Laman

  • Home

Rabu, 20 April 2016

Ingat, Pelaku UMKM Harus Selalu Sehat





Maaf kami harus mengingatkan hal ini, karena melihat dan mengalami sendiri betapa perjuangan membangun sebuah usaha dari para pelaku UMKM sungguh sangat berat dan membutuhkan modal fisik dan mental yang luar biasa.

Dalam memulai usaha dan mempertahankan kelangsungan usaha, pelaku UMKM dituntut untuk selaku berpikir positif dan kreatif disamping bekerja melebihi batas waktu. Hal ini bisa berlangsung berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, dan butuh fisik dan mental yang prima untuk melaluinya. Inilah apa yang disebut kawah candardimuka, atau dengan kata lain masa penggemblengan jiwa dan raga untuk menjadi seorang entrepreneur.

Jer Basuki Mawa Bea, Kejayaan itu Membutuhkan Pengorbanan. Bukan hanya sekedar harga, waktu, tenaga dan pikiran tetapi juga butuh sebuah kesabarann dan rasa syukur yang besar.

Banyak UMKM yang datang kepada kami dengan berbagai keluhan, yang seolah mereka mengalami hal itu sendiri, padahal di luar sana banyak orang mengalami hal yang sama. HeHe Semua berjuang, berjuang memperbaiki nasib dan berjuang mempertahankan kehidupannya.

UMKM Jangan Sakit

Perjuangan yang berat dalam memulai dan mempertahankan kelangsungan usaha seringkali membuat pelaku UMKM melupakan arti penting sebuah kesehatan. Sering mereka lupa, bahwa asset usaha mereka yang paling penting adalah KESEHATAN !

Lupa makan, pola makan tidak teratur dan asal makan merupakan tantangan yang sering diabaikan oleh pelaku UMKM ketika fokus mereka sudah terkunci dengan kepetingan usahanya. Kelengahan mereka ini bisa mengakibatkan kesalahan yang fatal terhadap fisik mereka, dan pada akhirnya akan berpengaruh pada usahanya.

Banyak saya menyaksikan betapa usaha pelaku UMKM harus surut kembali karena pelakunya sedang jatuh sakit untuk jangka waktu yang agak panjang. Seolah upayanya yang panjang dengan investasi waktu, tenaga dan pikiran jadi tidak berarti ketika dia harus berbaring sakit.

Dengan tulisan ini kami ingin mengingatkan bahwa kesehatan adalah asset dan modal penting dalam usaha, oleh karena itu pelaku UMKM harus mengusahakan keseimbangannnya.

Teman-teman, jaga kesehatan dan perhatikan pola dan waktu makan !