menyerap tenaga kerja sejumlah 25 orang. Dengan modal awal Rp 10 juta, saat ini perusahaan telah memiliki aset sebesar Rp 400 juta.

Dengan didukung bahan baku yang cukup memadai dan mudah didapat dari lokal kabupaten Tegal, pemasaran hasil produksi telah mencapai Jakarta, Surabaya, Malang dan Bali. Omset penjualan UD. Alisa Karya rata – rata sebesar Rp 90 juta/bulan. Perusahaan ini memiliki kapasitas produksi sebesar 1000 set/bulan untuk segala macam standard Mic.

UD. DWI LOGAM

Industri Pompa Air Tangan, Jl. Industri No. 07 Rt 06/Rw 01,Desa Lemah Duwur – kec. Adiwerna – Kab. Tegal, Cp. Suwarsono ( Telp.0283 – 443977 )

UD. Dwi Logam yang merupakan industri pompa air sistem manual didirikan oleh Suwarsono pada tahun 1980. Usaha Home Industry ini mendapat bahan berupa besi cor dari Solo, karet dari Bandung dan Baut Stenlis Kuningan As 16 mm dari Tegal.Saat berdiri UD. Dwi Logam hanya mempekerjakan 3 karyawan dengan modal awal usaha Rp 600 ribu. Saat ini perusahaan memiliki aset Rp 100 juta dan 10 pekerja. Omset penjualan UD. Dwi Logam berupa pompa air manual kedalaman 10 – 20 m ini sebesar 1200 unit/tahun dengan harga per unit Rp 300 ribu dan dipasarkan ke Tegal, Pemalang dan Cirebon bahkan telah diekspor ke Jepang.

Penghargaan yang telah diraih :
  • Piagam Penghargaan dari Bupati Tegal atas keberhasilan ekspor ke Jepang.
  • Sertifikat dari direktorat Jendral Hak Cipta Paten & Merk Departemen Kehakiman RI Jakarta.
  • Sertifikat Lulus Teknologi Tinggi Produksi Pompa Air M.I.D.C Bandung.
  • Juara I Gugus Kendali Mutu (GKM) Tk. Prop. Jawa Tengah dari KaKanwil Dep. Peridustrian Jateng.
  • Sertifikat manajemen produksi dari ASTRA Jakarta dan Manajemen Usaha dari Bank Mandiri Tegal
  • Sertifikat Peningkatan Manajemen Mutu dari PT.SUCOFINDO Jakarta.

FRINTAKARU

Komplek Lingkungan Industri Kecil (LIK) Blok C.2-3, Jl.Raya Dampyak Km.4 Ds.Dampyak, Kec.Kramat – Kab.Tegal, Cp.H.Sofyan (Telp.0283-358069), Andri (Hp.081575055005)

Frintakaru didirikan oleh H.Sofyan pada tahun 1981.Scope of service Frintakaru yang utama merupakan Industri Logam Planning and Working, Constructions serta Cost Analisys and Estimate Product.Seiring dengan berkembangnya dunia perindustrian,Frintakaru mengerjakan lebih banyak scope produksi terutama permesinan dan alat-alat berat lainnya serta menjadi mitra perusahaan-perusahaan besar baik perusahaan pemerintah maupun swasta.Frintakaru berdiri di bawah lindungan Departemen Perindustrian dan Perdagangan dengan menmpati lahan seluas 1200 m2 dan bangunan 800 m2.Saat ini Frintakaru memiliki asset sebesar Rp.800 juta,dan omset penjualan Rp.50 juta / bulan dengan mempekerjakan 15 karyawan.

Frintakaru memiliki staf-staf ahli dengan berbagai disiplin ilmu guna mendukung banyaknya tuntutan scope industri.Dan di luar itu Frintakaru Mechanical Fabricator didukung dan dibina oleh staf-staf ahli dari lembaga pemerintah seperti:LIPI,YDBA,BPPT,dsb.Frintakaru berharap dengan bantuan dari staf-staf ahli tersebut dapat ikut membantu mitra-mitra dari Frintakaru sendiri.Frintakaru berharap dapat memenuhi quality,cost & delivery,dan bersama-sama berkembang dengan mitra-mitra usaha Frintakaru.

