Laman

  • Home

Rabu, 20 Juli 2016

Peluang Berbisnis Kue Kering

Berbisnis Kue Kering

Berbisnis Kue Kering

Bisnis kue kering sering dilakukan oleh para Ibu Rumah Tangga ketika menjelang lebaran, seolah bisnis ini adalah bisnis musiman. Padahal bisnis ini bis dikembangkan menjadi bisnis harian yang menguntungkan selama kita mampu membuat varian-varian yang menarik dan memiliki strategi pemasaran yang jitu.

Memang mungkin permintaan akan kue kering tidak akan sebesar saat menjelang lebaran, tetapi pasar untuk kue kering ini kami yakin pasti ada dan sangat terbuka. 

Mengapa kue kering ? 

Cara pembuatan kue kering relatif mudah dan bahan bakunya juga mudah didapatkan di toko-toko bahan kue di sekitar kita. Dalam waktu singkat orang bisa mempelajari resep dan cara membuatnya, baik secara formal maupun non formal. Bahkan resep dan cara pembuatannya juga bisa dengan cepat di-download dari situs-situs kuliner yang ada.

Setelah terbekali dengan dengan kemampuan membuatnya, pastinya masalah kualitas dan cita rasa akan menjadi tantangan berikutnya disamping membuat kreativitas dalam varian-varian yang akan menjadikan produk kue kering tersebut memiliki differensiasi dengan produk-produk sejenis.

Kue kering ini cukup tahan lama, dan jika dipackaging dengan baik dan menarik juga merupakan komoditas yang bisa dipasarkan secara luas baik melalui pasar tradisional dan toko oleh-oleh maupun pasar modern, yaitu supermarket, mini market dan toko online.

Bisa kami katakan peluang ini memang yang paling mudah digapai oleh para ibu rumah tangga dalam merintis usaha. Upaya riil dalam membantu penghasilan keluarga dengan modal yang tidak terlalu besar.

Konsumen
 Dengan tingginya permintaan konsumen akan kue kering menjelang lebaran, pelaku usaha kue kering tidak perlu susah – susah mencari konsumen. Karena hampir semua kalangan membutuhkan kue kering, dan tidak semua orang memiliki waktu ataupun kemampuan dalam membuat kue kering. Sehingga mereka lebih memilih membeli kue kering yang banyak ditemukan di pasaran, daripada harus membuatnya sendiri. Disamping konsumen rumahan, permintaan akan kue kering juga datang dari berbagai kantor yang menggunakan kue kering sebagai parsel untuk para karyawannya.

Produk

Walaupun permintaan pasar akan kue kering sangatlah tinggi, namun sebagai pelaku usaha Anda harus tetap memperhatikan kualitas produk kue kering yang Anda produksi. Jika ingin menggunakan bahan tambahan seperti bahan pengawet, bahan pewarna serta bahan pemanis pilihlah bahan yang khusus untuk makanan. Sedangkan untuk pemilihan bahan baku, gunakan bahan – bahan yang berkualitas,dan jangan lupa perhatikan masa kadaluarsa bahan baku yang akan digunakan. Sehingga kue kering yang kita hasilkan aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan kesehatan para konsumen.
Selain kualitas produk, yang harus dipikirkan adalah kemasan produk yang menarik untuk menguatkan minat pada konsumen pada produk yang kita produksi. Karena biasanya hal pertama yang dilihat konsumen adalah tampilan luar atau kemasan produknya. Untuk mempercantik penampilan kue kering yang Anda pasarkan, dapat menggunakan berbagai macam bentuk toples kedap udara atau bisa juga menggunakan toples mika yang ditutup rapat dengan plester transparan. Untuk menambah nilai jual, Anda dapat menambahkan hiasan ataupun mencantumkan merek kue kering yang Anda produksi pada kemasan.

Pemasaran
  1. Tawarkan produk kue kering yang Anda produksi pada rekan kantor ataupun tetangga sekitar rumah Anda. Biasanya mereka akan lebih senang jika ditawari dengan cara memesan, sehingga mereka tidak perlu tenaga dan waktu untuk mencari kue kering di supermarket ataupun toko – toko roti. 
  2. Cara yang kedua yaitu tawarkan produk Anda ke toko – toko roti, supermarket, ataupun tempat jasa pembuatan parsel. Pada saat menjelang lebaran, banyak toko dan tempat pembuatan parsel yang menerima stock kue kering dalam jumlah yang cukup besar. 
  3. Cara yang ketiga yaitu menggunakan brosur dan katalog untuk menawarkan produk Anda melalui para agen, dengan memberikan imbalan tertentu untuk tiap penjualan. 
  4. Cara yang keempat yaitu pemasaran online dengan menggunakan bantuan internet dalam memasarkan produk Anda. Sehingga dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas, hingga ke berbagai daerah. Saat ini minat masyarakat belanja online meningkat pesat jadi jangan mau hanya jadi penonton.
  5. Gunakan merek pada produk Anda, sehingga dapat mengenalkan dan menanamkan citra produk kue kering yang Anda produksi pada pasar.
Analisa Ekonomi

Menyikapi hal ini, maka belum lama ini kami mencoba berdiskusi dengan salah satu distributor bahan kue dan roti yang berskala nasional untuk mau berbagi cara bagaimana menghitung biaya produksi pembuatan kue nastas, kastangel dan bitterballen (hanya sebagai contoh) agar beberapa ibu-ibu rumah tangga bisa mencobanya di rumah sebagai bekal dalam merintis usaha.

Berikut adalah Analisa Food Cost dari PT Delisari Nusantara yang bisa kami bagikan kepada para ibu-ibu rumah tangga di rumah, selamat mencoba !