Laman

  • Home

Senin, 09 Mei 2016

Pentingnya Diferensiasi Produk Dalam Ketatnya Persaingan Pasar


Persaingan pasar di dunia bisnis saat ini memang terpantau semakin tahun semakin ketat. Bahkan saking ketatnya, dalam beberapa pengamatan saya, persaingan ini justru menimbulkan hal-hal yang tidak sehat dan buruk. 

Tentu sebagai pengusaha Anda tak boleh ikut dalam persaingan yang tidak sehat yang justru bisa menenggelamkan bisnis Anda. Dalam menghadapi persaingan yang ketat ini Anda sebagai pebisnis hanya perlu bekerja ekstra keras dan menerapkan sebuah startegi yang efektif.

Menampilkan dan menawarkan sesuatu yang berbeda dalam konsep diferensiasi bisa jadi menjadi solusi untuk Anda bisa menembus ketatnya persaingan pasar saat ini. Ya, sebuah bisnis yang terus menerus bergerak menuju titik jenuhnya, tentu perlu mendapat sentuhan kreatif yang berbuah konsep yang baru, fresh dan menarik. Maka seringkali perusahaan membuat sebuah diferensiasi saat bisnisnya mentok atau terbentur pada persaingan pasar yang ketat.

Pentingnya Diferensiasi Produk Dalam Bisnis

Secara umum diferensiasi produk adalah sebuah aktivitas yang dilakukan pebisnis untuk mengkreasi sesuatu agar memiliki perbedaaan dari bisnis yang lain. Dengan adanya diferensiasi tentu sebuah produk akan nampak baru bagi konsumen.

Pentingnya Differensiasi
Setiap mengunjungi pameran produk UMKM, ada beberapa produk dari berbagai kota dan kabupaten yang menurut saya tidak menampilkan suatu keunikan, bahkan produk tersebut juga ditampilkan oleh kota atau kabupaten lain. Seolah tidak ada upaya untuk membuat produk yang berbahan baku sama menjadi olahan yang berbeda, atau seolah tidak ada inovasi produk yang beda dari para pelaku UMKM.

Tidak semua produk yang dipamerkan seperti itu, tetapi memang banyak produk yang seperti itu. Ada juga produk-produk yang memang memiliki keunikan tersendiri dan saya spontan menggali lebih dalam untuk saya promosikan dan bantu pemasarannya.

Menyikapi hal tersebut, bersama ini saya mengangkat salah satu tulisan dari maxmanroe.com yang mengangkat pentingnya differensiasi produk dalam ketatnya persaingan pasar. Ada 5 poin penting yang diangkat dalam tulisan ini dan mungkin bermanfaat bagi pemahaman differensiasi bagi para pelaku UMKM.

5 Poin Penting Differensiasi Produk Dalam Ketatnya Persaingan Pasar

Dan konsumen yang mungkin sudah mengalami tingkat kejenuhan pada produk tertentu bisa jadi akan beralih pada produk baru yang memiiki konsep berbeda tersebut. Satu hal yang perlu dicatat dalam penerapan konsep diferensiasi ini yaitu untuk bisa memenangkan persaingan, Anda tak perlu lebih unggul namun dengan sedikit berbeda, itu sudah cukup buat Anda menarik konsumen datang.

Diferensiasi produk yang bisa dilakukan dengan berbagai teknik ini tentu memiliki banyak peran dan keuntungan. Berikut beberapa poin penting yang menjadikan konsep diferensiasi ini menjadi sesuatu yang penting dan perlu untuk dilakukan pebisnis guna menembus tingkat persaingan pasar yang sangat ketat

1. Produk Lebih Mudah Diingat Para Konsumen


Pertama, poin penting dari diferensiasi produk adalah Produk yang akan lebih mudah diingat. Ya, layaknya pandangan kita pada sebuah tampilan fisik seseorang, konsumen pun akan memiliki perhatian tersendiri pada produk yang tampil dengan berbeda. Jadi jangan ragu untuk tampil beda, karena menjadi satu yang berbeda dari beberapa hal lain yang sama akan membuat Anda dipandang dan diingat oleh orang lain dan tentunya calon konsumen dan pelanggan Anda.

2. Lebih Unggul Dibandingkan Produk Lainnya


Fungsi dan keutamaan lain dari strategi diferensiasi ini adalah menciptakan keunggulan dari produk lain. Dalam bisnis, keunggulan memang bisa ditinjau dari banyak aspek. Produk yang memiliki perbedaan dengan produk lain tentu saja memiliki kelebihan tampilan dan pandangan yang lebih menarik dan menggugah konsumen. Dengan produk yang dinilai lebih unggul, maka Anda tak akan terlalu sulit lagi untuk menembus ketatnya persaingan pasar.

3. Harga Jual Produk Lebih Tinggi


Konsumen tak akan keberatan jika Anda menaikkan harga produk diferensiasi yang telah diminati. Hal ini dikarenakan kebiasaan konsumen yang selalu memburu dan berebut produk yang memiliki keunikan khusus. Hal ini bisa terlihat dari contoh kasus produk limited edition (edisi terbatas) yang bisa memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga produk lainnya yang sudah banyak beredar di pasaran.

4. Mengatasi Masalah Kejenuhan Pasar


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa alasan kuat yang bisa menjadikan produk diferensiasi ini menang adalah keadaaan pasar yang mengalami titik jenuh. Bisnis yang memang akan mengalami kejenuhan di suatu waktu memang harus mau tak mau segera dilakukan diferensiasi agar pasar kembali bergairah dan tidak jenuh lagi. Maka dari itu Anda dan perusahaan haruslah membuat program perbaruan produk pada periode tertentu untuk menyingkirkan rasa jenuh pasar.

5. Membantu Terciptanya Image Produk


Citra dan image bisnis kadang tercipta dari hal-hal yang sepele dan unik. Maka dari itu, cobalah untuk menampilkan hal-hal yang unik dan berbeda dengan yang lain agar image dan citra produk bisnis Anda semakin dikenal.
Namun ingat jangan membuat image yang telalu kontroversial juga, karena hal ini bisa saja membuat bisnis Anda tidak dipercaya dan dikucilkan publik. Yang pasti image yang semakin tinggi dan baik, maka Anda akan berpeluang besar untuk menembus ketatnya persaingan bisnis yang ada.