Laman

  • Home

Senin, 25 April 2016

Tips Menata Booth Pameran Produk UMKM Agar Lebih Menarik


Tidak salah jika dalam suatu pertemuan kami dengan salah seorang pengusaha di Semarang yang sekaligus pemerhati UMKM, kami dikritik mengenai bagaimana ketika para pelaku UMKM diberikan fasilitas stand pameran oleh pemerintah dan mereka tidak bisa manata dan memanfaatkannya dengan maksimal. 

Sebuah kritikan dan masukan yang bagus, dan memang harus kami akui bahwa setiap pameran UMKM selalu atau seringkali terlihat stand UMKM ditata asal-asalan dan kurang menarik. Seolah mereka tidak sadar bahwa kesempatan yang diberikan ini adalah untuk membangun citra perusahaan dan produk mereka di mata masyarakat. 

Bukan berarti jika perusahaan skala UMKM harus tampil asal-asalan, mereka juga bisa tampil lebih "berwibawa" dengan desain stand yang baik, pemilihan dan penataan produk yang menarik dan pegelolaan stand selama pameran yang persuasif.

Pameran adalah ajang investasi promosi, jika stand sudah ditanggung pemerintah maka sudah sepantasnya investasi promosi adalah menjadi tanggung jawab UMKM itu sendiri. Investasi pada exhibition kit juga perlu dipertimbangkan, agar setiap ada pameran UMKM sudah memiliki platform bentuk stand yang akan selalu diingat oleh pelanggan.

Memang kendala utama pelaku UMKM dalam pameran adalah kemampuan finansial mereka untuk investasi pada exhibition kit, tetapi kami yakin bahwa dengan modal yang terbatas penataan stand masih bisa terbantu dengan kreativitas dari pelaku UMKM. Tujuannya adalah secara keseluruhan pameran UMKM bisa lebih "naik kelas" dengan stand pameran yang kreatif dan menarik.

Berikut ada beberapa tips menarik dari salah satu kontraktor stand pameran (ASTRO) yang bersedia berbagi pengalaman dalam desain stand pameran.
  
9 Tips Desain Booth dan Stand Pameran Agar Sukses
 
Stand produk UMKM dengan space standard 2.5 x 2.5 m2


1. Pencahayaan yang Baik

Berikan pencahayaan berupa lampu-lampu yang mengarah ke setiap item produk yang di tampikan. Jangan puas dengan lampu standard yang sudah disediakan oleh penyelenggara pameran. Hitung seberapa banyak lampu pada booth yang diperlukan dan perhatikan bagaimana pencahayaan dapat menarik mata Anda ke arah item. Tidak hanya dua atau tiga lampu setiap stand, beri beberapa lampu yang digunakan secara efektif untuk menyoroti bagian utama dalam booth.

2. Beri Ruang Terbuka

Jika memiliki ruang yang cukup besar untuk pameran. Sebaiknya akses ke dalam booth Anda terbuka lebar dan tidak sedikitpun dari rak furnitur jalan masuk. Beri ruang agar leluasa bergerak di sekitar booth. Tetapi jika stand yang diberikan standard dan kecil maka perlu diperhatikan bahwa semua produk yang dipamerkan bisa terlihat dari berbagai sisi dan mudah dijangkau oleh pengunjung.


Penataan produk yang sederhana dan rapi.

3. Penggunaan Warna dan Grafis yang Mencerminkan Produk

Beri sentuhan warna booth dan stand pameran yang memiliki satu tema warna produk yang ingin di tampilkan. Sehingga terlihat nilai artistik pada booth anda. Bermainlah dengan grafis untuk latar belakang stand anda, agar stand anda tidak terlihat kosong.

4. Produk yang Menyatu dengan Tampilan Booth

Seperti permainan warna, buat tampilan booth sehingga bisa menyatu dengan tampilan produk. Misalkan dengan menambah aksesoris pendukung. Aksesores pendukung seperti meja, kursi dan rak display harus benar-benar sesuai dengan konsep atau tema yang akan dibangun dalam booth tersebut.

5. Tampilkan Produk dengan Dibuat Tingkatan

Seleksi produk-produk anda, mana saja menurut anda menjadi primadona. Beri tingkatan pada display booth anda, sehingga memudahkan para pengunjung melihat-melihat produk anda.

6. Jangan Terlalu Banyak Menampikan Produk

Meskipun sudah memposisikan tempat tampilan dengan baik dan ruang cukup. Jangan memberikan terlalu banyak pilihan produk di satu tempat tampilan, agar menghindari kesemerawutan. Jika memungkinkan siapkan katalog produk yang menarik, atau display dengan layar tv di booth anda.

7. Berikan Suasana Ceria dan Bersahabat

Arahkan pegawai penjaga booth anda untuk memberikan pelayanan dengan murah senyum dan ramah tamah. Jangan biarkan sampai terlihat ada yang terlihat muka bosan dan hanya duduk-duduk saja, buatlah lebih hidup booth anda.

8. Kesan Pertama Booth

Buat agar booth anda mendapat kesan pertama yang baik. Walaupun dari jarak jauh booth anda sudah terlihat menarik.

9. Tampilkan produk berkualitas tinggi

Jangan berikan kesan kepada pengunjung betapa murahnya produk anda. Walaupun produk anda lebih murah dari saingan anda, buatlah lebih menarik dalam penampilannya. Misalnya dengan memberikan pelindung atau pembungkus agar terlihat produk anda lebih eksklusif.

