Laman

  • Home

Minggu, 24 Juli 2016

6 Cara Meyakinkan Pelanggan untuk Membeli

Menyakinkan Pelanggan Untuk Membeli
Anda akan menjual lebih banyak jika anda berbicara tentang produk anda dengan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh pelanggan anda.

Pelanggan tidak akan pernah membeli karena fitur produk, mereka membeli karena mereka melihat beberapa "manfaat" untuk fitur tersebut. Manfaat inilah yang disebut "nilai" dari produk. Sayangnya, sebagian besar penjualan dan pesan pemasaran berbicara tentang fitur dan membiarkan pelanggannya mencoba untuk mengetahui manfaatnya sendiri. Hal ini sama saja meminta pelanggan anda untuk melakukan "angkat berat" untuk Anda. 


Anda akan mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan lebih cepat, jika Anda mengkomunikasikan manfaat menggunakan produk Anda daripada fitur yang dimilikinya. Berikut adalah 6 (enam) aturan untuk melakukannya:

1. Tahu perbedaan antara manfaat dan fitur.


Sebuah fitur adalah "sesuatu yang dimiliki" oleh produk atau layanan, bisa berarti "ada" atau "tidak ada". Manfaat adalah "sesuatu yang berarti" dari produk atau layanan bagi pelanggan, sebagai contoh:Salah: "Mobil ini memiliki perkuatan atap untuk keselamatan" (fitur)
Benar
: "Mobil ini membuat keluarga Anda aman." (manfaat)


2. Gunakan bahasa yang "jelas" tapi polos.


Pelanggan akan mengingat manfaat lebih lama dan lebih mudah jika itu dinyatakan dengan menggunakan kata-kata yang jelas dan sederhana yang membangkitkan emosi.Salah:  "Atap ini memberikan perlindungan jika terjadi kecelakaan terbalik."Benar: "Jika mobil ini terguling, masih ada kesempatan baik bagi Anda untuk berjalan dan pergi tanpa cedera."

3. Hindari mengoceh dan jargon.


Tidak akan ada yang larut emosinya ketika kita berlebihan menggunakan kata-kata yang berlebihan dan melelahkan lelah atau istilah terlalu teknis.Salah: "Pelaksanaan Kuat dari 80.210 protokol !!!"Benar: "Anda dapat terkoneksi hampir di mana saja."

4. Buatlah daftar manfaat yang pendek.


Kebanyakan orang hanya bisa menampung dua atau tiga pengalaman pada satu waktu dalam memori jangka pendek mereka.  Daftar manfaat yang panjang hanya menyebabkan kebingungan.Salah: "Berikut adalah 10 manfaat menggunakan produk kami:"Benar: "Dua hal yang paling penting untuk diingat adalah ..."

5. Tekankan apa yang unik untuk Anda atau perusahaan Anda.


Manfaat yang generik untuk kategori produk Anda bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli ... tetapi tidak harus dari Anda! Gunakan manfaat yang membedakan Anda dari kompetisi:

Salah: "Perangkat lunak kami membuat Anda lebih produktif."

Benar: "Pelanggan kami melaporkan 30% penurunan biaya rata-rata, sekitar dua kali rata-rata industri."

6. Membuat manfaat Anda nyata.


Pelanggan mengabaikan manfaat yang abstrak dan dinyatakan dengan menggunakan kata keterangan jelas dan kata sifat. Manfaat yang konkrit dan spesifik yang lebih meyakinkan dan "menempel di pikiran." 
Salah: "Kami secara radikal dapat mengurangi biaya persediaan Anda."
Benar
: "Kami menurunkan biaya persediaan dengan rata-rata 25%." 


Demikian apa yang bisa kami bagikan kepada teman-teman UMKM yang ingin menyakinkan pelanggan untuk membeli. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa diapplikasikan dalam usaha teman-teman UMKM sekalian.