Laman

  • Home

Selasa, 10 Mei 2016

Menjadi Juri Krenova 2016 di Balitbang Propinsi Jawa Tengah

Penjurian KRENOVA Hari Pertama, Senin 9 Mei 2016

Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova)

Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) meliputi seluruh hasil kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh individu, kelompok dan/atau masyarakat dalam arti luas dalam hal penerapan teknologi yang telah dilaksanakan antara lain pada bidang:
  1. Pertanian dan pangan.
  2. Energi.
  3. Kesehatan, obat-obatan dan kosmetika.
  4. Rekayasa dan manufaktur.
  5. Kelautan dan perikanan.
  6. Kerajinan dan industri rumah tangga.
Manfaat kegiatan ini adalah untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap manfaat Iptek bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, partisipasi masyarakat dalam penemuan dan pengembangan Iptek serta pendayagunaannya dalam kegiatan sosial ekonomi akan makin meningkat dalam rangka mewujudkan masyarakat Jawa Tengah berdikari.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:
  1. Semakin meningkatnya jumlah temuan/pengembangan di bidang Iptek dan juga kian meningkatnya budaya kreatif dan inovatif di bidang Iptek agar ketertinggalan dari negara factor-driven (negara yang perekonomiannya digerakkan oleh faktor paling dasar seperti sumber daya alam dan buruh) dan memacu  untuk  memasuki  kategori  efficiency-driven  (berbasis  pada proses produksi yang efisien) agar tercapai negara yang ekonominya berbasis innovation-driven(ekonomi yang dibangun atas dasar Iptek yang bernilai tambah tinggi) dapat cepat tercapai. 
  2. Semakin meningkatnya budaya kreatif dan inovatif di bidang Iptek, sehingga dapat mendukung Sistem Inovasi Daerah (SIDa) agar  kesejahteraan rakyat Jawa Tengah dapat meningkat.
  3. Semakin banyaknya temuan yang mendapatkan penghargaan baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.
Setiap tahun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Balitbang Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan seleksi dan kompetisi Krenova yang dibiayai dari APBD Provinsi Jawa Tengah.

Untuk tahun 2016 ini, proposal krenova telah terkumpul 130 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang mengikuti lomba dan dari seleksi awal ada 40 nominasi pemenang yang akan dilakukan penjurian oleh team juri dari Balitbang, Dewan Riset Daerah (DRD), Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah (Kadin Jateng), Suara Merdeka dan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM).

Dewan Juri yang melakkan penilaian adalah:
  1. Prof. Dr. Ir. Saratri Wiloyoyodho, MSi.
  2. Benita Eka Aryani
  3. Marjoko, ST. MBA, MSc. (Gendut Marjoko)
  4. Dr. Suryono, SSi, MSi.
  5. Drs. Agus Santoso  
Penjurian untuk 40 peserta dilakukan selama seminggu dari hari Senin 9 Mei 2016 sampai dengan Jumat 13 Mei 2016 dengan masing-masing 8 peserta per harinya.

Sementara ini kami tidak bisa menyebutkan siapa saja peserta yang telah kami nilai, karena hal ini akan mempengaruhi polling juara favorit yang akan dilakukan oleh Balitbang. 

Beberapa Penemuan Masyarakat Ada Yang Bermanfaat Untuk UMKM

Saya tertarik untuk mengikuti kegiatan lomba KRENOVA ini adalah karena ingin melihat dari dekat kreativitas dan inovasi masyarakat dalam menyikapi permasalahan mereka di lapangan dengan menciptakan sistem atau alat yang inovatif sebagai solusi dari permasalahannya. Beberapa penemuan sangat relevan dengan kebutuhan peralatan produksi untuk UMKM dan hal ini menjadi catatan saya untuk membantu mengembangkannya di masa mendatang.

Ragam temuan dari peserta mulai dari kuliner, alat pertanian, alat produksi dan sistem edukasi merupakan temuan asli dari mereka-mereka yang kreatif dan inovatif dalam menyikapi permasalahan mereka dalam bekerja di lapangan.

Kemampuan mereka berinovasi haru kami hargai, karena untuk masuk ke wilayah tersebut dibutuhkan kemampuan, keberanian dan pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran yang tidak sedikit apalagi dari masyarakat yang jenjang pendidikannya rendah dan banyak keterbatasan.

Berikut adalah beberapa dokumentasi penjurian dari kami:
 












Semoga informasi mengenai KRENOVA ini bisa disikapi dengan positif dari masyarakat yang ingin ikut berlomba mengadu inovasi dan kreativitasnya di ajang serupa di tahun mendatang. Kami butuh inovasi-inovasi baru dari masyarakat.

Pemenang lomba KRENOVA ini akan difasilitasi pengurusan HKI (Hak Cipta) dan bimbingan teknis,  bahkan jika diperlukan akan dilakukan inkubasi bisnis bagi para pemenang dan hal ini sudah dibuktikan oleh pemenang-pemenang KRENOVA tahun-tahun sebelumnya.
 
Ayo, buat inovasi anda bermanfaat untuk masyarakat dan untuk usaha anda sendiri.