Namun demikian, 9 tips desain booth dan stand pameran akan semakin lengkap dan sukses apalagi jika digawangi sales person yang handal.

Beberapa contoh desain stand pameran yang mungkin bisa menginspirasi teman-teman UMKM jika ke depan akan melakukan pameran lagi.

Konsep ini bisa dipakai untuk koroyokan UMKM yang mewakili daerah.
 
Contoh desain booth

Add caption

Assesories pameran

Penataan yang rapi dan masih cukup ruang untuk pengunjung.

Exhibition Kit

Exhibition Kit

Exhibition Kit

Assesories Pameran
 

10 Cara Untuk Menarik Pengunjung ke Stand Pameran Anda 
Menarik pengunjung ke stand anda dalam pameran dagang, bagaimana anda dapat memastikan stand pameran Anda menarik pengunjung yang tepat ? Katy Roberts dari JobServe Events menawarkan beberapa tips sederhana untuk menarik pengunjung.

Dapatkan tampilan yang tepat dan berkesan. Stand anda adalah jendela toko Anda. Buatlah "undangan" kepada pengunjung untuk datang ke stand anda. Ini penting untuk memastikan tujuan Anda dalam pameran - jual, pemasaran atau branding ? - Hal ini yang akan menentukan tampilan dan nuansa stand Anda.  

Pilih grafis latar, poster dan produk untuk "mendongkrak penampilan citra" produk anda. Ingat, kecil itu indah. Tampilan yang menarik tidak harus dengan anggaran yang besar. Menentukan ruang yang sesuai dengan tujuan anda merupakan tantangan; orang terlalu sering terbawa dengan ide ukuran yang luas lebih baik. Padahal dengan stand yang kecil, pengunjung bisa lebih fokus pada produk yang dipamerkan. Stand kecil dapat bekerja dengan baik.  

Mencobanya terlebih dahulu.  Menyiapkan stand pameran anda di tempat kerja anda terlebih dahulu sebelum pameran dagang akan menghemat waktu dan memberikan anda "feel" untuk ruang anda sebelum ditempati. Dengan cara ini anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan stand anda, apakah perlu tetap dipamerkan atau lebih baik ditinggalkan.

Memberitahu orang apa yang anda inginkan. Buat yang jelas, singkat ringkas untuk kontraktor stand, perusahaan printing dan perusahaan penyewaan peralatan. Menjelaskan tujuan utama Anda untuk pertunjukan dan memastikan bahwa tujuan Anda adalah tujuan mereka juga.  

Dapatkan kreatif. Percobaan dengan pencahayaan, suara dan layar, presentasi elektronik, poster dan grafis latar. Ikuti cara yang sama seperti saat pengunjung sekitar stand melihat stand anda, sehingga anda akan melihat apa yang mereka lihat - baik dari kejauhan maupun dari dekat. Pastikan tidak ada terlalu banyak teks untuk membaca (mungkin dari kejauhan) dan tidak ada kelebihan visual.  

Tetap pada anggaran Anda. Melakukan pameran dagang bukan berarti tentang menghabiskan banyak uang dengan selalu memesan bahan baru. Anda bisa melakukan efisiensi dengan melihat apa yang sudah ada di tempat anda yang bisa digunakan dalam stand pameran anda. 

Hati-hati denga hadiah prmosi. Banyak uang dihabiskan untuk hadiah promo yang tidak berhubungan dengan pesan atau merek. Ini sering terjadi dalam pameran. Jika Anda ingin memberikan hadiah, pilih yang relevan dan mengesankan barang bermerek untuk pasar bisnis Anda. 

Chatting dengan event organizer. Pastikan event organizer memahami sifat (karakter) dan kondisi bisnis anda. Penempatan stand sebaiknya di tempat yang mungkin tepat dengan audiens target anda, sehingga anda perlu mendiskusikan kebutuhan anda dengan organizer sebelumnya dan bernegosiasi lokasi yang mungkin terbaik untuk stand anda pada tingkat harga yang anda mampu.  

Memilih orang yang tepat.  Pilih anggota tim anda untuk menangani pameran ini dengan tepat. Banyak peserta pameran menggunakan "hook" (seseorang yang menarik untuk stand, SPG), atau "spotter" (yang mendekati orang dan membawa mereka ke stand pameran). Jika Anda tidak mampu melakukannya, pastikan tim anda tetap aktif dan ramah. Beberapa peserta pameran menarik peserta dengan menarik indra mereka - kita semua ingin mendengar, melihat, menyentuh, merasakan dan bahkan membau sesuatu. 

Jangan lupa untuk memberitahu orang-orang ! Setelah membuat stand besar, jangan lupa untuk memberitahu orang-orang untuk datang ke pameran.  Upload spanduk di website Anda yang berisi undangan untuk pelanggan untuk datang dan mengunjungi anda di stand Anda dan mengirimi prospek dan klien update email sebelum acara pameran dibuka. Bekerjasama dengan pemasaran event organizer untuk meningkatkan publisitas dan, bahkan jika perlu, menghubungkan nama bisnis Anda dengan acara itu sendiri.

Demikian tips menarik pengunjung ke stand pameran anda, semoga bermanfaat dan bisa dicoba.