Kriya Logam ( Accessories/variasi motor)

Jl.Logam No.29 Rt.12/03 Ds.Pesayangan, Kec.Talang-Kab.Tegal Telp.(0283)443885, Cp.Irawandi (Andi) Hp.08156580528,081802884386.

Kriya Logam adalah usaha Home Industry yang didirikan Irawandi(Andi)pada tahun 1999.Dengan menempati lahan seluas 250 m2,Kriya Logam memproduksi accessories(variasi)motor racing.Bahan baku produksi berupa besi dan alumunium daur ulang,plastik didapat dari wilayah sekitar tempat usaha.Awal berdiri,Kriya Logam mempekerjakan 2 orang dengan modal awal usaha Rp.10 juta.Saat ini usaha tersebut memiliki 7 pekerja dengan jumlah asset Rp.100 juta dan omset penjualan sebesar 30 juta/bulan.

Tujuan pemasaran produk mulai dari Yogyakarta, Bandung, Jakarta, hingga ke luar pulau Jawa. 

PT. Karya Paduyasa 

Industri Mesin dan Pengecoran, Jl.Raya Kajen No.6 – 7 Kec.Lebaksiu – Kab.Tegal, Telp.(0283)463668 (Hunting)/Fax.(0283)463669, e-mail: karyapaduyasa@tegal.wasantara.net.id, Cp.Bpk.Waridi/Bpk.Haryono

PT.Karya Paduyasa berdiri tanggal 8 April 1964 dengan nama “Karya Yasa”. Awal berdiri usaha yang dipimpin oleh Bpk.Sueb ini membuat mesin tekstil,mesin tenun dan sparepart-nya dan rice huller,rekayasa mesin pengolah makanan (mesin so'un, mesin bihun, mesin mie),mesin pertanian dan mesin pabrik.

Mulai tahun 1980 pimpinan perusahaan dipercayakan kepada Angwari (Anak Bpk.Sueb)dengan didukung 65 karyawan (awal berdiri 6 pekerja) dan 12 pengrajin/subcon dengan menempati lahan seluas 3.900 m2 (awal berdiri 100m2).

Tahun 1987, Karya Yasa membuat Hydrant Air yang dipasarkan ke Jakarta,Surabaya dan Semarang.Tahun 1995 status badan hukum CV.Karya Yasa di ubah menjadi PT.Karya Paduyasa.Dengan mempertahankan produksi Hydrant,perusahaan mengembangkan industri komponen alat berat untuk industri besar (PT.Natra Raya dan PT.Komatsu Indonesia).Selain tetap mengembangkan produk dan pasar komponen alat berat,komponen otomotif dan hydrant air,tahun 2002 perusahaan mulai memperluas jaringan pasar komponen alat berat ke luar negeri melalui Sanwa Co,Ltd.Dari modal awal Rp.352 juta usaha berdiri,kini perusahaan telah memiliki asset senilai Rp.2 Milyard damn omset penjualan 3,75 Milyard/tahun.PT.Chubb juga sebagai customer PT.Karya Paduyasa.

CV. Prima Karya

Jl.Raya Talang Central No.24 Kec.Talang – Kab.Tegal 52193, Telp:(0283) 443010, 444516 Fax: (0283) 443010, Cp.Ivan Kurniawan / Satori, e-mail: pky_tegal@yahoo.com, Http : www.indonetwork.co.id/primakaryacv

CV.Prima Karya adalah perusahaan yang bergerak dibidang Sheet Metal Working & Agricultural Equipment dan merupakan subkon alat berat perusahaan dilingkungan PT. United Tractors tbk dengan hasil produksi komponen alat berat (Traktor, Buldozer, Excavator). CV.Prima Karya didirikan pada tahun 1981 oleh H.Aftor Machlan dan kini perusahaan tersebut dipimpin oleh Ivan Kurniawan, ST.

