Laman

  • Home

Minggu, 03 April 2016

2 Cita-Cita Kami : Rumah "Kemasan" UMKM dan Rumah "Investasi" UMKM

Investasi Untuk UMKM


Setelah 2 tahun ini TTIC mengelola Rumah UMKM dan 1 tahun mengelola RumahUMKM.Net selaku media informasi pendukungnya, maka kami ingin membangun sesuatu yang saat ini ini paling dibutuhkan oleh teman-teman UMKM dalam rangka naik kelas. Apa yang menjadi cita-cita kami tersebut adalah memiliki Rumah "Kemasan" UMKM dan Rumah "Investasi" UMKM dan saat ini sedang kami perjuangkan.

Rumah "Kemasan" UMKM

Sudah banyak sekali pemerintah daerah melalui instansi-instansi terkait dan juga lembaga-lembaga lain yang sangat peduli dengan pembinaan UMKM membangun pusat desain kemasan atau rumah kemasan. Ada yang bisa berjalan baik, ada juga yang putus di tengah jalan. Apa yang menjadikan mereka putus di tengah jalan ini yang kami selalu amati dan cermati, beberapa di antaranya adalah karena program ini berdasarkan anggaran pemerintah dan yang kedua mereka tidak "one stop shopping" alias tidak didukung oleh manufaktur kemasan yang handal. Mereka hanya fokus pada desain, tetapi tidak diltindak lanjuti dengan produksi kemasannya.

Kami tidak ingin mengulang kesalahan ini, dan kami ingin program ini memberikan layanan "one stop shopping" melalui kerjasama kami dengan manufaktur kemasan besar yang berskala internasional, tetapi masih mau peduli dengan keterbatasan kemampuan dari UMKM. Kami menginginkan mitra kerjasama yang memiliki kemampuan luas dalam berbagai kebutuhan kemasan, disamping juga mau memberikan layanan desain dan bimbingan teknis kemasan.

Program ini meliputi edukasi kemasan oleh Rumah UMKM berupa seminar atau workshop, dengan nara sumber dari Rumah UMKM maupun dari mitra manufaktur kami yang lebih mengetahui applikasi teknis di lapangan. Semua desain yang akan kami lakukan dan kurasi akan ditindaklanjuti dengan kegiatan produksi kemasan oleh mitra manufaktur kami, yang tentunya sudah kami pahamkan mengenai keterbatasan kemampuan UMKM. 

Selain itu, Rumah UMKM yang fokus pada promosi dan pemasaran produk UMKM telah mempersiapkan strategi pemasaran bagi para UMKM yang telah mengggunakan kemasan dari mitra manufaktur kami.

Keterbatasan kemampuan UMKM dalam hal investasi kemasan (keterbatasan finansial) sudah kami pertimbangkan dengan strategi "template kemasan" yang bisa dikeroyok oleh beberapa UMKM secara gabungan pembelian produk kemasan. Di samping itu, dengan program pasangan dari Rumah "Investasi" UMKM, mitra investor kami telah siap bekerjasama dengan UMKM yang memiliki produk prospektif untuk mendanai produksi, pemasaran dan pengadaan kemasan bagi UMKM.

Rumah "Investasi" UMKM

Selama perjalanan pembinaan UMKM yang dilakukan Rumah UMKM, beberapa investor telah menyatakan dukungannya kepada program kami dengan cara berinvestasi kepada usaha skala UMKM yang memiliki prospek ke depan yang bagus. Mereka siap menggelontorkan dana investasi beserta konsekwensi investasinya.

Oleh sebab itu dalam beberapa kali tulisan saya, saya mengingatkan kepada pelaku UMKM untuk belajar membuat konsep bisnis dan bisnis plan yang "sexy" bagi investor agar mereka tertarik untuk mendanai "pengembangan" usaha di masa mendatang. Saya juga selalu mengingatkan bahwa modal usaha tidak harus dari perbankan, masih ada peluang dari investor yang tentunya mau mengambil resiko dalam investasinya.

Produk-produk sederhana dan kreatif dan memiliki masa depan yang bagus merupakan produk-produk yang dicari oleh investor; seperti produk gula cair dari binaan kami, produk minuman herbal berfermentasi dan sebagainya.

Saat ini sudah ada beberapa penawaran dari investor dan distributor nasional yang meminta kami untuk membantu mereka mendapatkan usaha atau produk skala UMKM yang bisa bekerjasama dengan mereka. 

Salah satu pilot project dari mitra investor kami adalah produsen kopi di Temanggung, yang saat ini juga telah memesan kemasan produknya kepada calon mitra kemasan kami. Semua akan saling terkait dan saling mendukung. 

Itulah kedua cita-cita kami dalam memajukan UMKM di Jawa Tengah, semoga dalam tahun ini secara resmi program tersebut bisa kami gulirkan dan segera bisa membantu memberikan solusi kepada teman-teman UMKM di Jawa Tengah.