Laman

  • Home

Sabtu, 16 April 2016

Promosi & Pemasaran Produk UMKM ? Kadin Jateng Telah Melakukannya, Pemerintah Tinggal Mendukungnya.

Kukrit Suryo Wicaksono, Menggagas Program Pembinaan UMKM & eCommerce Untuk UMKM

Belum lama ini para stake holder disibukkan dengan rencana pembentukan Komite Pemasaran Produk Unggulan Jawa Tengah, dan kami mewakili Kadin Jateng ikut menghadiri rapat awal rencana persiapan pembentukan komite tersebut di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu.

Melihat tugas berat yang akan dihadapi komite ini serta kekhawatiran bahwa komite tersebut akan "mandul" dalam menjalankan fungsinya, pemerintah menggandeng praktisi dan akademisi untuk berbagi saran dan masukan. Berbagai pihak melontarkan saran terkait dengan kekhawatiran mereka bahwa komite ini tidak akan mampu menjalankan fungsi utamanya, terlebih bahwa komite ini akan menyerap anggaran belanja daerah. Dan saran dan masukan ini ditampung oleh panitia dari Dinas Koperasi dan UMKM untuk diolah dan dikembangkan untuk kebutuhan materi pada saat meeting berikutnya. 

Salah satu saran dari Mbak Naneth Adi Ekopriyono, menyadarkan saya bahwa sebenarnya Kadin Jateng telah melakukan fungsi ini dengan membangun program Rumah UMKM yang fokus pada promosi dan pemasaran produk UMKM dan juga GetAsean.Com. Saya bahkan tidak sadar bahwa memang rutinitas saya selama 3 tahun ini adalah memang di bidang ini, mungkin karena saya terlalu menikmati kegiatan non profit ini. HeHe.

Tugas Rumah UMKM Adalah Membangun Jaringan Pemasaran Produk UMKM

Ada baiknya kami menyegarkan ingatan dengan berbagi informasi kepada teman-teman UMKM, bahwa Rumah UMKM adalah program yang digagas oleh Ketua Umum Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono, pada awalnya. Setelah mengalami berbagai penyesuaian baik dalam keterbatasan dan kondisi organisasi yang non profit, sampai Rumah UKMM menjadi format seperti sekaran ini, maka Rumah UMKM difokuskan kepada tugas mempromosikan dan memasarkan produk unggulan Jawa Tengah. Salah satu tugas di dalamnya adalah membangun jaringan pemasaran produk UMKM baik dalam dan luar negeri.

Belum lagi, gagasan kedua Bapak Ketua Umum Kadin Jateng yaitu GetAsean.Com, sebuah eCommerce yang benar-benar dikhususkan untuk UMKM yang berorientasi ekspor.

Jadi ternyata benar apa yang menjadi masukan Mbak Naneth Adi Ekopriyono pada saat forum tersebut, Kadin Jateng telah melakukannya ! Dan pemerintah hanya perlu bersinergi dan mendukung program ini untuk menjadi besar.

Tidak ada anggaran khusus dalam menjalankan program Rumah UMKM, tetapi team Kadin Jateng tetap berupaya keras untuk selalu menjaga eksistensi program ini baik melakuk kegiatan offline maupun kegiatan online sebagaimana yang pembaca lihat di RumahUMKM.Net. Semua kegiatan ada laporannya di RumahUMKM.Net.

Ketua Umum Kadin Jateng, selalu mengingatkan kami untuk terus mengembangkan jaringan pemasaran produk unggulan Jawa Tengah dengan segala kondisi yang ada. Kewirausahaan harus ditangani dengan sikap kewirausahaan juga. Sebuah pelajaran penting bagi kami untuk menjaga eksistensi program ini.

Jadi benar, beberapa tugas yang ada dalam Komite Pemasaran Produk Unggulan Jawa Tengah sudah kami laksanakan selama 3 tahun ini.

Apa Yang Dibutuhkan Rumah UMKM dari Pemerintah Saat Ini ?

Semua kegiatan yang ada di Rumah UMKM tidak memiliki anggaran khusus, bahkan program ini kami lakukan hanya dengan semangat dan tekad untuk bisa membantu UMKM Jawa Tengah dalam promosi dan pemasaran yang selama ini menjadi kendala mereka. Yang kami butuhkan dengan pemerintah, adalah sinergi program yang saat ini sudah menampakkan hasilnya karena kami telah bersinergi dengn banyak pelatihan dan konsultasi yang digelara oleh Dinas Koperasi dan UMKM Jateng dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, termasuk dengan BAPPEDA Jateng.

Kegiatan ini kami manfaatkan untuk melihat dari dekat potret dan profile UMKM yang menjadi binaan pemerintah yang selanjutnya data ini akan kami oleh dengan cepat untuk memberikan solusi pemasaran kepada mereka yang telah "lolos" uji kualitas, legalitas dan kemasan dengan cara kami. Produk-produk UMM yang telah lolos akan kami promosikan secara direct kepada buyer atau kami promosikan melalui RumahUMKM.Net dan GetAsean.Com ketika produk tersebut berorientasi ekspor.

Konsultasi gratis kami berlaku bagi semua UMKM Jawa Tengah, baik yang sudah menjadi anggota Kadin Jateng karena telah merasakan benefitnya atau yang belum menjadi anggota Kadin Jateng. Untuk yang sudah menjadi anggota Kadin Jateng, Kadin Jateng selalu menggelar pameran produk bagi para anggotanya.

Ke depan ini Rumah UMKM, berdasarkan fakta nyata di lapangan ketika kurasi kemasan produk UMKM di daerah-daerah, akan menggagas lahirnya Rumah "Kemasan" UMKM bersama dengan konsep One Stop Shopping, dimana di belakang kami telah kami persiapkan produsen kemasan asli Jawa Tengah yang telah berkelas internasional.

Juga terkait kendala pengembangan usaha ke depan, Rumah UMKM juga telah menggagas konsep Rumah "Investasi" UMKM yang saat ini salah satu investor kami telah mencoba berinvestasi kepada usaha UMKM di Kabupaten Temanggung. Produk yang telah dikucurkan investasinya adalah produk kopi Temanggung. Salah satu alokasi investasi adalah pada kemasan produk yang selalu menjadi titik krusial dari produk UMKM.

Untuk program-program kami ke depan ini, kami berharap dari pemerintah juga bisa mendukung dan bersinergi agar upaya-upaya kami menjadi lebih mudah.