Laman

  • Home

Rabu, 15 Juni 2016

6 Cara Menjadi Ahli Mengelola Keuangan Pribadi

6 Cara Menjadi Ahli Mengelola Keuangan Pribadi
Uang memang bukan segalanya. Namun, pengelolaan uang yang baik adalah hal yang krusial. Tidak peduli seberapa besar pendapatan yang diterima, jika uang tidak dikelola dengan baik maka krisis keuangan pribadi dapat saja terjadi.

Pengelolaan uang harus dilakukan dengan disiplin dan terencana. Jika tidak, bisa dipastikan keuangan Anda akan kacau. Ikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengelola uang Anda:

Jangan simpan uang di rumah

Masih banyak orang beranggapan lebih aman menyimpan uang di rumah daripada di bank atau tempat penyimpanan lainnya. Padahal, menyimpan uang di rumah sangat tidak aman. Selain rawan dicuri, keberadaan uang tunai yang mudah dijangkau, membuat kita dengan mudah pula menggunakan atau membelanjakannya.

Jangan memegang uang tunai terlalu banyak

Saat ke ATM, ambil uang secukupnya. Tidak perlu mengambil uang tunai berlebih jika Anda dapat memperkirakan yang Anda butuhkan. Uang tunai yang berlebih cenderung meningkatkan hasrat ingin menghabiskannya. Hal ini akan memancing pengeluaran yang tidak perlu.

Investasi!

Berapapun jumlah penghasilan Anda per bulan, sisihkan untuk berinvestasi. Hal ini bisa membantu Anda mengelola keuangan untuk jangka panjang, juga jangka pendek. Selain bisa mengurangi jumlah uang yang ‘dibuang’ untuk belanja, investasi juga membantu menjaga nilai uang Anda. Sebagai permulaan, tidak perlu berinvestasi dalam jumlah besar, Anda bisa mencoba berinvestasi dengan polis asuransi, reksadana, atau bahkan saham.

Belanjakan sesuai kebutuhan

Salah satu kunci utama dari mengatur uang, adalah mampu membatasi diri sendiri. Di awal bulan setelah menerima gaji, ada baiknya Anda membagi jatah untuk menabung, investasi, dan berbelanja. Usahakan untuk tidak menghabiskan jatah belanja di awal bulan, walaupun ada diskon besar di depan mata. Tahan hawa napsu berbelanja, dan pikir lagi apakah Anda memang benar-benar membutuhkan barang tersebut. Jika Anda bukan tipe yang mampu membatasi diri sendiri, maka berikan jatah yang kecil untuk Anda berbelanja setiap bulannya.


Buat catatan pengeluaran bulanan

Memiliki catatan pengeluaran bisa membantu Anda mengontrol diri karena bisa mengetahui boros atau tidaknya Anda di bulan lalu. Hal ini memang terdengar merepotkan, dan belum tentu semua orang punya waktu untuk mencatat pengeluarannya selama sebulan penuh. Tapi saat ini sudah banyak tersedia aplikasi smartphone yang berguna untuk mencatat pengeluaran. Beberapa aplikasi bahkan bisa mengkonversi foto struk belanjaan menjadi catatan digital.

Buat rekening di bank berbeda

Tidak semua orang mau membuat banyak rekening di beberapa bank. Alasannya, mereka tidak ingin membayar biaya bulanan, atau tidak percaya dengan bank lainnya. Hindari hal ini dengan mencari informasi bank mana yang membebaskan biaya bulanan, dan juga terpercaya. Buat setidaknya tiga rekening. Rekening pertama untuk payroll, rekening kedua untuk belanja, dan rekening ketiga untuk menabung/investasi. Sebaiknya, simpan kartu ATM di rumah untuk rekening ketiga agar Anda tidak bisa curang dan mengambil uang dari sana.

Selamat mencoba !

Penulis: John Lerebulan - Agency Director - AXA Financial Indonesia