Laman

  • Home

Kamis, 02 Juni 2016

Berita dari Rumania : 14 Perusahaan Indonesia Promosikan Produk di Rumania

Temu Bisnis : Penusaha Indonesia VS Pengusaha Rumania
Promosi Produk Indonesia di Rumania
Kehadiran produk Indonesia di Rumania ternyata cukup diminati masyarakat setempat. Hal ini terlihat pada hari pertama pameran Targ international de bunuri de larg consum (TIBCO), pameran internasional berbagai produk yang diselenggarakan di RomExpo, Bucharest, Romania, Kamis (2/5). Stan Indonesia dikunjungi para pelaku usaha lokal yang berminat menjalin kerjasama maupun warga Bucharest lainnya. Pameran IBCO tahun ini diikuti oleh 14 perusahaan Indonesia.


14 perusahaan Indonesia tersebut memamerkan produknya pada pameran yan dikhususkan untuk barang-barang konsumsi. TIBCO akan berlangsung mulai Kamis, 2 Juni hingga Minggu, 5 Juni 2016. TIBCO merupakan pameran terbesar di Romania yang kerap digunakan berbagai perusahaan lokal maupun asing untuk memperkenalkan produk dan menjalin bisnis. 


14 perusahaan Indonesia yang siap melebarkan sayap di Romania adalah PT. Asia Pacific Fortuna Sari (tisu basah), Ikatek Jaya Bersama (sepatu dan sarung tangan golf), PT. Universal Abrasivindo Industrial (material dan amplas), PT. Pondan Pangan Makmur (bahan pembuat kue), PT. Fruit ING Indonesia (minuman ringan), PT. Rezeki Inthi Artha (ikan dalam kaleng), PT. Kamakmuran Niaga Mandiri (eksportir kopi), PT. Royal Industries Indonesia (minyak sawit), PT. Dermaga Kencana Indonesia (minyak sawit), PT. Dua Kelinci (makanan ringan), PT.  Manohara Asri    (makanan ringan), PT. Mayora Indah (makanan ringan), PT. Jendela Indonesia Selaras (sepatu dan tas), serta PT. Aquasolve Sanaria (penyegar mulut).


Perusahaan yang terlibat dalam TIBCO ini menempati stan Indonesia yang difasilitasi oleh KBRI Bucharest seluas 62 meter persegi di area pameran terbesar di Rumania, Romexpo, di kota Bucharest. TIBCO tahun ini akan menjadi edisi ke-33 sejak dimulai pertama kali tahun 1974.


Partisipasi perusahaan Indonesia pada pameran ini merupakan salah satu program diplomasi ekonomi KBRI Bucharest untuk mempromosikan potensi ekonomi Indonesia. TIBCO merupakan ajang yang tepat bagi perusahaan Indonesia untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat Rumania dan menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis setempat.


Perdagangan Indonesia dengan Rumania belum membaik beberapa tahun terakhir. Meskipun Indonesia selalu mencatat surplus perdagangan, namun nilai ekspor dan total perdagangan terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Ditargetkan perdagangan kedua negara bisa kembali mencapai 172 juta dolar pada tahun 2019 dengan surplus tetap pada sisi Indonesia. Angka tersebut terakhir dicapai pada tahun 2012. Pada tahun 2015, total perdagangan kedua negara adalah 117,6 juta dolar AS dimana ekspor Indonesia mencapai 92,5 juta dolar AS.

Penulis:
Gading Parasati
Sekretaris Kedua Pensosbud
KBRI Bucharest