Laman

  • Home

Rabu, 08 Juni 2016

Dekranasda, Potensi Promosi Yang Belum Tertangani

Showroom Kerajinan dan Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah
 
Sungguh suatu ide yang menarik, ketika Disperindag Propinsi Jawa Tengah berinisiatif membangun showroom produk IKM Jawa Tengah di lantai 1 Gedung Kantor Disperindag Propinsi Jawa Tengah. Bahkan boleh dikatakan koleksi produk di showroom ini cukup lengkap dan mewakili produk dari masing-masing kota dan kabupaten di Jawa Tengah.

Mungkin karena kesannya masih "pemerintah" sehingga saat ini masyarakat masih merasa sungkan untuk mengunjungi showroom ini, atau karena memang promosi dan publikasinya yang kurang. Harus segera dicari tahu jawabannya.

Ketika Rabu pagi ini selepas apel pagi, saya bertemu dengan para pejabat eselon 2 di Disperindag dan saya diingatkan kembali oleh mereka untuk menggarap promosi Dekrasna sebagai showroom kerajinan dan oleh-oleh Jawa Tengah, saya jadi tertarik untuk melongok ke dalam untuk melihat perkembangan koleksi dari Dekrasda. Ternyata, koleksinya selalu bertambah dan meluas mewakili produk-produk unggulan berbagai daerah.

Berikut jepretan kamera saya sekilas untuk berbagi isi showroom Dekranasda kepada teman-teman pembaca semua.










Pemilihan produk untuk didisplay di showroom ini pun tidak terlihat sangat serius sehingga hanya menampilkan produk-produk yang berkualitas.Dan seharusnya showroom ini sudah layak mendapatkan porsi perhatian dari masyarakat atau para tamu dari luar Semarang yang berkunjung ke pusat kota Semarang.

Lokasi showroom pun ada di pusat kota Semarang (di samping ACE Hardware) dan sangat mudah untuk dicapai. Bahkan saya pun tertarik dengan bandrol harga yang sangat bersaing dan koleksinya juga banyak yang belum saya temui di pasaran, misalnya berbagai produk batik berkualitas yang ada di showoom ini dan juga berbagai macam kerajinan.

Secara umum showroom ini sudah bekerjasama dengan institusi pariwisata untuk menggaet pengunjung, tetapi secara khusus memang belum secara serius digarap promosinya. Dan dengan tulisan ini saya berharap bisa membantu berbagai pihak untuk diingatkan kembali bahwa Jawa Tengah memiliki showroom yang cukup representatif untuk produk-produk kerajinan dan oleh-oleh dari Jawa Tengah.

Mampir Yuk !