Laman

  • Home

Jumat, 29 Juli 2016

Pendekatan Mutu dan Kepuasan Pelanggan

Mutu dan Kepuasan Pelanggan


Referensi bagus justru berasal dari luar bidang usaha.usaha, sehingga kami sering menyarankan ketika melakukan bench mark maka sekali-kali lakukanlah bench mark kepada perusahaan yang "bermain" di luar bidang usaha kita. Karena kami sering mendapatkan ide dan penyerapan informasi dan teknologi justru dari luar bidang usaha.

Meskipun begitu melakukan bench mark kepada usaha sejenis tetap dibutuhkan terutama kepada UMKM yang masih pemula dan membutuhkan pengetahuan mengenai whole process yang telah tertata baik dan benar. Dan sebaiknya diarahkan kepada usaha sejenis yang telah maju dan berkembang, bukan kepada sesama UMKM.

Mengingat betapa pentingnya komitmen mutu kepada pelanggan, maka pada kesempatan ini kami ingin memberikan sedikit materi pendekatan materi dan kepuasan pelanggan pada kasus perusahaan jasa (layanan kesehatan) yang menurut kami tingkat kesulitannya lebih rumit dibandingkan dengan perusahaan yang menghasilkan produk. Kami berharap materi ini bisa memberikan "pemahaman" tambahan mengenai mutu dan kepuasan pelanggan kepada teman-teman UMKM.

Materi Pendekatan Mutu dan Kepuasan Pelanggan


























































 
Semoga materi ini bisa menjadi referensi yang baik untuk teman-teman UMKM yang sudah memahami dan menyadari pentingnya mutu produk dan pelayanan kepada pelanggan dan pentingnya memberikan kepuasan kepada pelanggan. Salam sukses !