Laman

  • Home

Rabu, 04 Mei 2016

Belajar Dari Harjanto Halim : Kiat Bertahan & Berkembang Dalam Usaha

Harjanto Halim, Direktur PT Marimas Putera Kencana
Harjanto Halim, sosok ini sudah lama saya kenal sebagai salah satu pengusaha kota Semarang dengan perusahaan bernama PT Marimas Putera Kencana yang bergerak di bidang produksi Foods & Beverages (makanan dan minuman).

Beliau juga seorang budayawan, tokoh pariwisata Semarang dan juga pemerhati UMKM di Kota Semarang. Sebagai Pimpinan Komunitas Pecinan Semarang Untuk Pariwisata (Kopi Semawis, Harjanto Halim telah banyak kiprahnya membangun pecinan sebagai tujuan wisata di Kota Semarang. Mecintai budaya lokal dan mengembangkannya menjadi daya tarik wisata merupakan keinginan terbesarnya.


Harjanto Halim Saat Perayaan IMLEK di Pecinan Kota Semarang

Perusahaannya pun dimulai dari skala UKM dan saat ini telah berkembang menjadi perusahaan menengah dan dikenal sebagai perusahaan produsen minuman cepat saji di Semarang. Siapa sih yang tidak mengenal Marimas di Kota Semarang ? Pasti ada, tapi cuma sedikit ... HeHe
 
Keberhasilan inilah yang membuat saya "nafsu" untuk bertemu dengan pengusaha yang humoris ini. Percaya gak ? Kalo beliau ini pun sanggup melakukan "stand-up comedy" ketika secara spontan "dikerjai" para wartawan dalam salah satu acara yang telah direncanakan untuk "mengorbankannya". HeHe

Ya, singkatnya sosok Harjanto Halim perlu dikenal oleh teman-teman UMKM di Jawa Tengah sebagai alumni UMKM di Kota Semarang.

Kiat Bertahan & Sekaligus Mengembangkan Usaha

Pada hari Rabu 4 Mei 2016 ini, saya mengunjungi markas produksi PT Marimas Putera Kencana. Awalnya ingin buat kejutan kepada "Mas Har" (begitu saya memanggilnya), tetapi ternyata beliau sudah minum obat anti kejut dan sudah berhasil "menghindari" saya dengan sukses karena beliau ternyata masih berada di Solo karena ada acara di sana. Tidak masalah, karena sebelumnya saya sudah sempat ngobrol dengan beliau, dan kunjungan ini tujuaannya untuk melihat dari dekat produk terbarunya dan sekaligus upayanya dalam mengembangkan usaha.

Dalam kesempatan ini saya ditemui langsung oleh GM Marimas dan Brand Manager Marimas, dan kami ngobrol tentang produk baru Marimas yang peduli dengan kesehatan. Produk tersebut adalah KONGBAP, solusi kebutuhan makanan berserat untuk konsumsi sehari-hari. Untuk produk Jangkrik Mas pasti sudah banyak yang mengenalnya karena sudah banyak beredar.

KongBap & Jangkrik Mas, Produk Baru Marimas Yang Peduli Dengan Issue Sehat.

Mbak Lina, GM Marimas Memberikan Banyak Informasi Mengenai Produk Baru Tersebut.
Sebuah perusahaan harus selalu inovatif dan berkembang jika ingin tetap bertahan dalam kancah persaingan yang semakin ketat. Jeli melhat peluang, mampu berinovasi dan memiliki kreativitas yang tinggi merupakan senjata ampuh dalam menghadapi persaingan.

Setiap produk akan memiliki "life cycle" sendiri, meskipun produk kuliner diyakini memiliki life cycle yang lebih lama tetap jangan terlalu percaya diri karena perubahan pasar saat ini sangat drastis. Produk baru harus selalu disiapkan melalui riset dan testing pasar yang fokus. Produk baru harus disiapkan sesuai dengan keinginan pasar atau issue terbaru dari pasar.

Selalu UPDATE ! Ini adalah kata kunci dalam menyikapi persaingan usaha yang semakin ketat, tidak saja update dalam pergerakan keinginan pasar, update dalam teknologi produksi tetapi juga update dalam strategi promosi dan pemasaran. Pasar saat ini sudah berkembang ke arah digital, dan sudah terbukti omzet dari pasar online bisa mengalahkan omzet dari pasar offline dengan investasi yang lebih kecil.

Kemampuan Distribusi Yang Handal. Mau bicara offline maupun online, yang paling penting adalah kemampuan perusahaan dalam melakukan distribusi produknya. Sehebat apapun produk anda, jika lemah dalam distribusi maka produk tersebut akan mengalami hambatan yang tinggi.

Peduli Terhadap Lingkungan & Masyarakat. Saat ini kecenderungan emosional dalam usaha sudah mulai terasa. Perusahaan yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat akan mendapatkan perhatian positif dari masyarakat. Oleh sebab itu perusahaan saat ini mulai mengembangkan program-program CSR yang sesuai dengan kultur, karakter dan tujuan perusahaan tersebut.

UMKM harus belajar dari senior-senior alumninya, dan hal ini saya lakukan untuk membagikan informasi ini kepada UMKM di Jawa Tengah. Bahwa dalam bisnis, kita harus selalu bergerak dengan inovasi baru jika ingin bertahan, dan inovasi baru ini pun harus memiliki differensiasi yang tinggi serta harus selalu adaptif dengan dengan keinginan pasar.

Terima kasih Mas Har, semoga pertemuan selanjutnya bisa dilanjut dengan HaHa-HiHi bersama seperti biasa. I like the way you do Boss !