Pada awal berdiri, CV.Prima Karya mempekerjakan 45 karyawan dengan modal awal usaha Rp.100 juta,dan saat ini jumlah tenaga kerjanya mencapai 80 orang dengan nilai asset Rp.3 Milyard dan omset penjualan Rp.600 juta/bulan.Dengan menempati luas lahan 4000 m2,CV.Prima Karya memiliki kapasitas produksi hingga 5 ton/minggu.Bahan baku berupa besi plat didatangkan dari Jakarta.CV. Prima Karya memiliki pelanggan utama Sanwa Co. Ltd Japan, PT.Komatsu Indonesia, PT.Natra Raya Caterpillar, PT.Basicraft, PT.SAS Kreasindo Utama, PT.Wika Beton (bantalan rel), PT.Krisbi, PT.Citra Lamtorogung Persada, PT.Findora Internusa

PT. Putra Bungsu

Sheet Metal Working and Heavy Equipment Parts, Jl.KH.Umar Asnawi II No.37, Ds.Kebasen – Kec.Talang – Kab.Tegal 52193, Telp.(0283) 444444 Fax.(0283) 445533, e-mail: putrabungsu_tgl@yahoo.co.id, Cp.H.Dimyati / Parwono

UD.Putra Bungsu yang didirikan H.Dimyati pada tahun 1988 bergerak dibidang pengecoran logam,memproduksi alat-alat pemadam kebakaran,alat-alat perkapalan dan pengecoran umum.Tahun 1993 UD.Putra Bungsu mengambil keputusan untuk beralih jenis pekerjaan Sheet Metal Working dan bergabung dengan PT.Komatsu Indonesia yang memproduksi komponen alat-alat berat untuk unit Excavator,Dozer,Wheel Loader,Dump Truck,Motor Grader.Untuk memperkuat posisinya,pada 29 Maret 2005 UD.Putra Bungsu menjadi PT.Putra Bungsu.Untuk meningkatkan daya saing perusahaan di dalam menghadapi kompetisi pasar global,maka PT.Putra Bungsu mengadopsi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000.

Dengan jaminan bahan baku baja lembaran berkualitas dan melalui proses produksi yang menggunakan mesin bertekhnologi mutakhir,PT.Putra Bungsu menghasilkan komponen-komponen untuk kebutuhan industri alat berat,pekerjaan sipil,otomotif,alat pertanian dan industri permesinan umum lainnya.

Dengan menempati lahan seluas 2000 m2 dan mempekerjakan 42 karyawan,PT.Putra Bungsu telah memiliki aset sebesar Rp.2,5 Milyard dengan omset penjualan sekitar Rp.800 juta / bulan.Dengan kapasitas produksi sekitar 40 ton / bulan,PT.Putra Bungsu berhasil meraih penghargaan Best Delivery Achievement 2007 dari PT.Komatsu Indonesia.


CV.Target

www.mitratargethospi.com,  Office  : Jl.Raya Kalibata 12 Jakarta 13630, Phone.021 – 8097574, Fax.021 – 8014027, Factory            : Komplek LIK Takaru, Jl.Raya Dampyak Km.4,Kec.Kramat – Kab.Tegal 52181, Phone.0283 – 355067,Fax.0283 – 355957, Cp.Abdullah A N (Hp.0811291894), E-mail  : targetegal@yahoo.co.id & marketing@mitratargethospi.com


Kabupaten Tegal yang dikenal luas memiliki potensi turun temurun dibidang pengerjaan logam dan sentra bahan baku logam beragam jenis,dimanfaatkan Bpk.Abdullah A.N. untuk mendirikan CV.Target pada tahun 1991.Bidang usaha CV.Target meliputi furniture rumah sakit dan kerajinan logam.

Dari mulai merintis meng-install mesin-mesin produksi,terutama mesin-mesin pembuat komponen yang dibutuhkan perusahaan agar standar kualitas komponen dapat terkontrol dengan baik,CV.Target meng-install peralatan yang dibutuhkan untuk pengerjaan akhir berupa mesin powder coating serta oven pemrosesnya.Dengan demikian proses produksi awal hingga akhir dapat terkontrol dengan baik guna menjaga kualitas.

Saat ini CV.Target mempekerjakan 23 orang di atas lahan seluas 1200 m2.Produk alat kesehatan yang dihasilkan meliputi tempat tidur pasien,meja periksa,trolley,tiang infus,dll.Sedangkan kerajinan logam meliputi pot bunga, tempat lilin, rak sepatu, tempat majalah, rehal dan lain sebagainya.

Untuk memasarkan hasil produksi CV. Target menjalin kerjasama dengan suplier alat kesehatan,baik di Tegal maupun di kota lain seperti Jakarta,Semarang,Solo dan Purwokerto.

