Laman

  • Home

Kamis, 12 Mei 2016

Memilih Tempat Usaha

Beberapa teman UMKM meminta kami untuk berbagi tips memilih lokasi yang strategis untuk usaha, karena kebutuhan mereka akan edukasi hal ini sangat penting. Agar update info ini bisa cepat sampai kepada teman-teman UMKM maka saya akan bagikan tips dari tempat-usaha.com sebagaimana di bawah ini.
 
Mengapa Memilih Lokasi Yang Tepat dan Strategis Untuk Usaha Anda Adalah Hal Yang Krusial ?


Untuk menjadi seorang pengusaha, wirausahawan atau istilah kerennya entrepreneur, Anda harus mengkaji permasalahan utama memulai usaha: permasalahan modal, jenis dan jumlah produk, persaingan dan sebagainya. Satu yang paling krusial dan bahkan akan menjadi penentu kesuksesan usaha Anda: memilih lokasi yang stategis.

memilih lokasi usaha yang strategis dan menguntungkan
Memilih tempat usaha yang strategis dan menguntungkan untuk penjualan dan produktivitas perusahaan Anda (Image Courtesy: http://sarahklenke.com/)


Sebagai  seorang pengusaha, Anda harus memutuskan dengan bijak di manakah tempat usaha yang cocok untuk Anda. Jika tidak, bisa saja pemasaran produk perusahaan Anda menjadi terhambat karena lokasi yang Anda pilih tidak sesuai.

Ada Beberapa Alasan Mengapa Memilih Lokasi Usaha Strategis, Dapat Menjadi Pembeda Bagi Perusahaan Anda.


Boleh saja, menurut para ahli, lokasi usaha adalah salah satu aspek dari pemasaran. Tapi bukan hanya itu, Menurut Erica Swallow, seorang kontributor di situs entrepreneur terkemuka Forbes.com, salah satu faktor yang perlu Anda pikirkan dengan matang saat memilih lokasi usaha yang tepat adalah kemudahan navigasi, kemudahan transportasi serta peraturan daerah tentang pajak.

Nah, ternyata, bukan hanya dua faktor tersebut yang perlu Anda kaji sebelum memilih lokasi usaha yang tepat untuk Anda.

Dari sebuah survey yang dilakukan oleh Thumbtack.com dan Kauffman Foundation, sedikitnya ada enam faktor yang harus Anda kaji. 

Ya, enam. Faktor-faktor tersebut adalah hasil survey pada 6000 pebisnis lokal di Amerika Serikat yang dihimpun oleh dua penyenggara survey diatas. 

Berikut faktor yang harus Anda kaji untuk memilih lokasi usaha berdasarkan survey tersebut:



#1 Lokasi Yang Anda Pilih Arus Memiliki Akses Ke Lokasi Kolega dan Tempat Pengembangan


Lokasi yang Anda pilih harus mampu menjangkau kolega dan lembaga pengembangan sumber daya manusia.

Pertama, jika Anda baca kembali artikel Kami sebelumnya, Memaksimalkan Potensi Karyawan Setelah Merekrut Karyawan, Anda akan sadar, bahwa Anda dan karyawan Anda perlu mendapatkan motivasi baru dan penyegaran entrepreneurship untuk menjaga kinerja perusahaan.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi yang memiliki pemerintahan daerah yang memberikan pelatihan wirausaha atau entrepreneurship gratis.

Jadi budget perusahaan pada bagian pengembangan SDM bisa saja berkurang.

Jadi Anda perlu memilih lokasi yang dekat dengan tempat training entrepreneuship terdekat, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perjalanan training.

Alasan kedua, Anda harus mencari tempat usaha yang dekat dengan lokasi rekan bisnis Anda, jadi jika ada rapat dadakan atau Anda perlu belajar dari rekan bisnis Anda tersebut, Anda tidak perlu jauh-jauh lagi.

Contoh kasusnya adalah Kota Bandung. Dari sebuah artikel yang kami baca di situs http://bisnisukm.com/, disebut bahwa Kota Bandung adalah tempat usaha yang cocok untuk usaha kreatif.

Jadi, jika Anda adalah seorang wirausahawan yang fokus menyajikan produk kreatif, Anda dapat menjadikan Kota Bandung tempat membuka outlet atau cabang baru.

Karena selain fakta bahwa kota Bandung adalah Kota Ekonomi kreatif, Bandung juga lokasi yang memiliki akses ke banyak tempat pelatihan entrepreneurship dan Anda juga dapat sharing dengan pengelola ekonomi kreatif lain di Kota tersebut.

#2 Pilih Daerah Dengan Layanan Sertifikasi dan Dukungan Yang Baik Pada Bidang Usaha Anda


Selain dukungan pada bidang pengembangan SDM, dukungan hukum dan administrasi usaha adalah faktor pemilihan lokasi tempat usaha Anda.

