Laman

  • Home

Jumat, 03 Juni 2016

KONGBAP, Inovasi Produk Sehat dan Praktis

KONGBAP, Beras Sehat Kaya Serat

Satu lagi produk baru dari Semarang yang ingin kami perkenalkan kepada masyarakat karena merupakan inovasi sehat bagi masyarakat Indonesia. Produk ini adalah KONGBAP, yang diadopsi dari budaya lama masyarakat Korea yang mencampurkan biji-bijian ke dalam beras untuk menambah jumlah makanan dan pada akhirnya menjadi tradisi sampai sekarang. Tidak hanya Korea saja, bahkan Jepang pun melakukan hal yang sama.

KONGBAP, Beras Sehat Kaya Serat.

PT Ulam Tiba Halim adalah produsen KONGBAP di Semarang, perusahaan berskala menengah ini ingin memperkenalkan produk ini kepada masyarakat Indonesia sebagai pengaruh budaya sehat dalam konsumsi beras. Sebagaimana kita tahu bahwa beras putih adalah bahan makanan yang memiliki kadar serat yang rendah disamping kadar protein dan kadar zat besinya. Sementara untuk merubah budaya konsumsi beras merah atau hitam bukanlah hal yang sangat mudah di Indonesia.

 
Perbandingan Nutrisi Beras


Hadirnya produk KONGBAP ini adalah untuk mengisi "jeda" antara konsumsi beras putih dan konsumsi beras merah dan hitam. Dimana dengan jeda ini KONGBAP akan ditambahkan kepada beras putih untuk menambah serat dan nutrisi lain tanpa mempengaruhi rasa dari beras putih itu sendiri. Sehingga masyarakat masih bisa menikmati rutinitas mengkonsumsi beras putih dengan nyaman, meskipun harus ditambahkan KONGBAP di dalamnya

 
Komposisi KONGBAP

Dengan produksi oleh perusahaan skala menengah ini, kami yakin KONGBAP bisa memenuhi kebutuhan dari masyarakat secara konsisten dalam hal kapasitas terutama dengan target pasar yang dibidik adalah pasar modern seperti: mini market, supermarket dan juga pasar online.

Sungguh suatu keuntungan ketika Rumah UMKM diberikan kesempatan untuk mendengar ide usaha dan realisasi ide dari perusahaan tersebut. Bahkan kami merasa tersanjung ketika diminta untuk bisa memberikan sedikit konsultasi promosi pemasaran yang efektif untuk produk tersebut.

Melihat perencanaan strategi yang matang dan rapi dari perusahaan ini, kami yakin bahwa produk yang diusungnya akan mampu menembus pasar domestik dengan pesat karena produk semacam ini saat ini sangat relevan dengan issue "makanan sehat" yang berkembang di masyarakat akhir-akhir ini. Nilai kepekaan terhadap kebutuhan pasar merupakan dasar dari pengembangan inovasi produk ini.

Manfaat KONGBAP Bagi Kesehatan


Perlunya edukasi pasar atas produk baru juga disadari benar oleh perusahaan ini, sehingga tahapan awal dari pemasaran produk ini adalah pengenalan dan edukasi pasar akan manfaat dan pentingnya KONGBAP bagi kesehatan. Proses ini disadari membutuhkan waktu yang cukup panjang sampai akhirnya konsumen mengerti apa produk yang akan dibelinya 

Manfaat KONGBAP

Alasan Mengkonsumsi KONGBAP

Apakah produk ini dibutuhkan oleh konsumen juga merupakan salah satu target dari hasil edukasi pasar tersebut. Apakah produk ini bisa dikonsumsi oleh berbagai usia ? Apakah produk ini bisa memenuhi berbagai kebutuhan variasi olahan pangan ? Dan sebagainya juga sudah dipertimbangkan dengan matang oleh perusahaan tersebut.

Target & Outlet Pemasaran KONGBAP

KONGBAP bisa dikonsumsi oleh  berbagai usia, mulai dari balita sampai dengan dewasa. Dengan target pasar yang seperti ini sudah tentu KONGBAP memiliki prospek pasar yang luar biasa. Tentunya tidak semua pasar tersebut bisa dijangkau karena ada pertimbangan mengenai kesadaran pentingnya kesehatan dan daya beli masyarakat. Sehingga bisa dikatakan bahwa produk KONGBAP menyasar kepada konsumen kelas menengah ke atas yang telah sadar arti kebutuhan serat dan gizi untuk kesehatan dan juga menyadari bahwa penambahan KONGBAP pada konsumsi beras putihnya sebanding dengan nilai kesehatan yang akan diperolehnya.


Kartu Nama

Rencana ke depan produk ini akan dipasarkan luas ke mini market dan supermarket yang ada di Indonesia, tentunya dengan tidak mengabaikan test pasar dan edukasi pasar terlebih dahulu. Untuk sementara, sebagai upaya promosi dan pemasaran sekaligus pemasaran bisa dilayani secara online dengan detail kontak sebagai berikut:

KONGBAP, Beras Sehat Kaya Serat
Link ke video tutorial pemakaian Kongbap :