Laman

  • Home

Kamis, 19 Mei 2016

Pelatihan Pemasaran untuk UMKM di Disperindag Kota Semarang

Tiada hari tanpa ketemu UMKM, mungkin ini yang cocok menggambarkan kegiatan Rumah UMKM ini. HeHe. Setelah pada hari Rabu lalu kami berada di Kota Magelang, pada hari Kamis 19 Mei 2016 kami harus mengisi satu sesi pelatihan pemasaran untuk UMKM Kota Semarang. 

Sebagai pengisi pelatihan sesi penutup, sebenarnya kami cukup ragu dengan materi yang akan kami berikan karena 3 hari sebelumnya teman-teman UMKM sudah mendapatkan banyak nara sumber yang membahas pemasaran. Tetapi ternyata materi dasar pemasaran untuk UMKM kami yang lebih menitik beratkan bagaimana "mengenali pasar" dan informasi bagaimana yang terjadi dengan pasar saat ini belum pernah disentuh oleh nara sumber sebelumnya. Alhamdulillah, ditambah bonus antusiasme dari para peserta, kami merasa puas bisa memberikan materi ini kepada teman-teman UMKM kota Semarang.

Berlangsung di Gedung PKK Kota Semarang, ini memang pengalaman pertama saya di kota Semarang untuk memberikan pelatihan kepada UMKM Kota Semarang karena selama ini pemerintah kota Semarang berkerjasama dengan Kadin Kota Semarang, bukan Kadin Jawa Tengah. 
 


Presentasi Pemasaran Untuk UMKM

Peserseta adalah UMKM Kota Semarang

Bagaimana mengenali pasar memang merupakan hal penting bagi UMKM dalam mengembangkan produknya. Menentukan segmentasi pasar dan target pasar yang akan dibidik perlu sejak awal dipahamkan kepada UMKM produsen ketika ingin mengembangkan produk. Selanjutnya bagaimana menentukan positioning produk mereka di pasar.

Bagaimana memahami "life style" (gaya hidup) dan daya beli pasar juga merupakan hal penting yang harus disikapi dalam strategi produk dan strategi harga produk kita. Ketika UMKM tidak ada "waktu" dan "biaya" untuk melakukan survey-survey pasar sederhana maka diperlukan kiat-kiat yang mudah dan praktis dalam melakukannya.

Bahwa survey pasar dan testing pasar merupakan bagian dari bagaimana kita mengenali pasar itu sendiri.

Materi yang berisi best practise dan tips ini sengaja kami berikan karena kami mendapatkan jadwal pada akhir acara, sehingga kami punya kewajiban untuk memberikan "kesan" yang mendalam bagi UMKM Kota Semarang dalam pemahamannya mengenai pemasaran.

Tidak lupa kami sampaikan kepada peserta mengenai perubahan pasar yang pasti akan terjadi di masa mendatang, yaitu perubahan pasar ke arah pasar digital. Semoga teman-teman UMKM di Kota Semarang pun menyadari hal ini sebagaimana hal ini kami sampaikan kepada UMKM Kota Magelang sehari sebelumnya.