Laman

  • Home

Selasa, 12 April 2016

Applikasi Sistem Informasi UMKM Untuk Android

UMKM yang kami bina tidak hanya UMKM produsen dan UMKM pemasar (pedagang) melainkan juga UMKM teknologi yang kami coba bina dalam bidang pemasarannya. Apa yang mereka produksi adalah produk-produk yang berbasis teknologi seperti multimedia, comic digital, games, applikasi dan sebagainya.

Tujuan dari pembinaan kami adalah mempersiapkan support teknologi kepada UMKM maupun juga kepada instansi pemerintah yang menaungi pembinaan UMKM di Jawa Tengah. Kami harapkan bahwa dukungan ini bisa secara bertahap mengarahkan pemanfaatan teknologi digital dalam setiap aspek pembinaan UMKM di Jawa Tengah. UMKM Jawa Tengah harus mulai akrab dengan teknologi jika ingin bersaing global, karena dengan teknologi mereka bisa melakukan akses informasi dengan cepat dan mendapatkan edukasi dengan mudah di internet.

Salah satu UMKM binaan kami saat ini sedang mengembangkan applikasi berbasis android untuk sistem informasi. Informasi ini meliputi database UMKM, produk UMKM dan juga fitur-fitur promosi dan pemasarannya. Dengan cara ini, calon pelanggan bisa dengan mudah mendownload informasi melalui smartphone mereka dan mulai menjelajah produk UMKM di Jawa Tengah melalui gadget mereka dengan praktis sampai dengan pemesanan barangnya. Jika untuk kunjungan, applikasi juga menyediakan fitur panduan peta lokasi.

Display Applikasi Sistem Informasi UMKM

Berikut adalah demo dari UMKM binaan kami ketika mempresentasikan applikasi tersebut kepada kami:











Siimulasi di atas memperlihatkan kepada kita betapa pentingnya akses datebase UMKM produsen. 

Appkasi ini sungguh sangat bermanfaat bagi Dinas Koperasi & UMKM Jawa , Dinas Perindustrian & Perdagangan Jawa Tengah serta BAPPEDA Jawa Tengah dalam memanfaatkan teknologi android untuk mempermudah akses kepada UMKM binaan kami, karena semua informasi telah dikumpulkan dalam datebase. Applikasi yang kami sajikan di atas masih berupa "dummy", hanya sekedar menampilkan fitur-fitur dan profile dari produsen dan pengelola.

Applikasi ini diciptakan agar teman-teman UMKM merasa bahwa berpromosi itu memang lebih murah dan mudah selain kesibukan kami menyaksikan dalam menyaksikan pertandingan olah raga.. Kami pun berharap bahwa instansi terkait berkesempatan melirik produk applikasi UMKM binaan kami dan langsung menerapkannya dalam berbaga kebijakan.

Dengan cara penerapan applikasi di Android, semua laju informasi jauh lebih cepat daripada sebelumnya bahkan termasuk bagaimana calon pelanggan mengakses informasi produk Jawa Tengah, termasuk fitur promosi dan pemasarannya jadi lebih menonjol.