Sertifikasi seperti sertifikat Halal, jika Anda memasarkan produk makanan, efektif meningkatkan kepercayaan sekaligus minat beli pelanggan [info lengkap sertifikasi halal MUI: Persyaratan Sertifikasi Halal – Halal MUI]

Atau sertifikasi ISO, yang mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda secara signifikan, terutama pada bidang administrasi.

Lokasi yang tepat akan mempermudah akses Anda pada lembaga sertifikasi terkait dan mereduksi biaya akomodasi.

Selain kemudahan mendapat sertifikasi, Anda juga membutuhkan lokasi yang pemerintah daerahnya memberi dukungan administratif atau finansial pada usaha Anda.

Lokasi Usaha di Kabupaten Banyuwangi misalnya, yang memberikan dukungan pada para kontraktor Mall/pusat pembelanjaan.

Alasannya simple saja, karena dengan adanya Mall tersebut, para pegiat usaha kreatif dari berbagai bidang akan mendapat tempat pemasaran yang strategis dan ramai pembeli 

Karena masyarakat pada umumnya lebih menghargai produk dari mall dibanding produk yang dijual di pasar atau di pinggir jalan.

#3 Biaya dan Kualitas Hidup


Poin ini jelas, lokasi yang Anda pilih haruslah memiliki biaya hidup yang tak mahal dan kualitas hidup yang baik. Kualitas hidup bisa dilihat dari sudut pandang sosial dan finansial. Dari sudut pandang sosial, budaya dan keadaan sosial lokasi bisnis yang Anda miliki harus sesuai dengan visi dan misi usaha Anda. Selain  menarik minat masyarakat sekitar untuk menggunakan jasa atau membeli produk Anda, kenyamanan kerja dan hidup juga dapat Anda peroleh. 

Dari segi finansial, lebih pada biaya hidup. Jika perusahaan Anda masih dalam tahap awal, tidak bijak bila Anda memilih lokasi usaha yang memiliki biaya hidup mahal. Apalagi jika Anda tidak memiliki modal yang besar.


#4 Akses Pada Penyokong Finansial


Jika Anda adalah seorang startup usaha kecil, pendanaan bisa jadi masalah. Keberadaan penyokong finansial seperti kredit usaha atau pinjaman bank bisa menjadi solusi, meski tidak dianjurkan. Otomatis Anda harus memilih lokasi di mana Anda dapat memperoleh sokongan finansial untuk menambah modal.

Anda bisa memilih daerah yang pemerintahannya menyokong jenis usaha Anda dan memberikan dana segar, sekaligus bekerja sama mengembangkan potensi daerah di sana.

#5 Fasilitas dan Infrastruktur Gedung Yang Anda Inginkan

Anda tidak mau, kan ? Usaha Anda mengalami kesulitan gara-gara fasilitas vital seperti pasokan listrik dan air sering terganggu ?

Nah, oleh karena itu, Leon Gettler, seorang Bussiness Journalist menyatakan bahwa saat Anda memilih gedung di lokasi usaha yang Anda pilih, setidaknya perhatikan faktor dibawah ini:
  • Pasokan air dan listrik yang mencukupi
  • Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, jadi Anda bisa mereduksi budget untuk lampu dan penggunaan Air Conditioner
  • Ukuran gedung mencukupi jumlah karyawan dan properti yang ada
  • Memiliki lahan parkir yang aman
  • Akses gedung harus mudah menjangkau jalan-jalan utama di daerah tempat usaha Anda tersebut.
memilih lokasi usaha dan gedung yang baik
Contoh gedung dengan tata letak yang baik, pencahayaan yang ideal dan sedap dipandang mata. (Image Courtesy: http://www.realestate.com.au/)


Tapi satu yang paling penting, Pastikan gedung yang Anda pilih memiliki struktur yang kuat dan memerlukan perbaikan minimal untuk menghemat budget perusahaan Anda.

#6 Cek Sebaran Kompetitor Usaha di Wilayah Yang Anda Pilih

Ada satu kecenderungan yang muncul di wilayah yang ideal untuk memulai usaha,
Makin baik dan ideal suatu lokasi usaha, makin banyak pula kompetitor di daerah itu.Greg Kahn, CEO of Kahn Research Group
Karena bukan hanya Anda yang menemukan bahwa wilayah tersebut strategis demografi dan profil pemasarannya.

Ada dua pilihan jika skenario terdapat banyak kompetitor pada wilayah yang Anda pilih: 

Pertama, Anda tidak cukup baik untuk menyalip jumlah penjualan dan kualitas produk kompetitor Anda, jika demikian, lebih baik Anda mencari wilayah lain atau Anda akan merugi. 

Kedua, Anda bisa dan yakin produk Anda memiliki kualitas yang jauh lebih baik dan menarik lebih banyak pelanggan, maka memilih lokasi usaha padat kompetitor dapat menjadi booster yang baik untuk usaha Anda, menurut Blake Tartt III, president dan CEO dari perusahaan real estate New Regional Planning.


CheckList