Laman

  • Home

Jumat, 08 Juli 2016

Mengatasi Masalah Keuangan Usaha Di Ambang Kebangkrutan

Mengatasi Masalah Keuangan Usaha di Ambang Kebangkrutan
Sumber: Laruno.Com

Masalah keuangan atau bahkan kebangkrutan usaha adalah suatu hal mengerikan yang tentu sangat tidak diharapkan oleh semua orang. Namun kebangkrutan usaha memang tidak bisa kita hindari, terlebih saat produk yang kita jual tidak laku dipasaran atau mungkin terkena musibah seperti halnya kebakaran pabrik/toko, banjir, dll.

Kebangkrutan usaha tersebut tentunya juga akan menimbulkan masalah keuangan yang sangat pelik dalam hidup anda. Setidaknya anda akan terlilit hutang usaha yang diluar dugaan tidak bisa anda penuhi pembayarannya akibat kebangkrutan tersebut.

Ditengah badai cobaan masalah keuangan ditambah dengan usaha yang di ambang kebangkrutan, anda pasti  mengalami keadaan tertekan dan depresi yang akhirnya mengakibatkan anda kurang bisa berpikir untuk menentukan langkah apa yang anda bisa lakukan untuk setidaknya mengurangi beban dan efek masalah tersebut. Padahal, jika anda mennyikapinya dengan pikiran yang tenang, ternyata masih ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk meminimalkan efek masalah keuangan tersebut.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang anda bisa lakukan sebagai langkah mengatasi masalah keuangan usaha di ambang kebangkrutan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Hentikan hutang usaha

1
Hentikan Hutang Usaha, Bayar Hutang

Hentikan hutang, Baik hutang bank ( bca , mandiri, bni, bri, danamon, permata, bpr dan lain – lain)atau hutang non bank , jika hutang modal usaha itu hanya untuk menutup hutang lagi. Hal ini bukan solusi bagi seorang wirausaha untuk melakukan hutang untuk bayar hutang. lebih baik anda melakukan negoisasi kepada pihak supplier anda ceritakan kalau anda saat ini sedang mengalami masalah keuangan cari solusi agar mereka juga merasa tidak dirugikan. Saya sangat yakin seorang wirausaha berat untuk melakukan hal ini karena pada umum nya rasa malu atau gengsi kepada supliyer sangat lah tinggi. Tapi perlu di ingat anda masih menjalin hubungan bisnis sama supliyer sampai pihak supliyer menghutangi anda itu sudah ada kepercayaan di pihak supliyer kepada anda. Jadi ga ada salahnya apabila ada terjadi masalah keuangan usaha yang anda hadapi anda bicarakan kepada pihak supliyer demi terciptanya hubungan yang lebih bagus.

2. Maksimalkan potensi yang ada di dalam usaha

2
Maksimalkan potensi yang ada dalam perusahaan

Maksimalkan potensi yang ada di dalam usaha setelah proses negoisasi diatas sudah maksimal langsung lakukan penataan pada usaha anda maksimalkan potensi – potensi yang ada yang mungkin selama ini anda sangat disibukan oleh masalah – masalah keuangan. Dari sisi karyawan kumpulkan dan bagi tugas sesuai dengan visi dan misi usaha anda. Komunikasikan bahawa saat ini kita menhadapi masalah keuangan dan sentuh hati nya mereka dengan cara berkomunikasi terbuka. Dalam hal ini pasti akan kelihatan mana karyawan yang sevisi dan yang tidak sevisi segera ganti apabila ada beberapa karyawan yang benar-benar tidak sevisi dengan usaha anda. Dari sisi program – program usaha lebih baik mengerucutkan semua program yang sudah terencana mana yang harus diteruskan dan mana yang harus di hentikan. Gunakan sesuatu yang sedikit tapi maksimal dan bergerak cepat.


3. Perjuangan sampai tetesan darah terakhir usaha anda

3
Perjuangkan sampai titik darah terakhir.

Perjuangan sampai tetesan darah terakhir, kata – kata itu sering terdengar dalam kehidupan kita, bagi anda seorang wirausaha kata-kata itu seharusnya bukan hanya sekedar kata kata saja tapi lakukan dengan sungguh – sungguh. Perjuangkan usaha anda lakukan segala cara yang terukur untuk memperjuangkan agar bisa selamat.

4. Pasrahkan semua kepada Tuhan YME

4
Pasrah dan uapayakan bersedekah semampunya.

Pasrahkan semua kepada Tuhan, setelah beberapa cara diatas sudah kita gunakan untuk mengatasi masalah usaha hal satu ini lebih penting dari semua cara diatas yaitu pasrah kepada sang pencipta, karena apapun yang terjadi dalam usaha kita itu bukan sesuatu yang kebetulan. Hadapi semua dengan pandangan – pandangan yang dalam yaitu  dengan rasa Ikhlas dan sabar,  kalaupun dari beberapa cara diatas sudah kita lakukan dan ternyata hasilnya tidak maksimal berarti ada sesuatu yang lebih bagus untuk anda.

Jadi usahakan agar diri anda tetap tenang dalam segala keadaan, karena dengan ketenangan anda bisa berpikir lebih jernih untuk mencari solusi setiap masalah yang anda hadapi. Selalu tabah dan bersyukur, selalu yakin ada jalan kesuksesan lain yang anda bisa raih. Sukses Selalu!!