Laman

  • Home

Kamis, 21 April 2016

Setelah Kualitas dan Kemasan Produk, Masih Banyak PR Yang Lain.

Kompetisi akan selalu menjadi tantangan dalam usaha.

Tidak Akan Ada Henti Dalam Edukasi

Jika ada yang mengatakan bahwa setelah UMKM memiliki kualitas dan kemasan yang bagus, maka mereka siap berkompetisi di medan persaingan. Ternyata belum, masih akan banyak yang harus dipersiapkan lagi setelahnya dan salah satunya adalah pemahaman mengenai manajemen usaha, efisiensi kerja, efektivitas kerja dan produktivitas. Belum lagi tuntugan inovasi dan kreativitas yang tidak mungkin berhenti, karena sifatnya selalu dinamis.

Jika semua komponen biaya sudah hampir sama, maka hal yang menentukan dalam persaingan harga adalah masalah efektivitas manajemen usaha, efisiensi kerja dan produktivitas. Jika efektivitas berkorelasi pada ketepatan output, efisiensi berkorelasi pada waktu dan biaya maka produktivitas berkorelasi pada kapasitas atau volume kerja.

Jadi memang benar, tidak akan ada pernah henti dalam belajar. Apalagi jika dikaitkan dengan persaingan usaha yang semakin ketat ini, semua tuntutan di atas merupakan hal-hal yang harus dipenuhi oleh UMKM.

Pengertian Efektif dan Efisien 

Sikap kerja yang efektif dan efisien lebih ditekankan pada aspek managerial dalam mewujudkan strategi usaha, target pekerjaan, dan taktik bisnis di dalam mengelola usaha. Sikap kerja efektif dan efisien harus dimiliki oleh seorang wirausaha dalam mewujudkan bisnisnya menjadi bisnis yang mempunyai sistem standar operasional yang berorientasi pada mutu.

Efektivitas dalam bekerja adalah suatu pekerjaan yang dapat diselesaikan tepat waktu, sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Efisiensi dalam bekerja adalah segala sesuatu yang dikerjakan dengan berdaya guna atau segala sesuatau yang diselesaikan dengan tepat, cermat, hemat, dan selamat.

  1. Tepat, artinya bekerja untuk mencapai sasaran yang diinginkan atau yang direncanakan.
  2. Cepat, artinya mengatur waktu dengan tepat dan pada tingkat tertentu.
  3. Hemat, artinya dengan biaya yang sekecil-kecilnya tanpa adanya pemborosan dalam bidang pekerjaan apapun.
  4. Selamat, artinya segala sesuatu sampai pada tujuan pekerjaan yang dimaksud, tanpa mengalami hambatan-hambatan, kelemahan-kelemahan, atau kemacetan-kemacetan.

Efektivitas dan efisiensi dalam memecahkan persoalan serta pencarian peluang-peluang bisnis merupakan ciri khas para wirausahawan.

Pembinaan efektivitas dan efisiensi kerja kea rah pengaruran secara maksimal, yaitu dengan memberikan latihan kerja yang baik, serta dalam rangka tugasnya untuk mengembangkan technical skill dan managerial skill. Pentingnya latihan bekerja efektivitas dan efisiensi , sebagai berikut.
  1. Untuk meningkatkan kemampuan bekerja secara efektif dan efisien.
  2. Untuk mengurangi pengawasan dalam bekerja.
  3. Untuk mengembangkan sikap para pegawai yang positif.
  4. Untuk mengembangkan daya kreativitas.
  5. Untuk mencapai efektivitas dan efisiensi.
Setelah sekitas mengetahui pengertian efisien dan efektif yang ke semuanya nanti akan terhubung ke arah produktivitas, maka teman-teman UMKM setidaknya akan mengetahui bahwa mata pelajaran berikutnya adalah mengenai hal tersebut.

Produktivitas di negara Indonesia masih tergolong rendah di kawasan ASEAN, sehingga hal ini menimbulkan kekhawatiran kami ketika produk-produk sejenis harus beradu harga di pasaran bebas saat MEA berlangsung. Pemahaman materi di atas dengan baik setidaknya memberikan kesadaran kepada UMKM bahwa bersaing tidak cukup bermodal kualitas barang yang bagus dan kemasan yang menarik, jika harga jual tidak sesuai pasar maka bisa jadi produk kita tidak diserap oleh pasar.