Laman

  • Home

Jumat, 10 Juni 2016

Iklan Video, Sudah Saatnya UMKM Melakukannya.

Ketertinggalan Teknologi Promosi
Jika berbicara ketertinggalan promosi produk kita dengan negara-negara tetangga, sudah pastilah kita tertinggal, apalagi support promosi pemerintah kepada UMKM di negara tetangga juga luar biasa. Ya, mungkin karena jumlah UMKM di Indonesia yang luar biasa banyaknya dibandingkan negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, Vietnam dan Singapura sehingga pemerataan bantuan promosi belum merata menjangkau lebih banyak UMKM.

Pameran offline saja tidak cukup, promosi produk UMKM haruslah masif dan saat ini harus lebih banyak menggunakan media digital karena trendnya memang ke arah sana. Lagi pula faisilitas promosi yang diberikan kepada UMKM pun masih bersifat konvesional, seperti gelar pameran produk, katalog produk UMKM dan sebagainya. 

Pemahaman perubahan teknologi dan pasar yang ke arah digital seolah kurang diperhatikan, mungkin ada program pemberian domain gratis tetapi sepertinya kurang efektif karena para pelaku UMKM tidak dibekali bagaimana membangun materi promosi. Bukan masalah fasilitasnya, tetapi adalah karena SDM-nya belum mendapatkan porsi pembinaan yang cukup untuk diarahkan ke arah promosi digital tersebut.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin memberikan ide kepada teman-teman UMKM untuk mulai memikirkan materi promosi yang up-to-date dalam era persaingan yang seperti sekarang ini.Materi iklan tersebut adalah materi iklan video yang saat ini sudah mulai kami perkenalkan kepada teman-teman UMKM yang sudah siap produk, legalitas dan kemasannya.

Berikut adalah sepotong iklan video dari salah satu produk Jawa Tengah yang dikemas dalam salah satu acara di sebuah media onlie:





Pembuatan Iklan Video

Banyaknya UMKM Kreatif yang ada di Jawa Tengah membuat kami harus memikirkan pengembangan kemampuannya. Banyak yang sudah kenal syuting video dan editingnya tetapi bukan masalah bisanya melainkan "selera" konten video dan kreativitas mereka dalam mengangkat value dari sebuah produk yang perlu dipahamkan kepada mereka.

Bukanlah hal yang mudah untuk mengangkat ke arah "video maker berkualitas" pasti butuh waktu, tetapi sepertinya kami sudah "tdak punya banyak waktu" untuk segera menaikkan daya saing promosi produk Jawa Tengah ke kancah yang lebih tinggi. Kami lakukan pembinaan dengan cara "memberikan contoh" produk yang bisa menjadi acuan bagi para video maker, meskipun dengan peralatan yang serba standard. Yang terpenting bagi kami adalah bahwa pelaku video maker harus mampu mengangkat "nilai" dari suatu produk, meramunya dalam adegan yang menarik, membuat efek yang halus dan berkelas dan mempromosikannya kepada media yang tepat untuk target pasarnya.

Faktor SDM dan cita rasa adalah hal yang terpenting buat kami saat ini dan itulah yang menjadi kepedulian kami untuk bisa menyediakan team kreatif yang bisa mengangkat value dari produk teman-teman UMKM di Jawa Tengah. Dan setidaknya kami telah memiliki beberapa team yang sesuai dengan kebutuhan teman-teman UMKM.

Pemilihan Media Promosi Yang Tepat

Pemilihan media promosi yang tepat juga merupakan salah satu faktor penting dalam membuat kegiatan promosi kita efektif. Media di sini kam ibaratkan sebagai sebuah "kendaraan" yang akan membawa "muatan" (materi promosi kita) dalam menjangkau target pasar yang kita kehendaki. Untuk media promosi video kita sudah dimanjakan dengan adalah YouTube sebagai tempat menyimpan materi kita secara online dan terbuka.
Tapi apakah itu sudah cukup ? Belum, karena kita masih memiliki kewajiban untuk push promosi dengan cara beriklan di media online yang telah memiliki ranking yang bagus. Pemilihan media online yang segmented juga merupakan pertimbangan tersendiri karena meskpun audiensnya lebih sedikit tetapi di situlah berkumpul pasar-pasar kita yang potensial.
Beriklan di face book dan google juga merupakan pilihan yang selalu hadir di hadapan kita, selain melalui media yang kami sebutkan di atas. Semua tergantung dari budget yang akan kita mainkan dalam membuat promosi kita menjadi lebih efektif.
Demikian sharing kami hari ini, bagi yang ingin memperdalam pemahaman mengenai hal ini silahkan berkonsultasi dengan Rumah UMKM Kadin Jawa Tengah. Kami siap melayani konsultasi ini setiap Selasa dan Jumat.