Laman

  • Home

Selasa, 19 April 2016

Pelatihan Aplikasi Teknis Pengembangan Pemasaran Produk Kerajinan UMKM

Selasa 19 April 2016 di Hotel Grand Saras, Jl. Singosari Raya No.81A, Pleburan, Semarang, Rumah UMKM mendapatkan jadwal memberikan materi dasar pemasaran untuk UMKM. Karena kebetulan kami ini seorang praktisi marketing maka kami memberikan materi dasar, tips dan best practise pemasaran untuk UMKM.

35 peserta dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah ini akan mendapatkan fasilitas website dan domain gratis dari pemerintah setelah acara pelatihan ini. Pemberian fasilitas ini bertujuan untuk peningkatan sarana promosi produk mereka di dunia online.

Dalam 1 jam presentasi kami malam itu, terlihat peserta sangat antusias dengan tips dan contoh-contoh pengalaman yang kami berikan kepada mereka berdasarkan pengalaman kami di pemasaran selama 20 tahun. Sayang saat sesi tanya jawab hanya beberapa UKM yang bisa kami layani karena keterbatasan waktu.




Sekilas Materi Pembekalan Dari Kami

Beberapa kutipan penting dalam presentasi kami malam itu: 

"Pemasaran bukanlah seni kelicikan yang memisahkan konsumen yang waspada dari uang kembaliannya" - Theodore Levitt, Marketing for Business Growth 

Bahwa ilmu marketing bukanlah ilmu yang mengajarkan suatu kelicikan kepada customernya melainkan ilmu bagaimana menjelaskan apa yang anda lakukan dan bisa anda lakukan untuk customer.

Pada pembekalan ini kami sangat menekankan bagaimana UMKM bisa mengenali pasarnya, mengetahui segmen yang akan dibidik dan menentukan target pasar yang akan dipilihnya. Positioning mengajarkan mereka membuat umpan yang tepat untuk target pasarnya.


 
Bagaimana seorang pemasar yang handal mampu melihat "value" dari need pelanggan, adalah hal yang paling penting bagi seorang pemasar dan perlu selalu diasah dengan pengalaman dan referensi best practise dari para praktisi berpengalaman.

Pada kesempatan pembekalan ini pula, kami mengingatkan beberapa hal penting bagi UMKM sebelum melakukakn kegiatan pemasaran.



Dalam pembekalan ini, pemasaran online juga menjadi penekanan materi karena saat ini UMKM juga dituntut untuk akrab dengan teknologi informasi apalagi dalam era global saat ini. Akses informasi yang cepat berbasis teknologi sudah menajadi kebutuhan dari UMKM dalam pengembangan bisnisnya. Sudah bukan saatnya UMKM melakukan pemasaran dengan cara yang tradisional sementara pesaing-pesaing kita di luar negeri sudah memanfaatkan teknologi. 

Kami juga sempat memberikan metode praktis membuat outline strategi pemasaran sederhana bagi UMKM sebagai panduan dasar dalam menentukan strategi pemasaran produknya.