CV.Millako Tekhnik Mandiri

Komplek LIK Takaru C.32, Jl.Raya Dampyak Km.4, Ds.Dampyak – Kec.Kramat, Kabupaten Tegal 52181, Telp./Fax. (0283) 320014 / (0283) 320193, e-mail : millako_tm@yahoo.co.id, Cp.Dwiwanto

Millako Tekhnik Mandiri didirikan oleh Bpk.Dwiwanto pada tanggal 19 Mei 1994.Perusahaan yang memiliki jenis usaha Fabrikasi Sheet Metal Working komponen alat berat ini berawal dari home industry dengan 2 orang pekerja.Pada tanggal 19 Februari 1999 Millako TM menempati workshop baru (Millako TM Plant I) di Lingkungan Industri Kecil (LIK)Takaru Kec.Kramat,Kab.Tegal dengan area seluas 700 m2.

Sebagai salah satu subcont PT.Komatsu Indonesia,Millako TM secara resmi berbadan hukum menjadi CV.Millako Tekhnik Mandiri pada tanggal 10 Januari 2006.Pada tahun 2006,Millako TM Plant II dibangun diatas lahan seluas 600 m2 yang terletak di Jl.Projosumarto I,Kec.Talang.Di belakang Millako TM Plant II masih terdapat lahan kosong seluas 800 m2 yang rencananya akan dibangun Millako TM Plant III pada tahun 2011.dari modal awal usaha Rp.50 Juta,saat ini perusahaan memiliki asset Rp.1 Milyard dengan omset penjualan Rp.300 juta/bulan,serta mempekerjakan 27 karyawan tetap.

Dengan jaminan bahan baku baja lembaran berkualitas dari Jakarta,CV.Millako Tekhnik Mandiri memiliki beberapa pelanggan,diantaranya : PT.Komatsu Indonesia (pelanggan utama),PT.Katsushiro Indonesia dan PT.Hanken Indonesia.


CV. Gemilang Lestari Tekhnik

Heavy duty part automative part electronic support part, Jl.Cemara Sewu No.14 Rt.37/Rw.08, Ds.Tembok Luwung – Kec.Adiwerna – Kab.Tegal 52194, Telp.(0283) 3448444 / Fax.(0283) 445892, Cp.Asep Syaefudin (Hp.08122661301 / 0283 – 3310170, E-mail  : asep_glt@indo.net.id, infogemilang@ymail.com,  website: www.gemilanglestarit.co.cc


CV.Gemilang Lestari Tekhnik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengerjaan logam dan permesinan,dengan spesialisasi bidang stamping yang menghasilkan produk-produk komponen alat berat (Heavy Duty Part),komponen otomotif (Automotive Part),komponen elektronik (Support Electronic Part),Komponen Mesin Diesel (Diesel Part).CV.Gemilang Lestari Tekhnik berdiri pada tanggal 27 Januari 1997 dengan Bpk.Asep Syaefudin sebagai direktur.Perusahaan telah melakukan kesepakatan kerjasama dalam bidang finansial dengan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) Jakarta dan Bank Niaga,yang secara produksi sangat membantu cash flow perusahaan.

Pada tahun 200 perusahaan telah menerapkan Sistem Pengendalian Mutu Terpadu (Total Quality Control).Penerapan TQC ini dimaksudkan bahwa CV.Gemilang Lestari Tekhnik mengutamakan nutu produk (Product Quality),harga kompetitif (Price) dan ketepatan waktu pengiriman ( Delivery on time) dengan mengupayakan perbaikan secara continue.

Pada tahun 2001 perusahaan berpindah areal lokasi di areal seluas 270 m2 dengan jumlah karyawan sebanyak 30 orang,dan saat ini pemasaran produk adalah 100% pasar domestik.Salah satu prestasi yang diraih adalah juara I GKM Unggulan Jawa Tengah Model ELMA yang diselenggarakan Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Tengah 2008.

