Laman

  • Home

Minggu, 17 April 2016

Foto Selfie Sudah Biasa, Patung Selfie ?

Ngobrol dengan anak-anak muda kreatif memang bisa memicu kreavitas ide saya. Membayangkan foto selfie bisa begitu booming, maka saya pun berpikir bahwa jika ada yang bisa patung selfie tentunya pasti juga menarik konsumen. 

Jika foto selfie bisa dilakukan sendiri, tetapi patung selfie pasti membutuhkan ahli yang bisa menggarapnya, baik murni manual maupun dengan sentuhan teknologi 3D, baik dalam desain maupun dalam pembuatannya.

Apakah ini mungkin ? Pasti mungkin, karena saat ini teknologi sudah merambah ke arah sana dengan adanya printer 3D. Bahkan UMKM kami yang untuk mengerjakan item ini pun telah siap support kami untuk produk seperti ini, meskipun pasti butuh waktu untuk belajar dan mengasah ketrampilannya.

Patung Wajah, Patung Selfie

Dibutuhkan kemampuan khusus untuk menghasilkan karya yang satu ini, baik dari sisi ketrampilan produsennya (seniman) maupun teknologi yang mendukungnya. Untuk kebutuhan teknologi, rekanan kami di Semarang telah memiliki peralatan canggihnya, yaitu sofware dan printer 3Dnya. Nah untuk finishing produk ini menyerupai aslinya, pastilah kami butuh seoran seniman (produsen) yang memang ahli dalam seni 3D ini. Pengenalan produsen atas bahan baku yang bisa dipakai mulai dari serbuk batu, lateks, lilin, resin dan sebagainya sangat dibutuhkan.

Termasuk kemampuan mereka dalam mereproduksi produk ini menjadi beberapa item yang sama persis juga merupakan kemampuan yang mendasar. 

Kami telah ngobrol santai dengan para UKM binaan kami dari IKITAS dan seniman lepas untuk mewujudkan karya semacam ini, dan mereka siap untuk belajar dan mewujudkan impian ini. Coba bayangkan jika patung selfie ini menghiasi ruang kerja atau rumah anda, pasti akan ada "sesuatu yang lain" karena bukan hanya sekedar foto atau lukisan.


Patung wajah yanga sangat mirip dengan aslinya.

Patung beberapa wajah.

Wow, yang ini luar biasa ukurannya.

Patung manusia yang sangat mirip aslinya, butuh seniman yang handal.

Patung wajah untuk dekorasi, bisa digarap dengan printer 3D.

Topeng Wajah

Topeng wajah, ketika ekspresi anda hari ini membosankan.

Ini bukan magic, ini adalah topeng wajah yang mirip aslinya.
Kami yakin bahwa karya ini juga akan menjadi luar biasa di masa mendatang, meskipun untuk pemasarannya pasti kami perlu effort yang lebih. Tetapi bukankah banyak eksekutif muda dan tokoh-tokoh yang butuh aktualiasasi diri butuh karya seperti ini ? Kita lihat saja nanti ketika ada satu produk dari UMKM kami yang bisa kami jadikan prototype untuk penjualannya.

Progress UMKM Kami Saat Ini

Saat ini, UMKM kami yang berasal dari Salatiga ini sedang mengasah ketrampilannya dalam memanfaatkan berbagai bahan baku dan final finshingnya, sementara bagian mastering yang membutuhkan ketrampilan paling penting akan kami kombinasikan dengan pemanfaatan teknologi komputer grafis 3D dan printer 3D yang nantinya tetap akan difinalisasi oleh seniman yang ahli.

UMKM binaan kami ini sadar benar bahwa produk ini pasti menghasilkan tantangan pemasaran yang luar biasa, tetapi bukankah produk seni memang demikian adanya ? Selama ini produk-produknya memang masih mengarah kepada lukisan 3D (relief) tetapi dasar-dasar pembuatan produk patung 3D ini sudah ada sejak awal.

Mahalnya bahan baku juga merupakan kendala bagi UMKM kami, sehingga kami perlu mencoba beberapa alternatif solusi karena untuk R&D produk ini pasti membutuhkan biaya yang tidak ringan. Tetapi untuk peralatan dan teknologi sudah didukung peralatan dari IKITAS Semarang.

Semoga awal perjalanan ini bisa tetap terus dibantu motivasi yang tinggi, agar UMKM binaan kami tetap terus belajar tanpa harus mengganggu kegiatan rutinnya. Kami tetap akan terus mendampingi UMKM ini sampai bisa mewujudkan cita-citanya.  Semoga ada investor yang berminat membantunya.