Laman

  • Home

Jumat, 10 Juni 2016

Setengah Jumat, Berburu Produk Unggulan Jawa Tengah

AMICA Food Semarang Sebagai Target Pertama

Perburuan masih terus berlanjut, hari Jumat siang ini kami bersama team UKM Pangan Award Disperindag Propinsi Jawa Tengah melanjutkan perburuan produk UMKM yang akan dijadikan nominasi dalam UKM Pangan Award Nasional 2016.

Terget pertama adalah AMICA FOOD di kota Semarang, karena jadwal minggu ini memang masih berkutat di kota Semarang, yang berlokasi tidak jauh dari kantor Kadin Jawa Tengah. Produk andalannya adalah tepung bekatul dan berbagai olahan pangan dari tepung bekatul.

Cukup menarik, dan perlu kami lihat dari dekat sejauh mana kreativitas pelaku UMKM ini mengolah tepung bekatul menjadi makanan yang bermanfaat. Tentunya kandungan nutrisi harus tetap menjadi pertimbangan utama dalam kreativitas makanan olahan. Selain itu cita rasa makanan akan tetap menjadi penilaian, disamping yang paling penting adalah tampilan kemasan produk itu sendiri.

Team Penilai UKM Pangan Award 2016 dari Disperindag Propinsi Jawa Tengah

Presentasi Kemasan Produk Oleh UMKM

Kurasi dan Tanya Jawab Dengan Pelaku UMKM

Salah Satu Kemasan Dari Produk Yang Sudah Beredar
Setelah sedikit memberikan kurasi atas produk UMKM yang sudah ada, kami meminta UMKM untuk mengajukan produk-produk unggulannya untuk bisa masuk ke dalam seleksi lebih lanjut serta mengisi formulir administrasi terkait dengan seleksi pemberian award ini.

AMICA ini merupakan salah satu nominasi dari banyak nominasi awal yang telah terhimpun oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah untuk mewakili UMKM skala kecil.


PT PETRA PACK, Kami Butuh Teknologi Yang Seperti Ini.

Setelah sekian lama kami, dari Kadin Jawa Tengah, berburu perusahaan yang telah memiliki teknologi terkini dalam pengolahan makanan maka pada hari ini perburuan saya membuahkan hasil. Ada sebuah perusahaan baru di Semarang yang "terlepas" dari radar kami, yang memiliki semua apa yang kami cari selama ini.

Perusahaan skala menengah ini memproduksi buah kering segar dan olahan ikan kering segar dengan sistem FREEZE DRYING, milling dan esktraksi. Kami sangat tertarik dengan teknologi freeze drying yang dimilikinya, karena USA saat ini membutuhkan pasokan minuman segar dan buah segar dengan teknologi seperti ini.


PENGERINGAN BEKU (Freez Dryer)

Freeze Driyer merupakan suatu alat pengeringan yang termasuk kedalam Conduction Dryer/ Indirect Dryer karena proses perpindahan terjadi secara tidak langsung yaitu antara bahan yang akan dikeringkan (bahan basah) dan media pemanas terdapat dinding pembatas sehingga air dalam bahan basah / lembab yang menguap tidak terbawa bersama media pemanas. Hal ini menunjukkan bahwa perpindahan panas terjadi secara hantaran (konduksi), sehingga disebut juga  Conduction Dryer/ Indirect Dryer.

Pengeringan beku (freeze drying) adalah salah satu metode pengeringan yang mempunyai keunggulan dalam mempertahankan mutu hasil pengeringan, khususnya untuk produk-produk yang sensitif terhadap panas. Keunggulan pengeringan beku, dibandingkan metoda lainnya, antara lain adalah:
  1. Dapat mempertahankan stabilitas produk (menghindari perubahan aroma, warna, dan unsur organoleptik lain)
  2. Dapat mempertahankan stabilitas struktur bahan (pengkerutan dan perubahan bentuk setelah pengeringan sangat kecil)
  3. Dapat meningkatkan daya rehidrasi (hasil pengeringan sangat berongga dan lyophile sehingga daya rehidrasi sangat tinggi dan dapat kembali ke sifat fisiologis, organoleptik dan bentuk fisik yang hampir sama dengan sebelum pengeringan).
  4. Keunggulan-keunggulan tersebut tentu saja dapat diperoleh jika prosedur dan proses pengeringan beku yang diterapkan tepat dan sesuai dengan karakteristik bahan yang dikeringkan. Kondisi operasional tertentu yang sesuai dengan suatu jenis produk tidak menjamin akan sesuai dengan produk jenis lain.
Uraian singkat ini semoga bisa membantu memberikan gambaran mengenai teknologi ini kepada teman-teman UMKM dan gambaran output yang dikeluarkannya.
 
PT Petropack Agro Industries, juga melayani kemasan untuk olahan produk pangan.

Ekstraksi produk agro merupakan andalan perusahaan ini.

Showroom produk

Diskusi dan Tanya Jawab

Contoh Produk Petro Pack
Informasi terpenting dari perusahaan yang baru berdiri dan beroperasi belum ada 1 tahun ini di Semarang adalah mereka juga menerima jasa pengemasan produk agro, pengerjaan freeze drying dan esktraksi produk agro di samping mereka juga mengerjakan produk mereka sendiri.

Sebuah asset bagi Semarang dan Jawa Tengah untuk mengembangkan daya saing produk olahan agro. Semoga pemerintah setempat bisa segera membantu percepatan perijinan edar produk-produk olahannya.