PT. Nefa Global Industri
Office  : Jl.Melati No.20 RC Bintaro, Jakarta Selatan 12330 Jakarta, Telp./Fax.(021)73883081
Factory : Jl. Rayan Balti (Balamoa – Karang Jati) Km.2, Ds.Karangjati – Kec.Tarub – Kab.Tegal 52184, Jawa Tengah – Indonesia, Telp.08889940400, Cp.Masduki (Hp.081326851591)

PT. Nefa Global Industri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan mesin.Perusahaan ini didirikan oleh Aran D.Pusponegoro pada tanggal 8 Mei 2002 dengan menempati lahan seluas 7500 m2.Bahan baku utama produk perusahaan ini berupa logam alumunium berasal dari UKM-UKM pengecoran di Kabupaten Tegal,dan sebagian lagi disuplai dari Klaten dan Bandung dengan mempekerjakan 50 orang.

PT.Nefa Global Industri telah memiliki aset senilai Rp.2 Milyard dan omset penjualan sebesar Rp.400 juta/tahun.Produk utama PT.Nefa Global Industri adalah Horizontal Single Cylinder Diesel Engine 8.5 PK,dan sekarang telah berkembang dengan memproduksi mesin bensin 500cc dan komponen-komponen otomotif seperti : blok mesin, cylinder head, crankshaft, cam shaft, connecting rod, hand tracktor,genset,komponen mesin gas dan jasa pemesinan dengan tujuan pemasaran hingga kota Jakarta.

Global Inovasi Karya

Jl. Raya Dampyak Km.4 LIK C.29-30, Kec.Kramat – Kab.Tegal 52181, Jawa Tengah – Indonesia, Telp.(0283)341227, Cp.Subur Priyatno (Hp.081902467477)

Global Inovasi Karya yang berdiri pada tahun 2006 merupakan perusahaan/industri komponen otomotif dan accessories ( variasi ) sepeda motor yang menghasilkan produk-produk : engine mounting, strut kit / setelan rem belakang mobil, boss arm, ring stabilizer, bracket sliding maupun standar untuk semua jenis sepeda motor dengan tujuan pemasaran Jakarta.Bahan baku produksi berupa plat besi didapat dari wilayah Kabupaten Tegal dan Jakarta. Global Inovasi Karya menempati lahan seluas 350 m2 dan mempekerjakan 20 orang karyawan.Dengan modal awal Rp.100 juta,kini perusahaan telah memiliki asset Rp.400 juta dan omset penjualan Rp.50 juta/bulan.Sebagai penanggung jawab perusahaan adalah Neni Sudiar, Spd yang diwakili oleh Adhi Gunawan, ST.

Peluang Kerjasama dengan Pemkab Tegal

Peluang Kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Tegal melalui : Pembangunan Kawasan Industri di Kabupaten Tegal.

Peluang Investasi

Pemerintah Kabupaten Tegal akan memfasilitasi Pengembang pembangunan Kawasan Industri yang berupa kelancaran proses perijinan ,dan mediasi dengan para pemilik lahan ., Adapun LOKasinya masing masing :

1. Kawasan Peruntukan Industri Bagian Selatan

Di Kecamatan Margasari seluas 394 Hektar terletak didesa kalisalak 248 hektar dan Desa Pakulaut 100 hektar. Di lokasi ini letak stasiun kereta 4 km dan jarak ke Pelabuhan Tegal sekitar 30 km sedangkan jarak dengan tanah urug sesuai tata ruang kab tegal jaraknya 15 km.

2. Kawasan Peuntukan Industri di Wilayah Pantura

Kecamatan Kramat seluas 426 hektar yang tersebar di 6 desa Kecamatan Suradadi seluas 105 hektar yg tersebar di dua desa pada kecamatan Warurejo seluas 289 Hektar berada di dua desa Kawan Peruntukan Industri Pantura ini berada 5 km dari pelabuhan Tegal dan berada di jalur kereta Api Semarang Jakarta serta dilintas jalan Negara,  jarak dengan galian gol c tanah urug sekitar 13 km

Peluang Revitalisasi Pasar Kabupaten Tegal

Pemerintah Kabupaten Tegal juga membuka peluang kerjasama untuk revitalisasi pasar di Kabupaten Tegal. berikut beberapa profil pasar yang menjadi target revitalisasi pasar.

Pasar Bojong;  Pasar Lebaksiu;  Pasar Margasari;  Pasar Adiwerna

Demikian informasi mengenai potensi UMKM, potensi wisata, potensi industri dan perdagangan dan potensi investasi di Kabupaten Tegal yang kami harapkan bermanfaat bagi para pembaca situs ini.