Laman

  • Home

Selasa, 08 Maret 2016

Sharing Dari Dream : 8 Cara Agar Karyawan Tetap Loyal Kepada Perusahaan

8 Cara Agar Karyawan Tetap Loyal Pada Perusahaan
Loyalitas Karyawan
 
Kondisi ekonomi yang membaik membuat banyak perusahaan menawarkan berbagai kompensasi untuk manarik karyawan berkualitas.

Dream - Daftar alasan mengapa orang berhenti dari pekerjaan mereka bisa panjang. Bisa saja karena tidak bisa bekerja dengan tim di kantor, ada perbedaan yang tidak dapat diselesaikan dengan manajemen atau bos, ada tawaran pekerjaan yang lebih baik, atau hanya karena pindah ke kota lain.

Namun perusahaan perekrutan Robert Half International dalam survei tahun 2014 mengungkapkan ada delapan alasan utama untuk 'memaksa' karyawan untuk tidak berhenti dari pekerjaannya. Apa saja? Berikut caranya, seperti dikutip dari Emirates 247, Jumat, 24 April 2015.
 
Kompensasi dan Manfaat

Gaji merupakan komponen penting untuk mempertahankan karyawan dan mungkin yang paling penting membuat mereka tidak beralih pekerjaan.

Survei Robert Half menunjukkan ini adalah faktor utama yang akan membuat mereka loyal pada perusahaan. Gaji dengan tunjangan semakin penting sekarang. Masalahnya, perekonomian semakin membaik dan banyak perusahaan yang tidak tanggung-tanggung menawarkan fasilitas tambahan untuk menarik karyawan agar betah.

Keseimbangan Kehidupan dan Pekerjaan

Menurut survei Robert Half, selain uang, karyawan juga mencari keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan yang baik. Sebuah survei sebelumnya oleh portal pencari kerja Bayt.com juga membuktikan hal yang sama.

Sebuah survei yang dirilis oleh Bayt tahun lalu menyatakan bahwa 75 persen responden di Uni Emirat Arab (UEA) percaya bahwa keseimbangan dalam kehidupan dan pekerjaan yang baik tidak hanya akan menjamin mereka tetap loyal, namun juga merupakan sumber yang sangat penting bagi motivasi. Sementara 60 persen mengklaim bahwa perusahaan mereka saat ini menawarkan dukungan untuk mendapatkan hal ini.

Budaya Perusahaan atau Lingkungan Kerja

Membangun lingkungan kerja yang kuat mendorong karyawan untuk tetap bertahan. Ini masuk dalam salah satu faktor karyawan UEA agar mereka tetap bekerja dan loyal pada perusahaan tempat mereka bekerja.

Pemimpin atau bos yang ingin mempertahankan orang-orang berbakatnya harus pintar dalam menyediakan lingkungan kerja yang bagus dengan strategi jangka panjang sebagai investasi karyawan mereka.

Perusahaan terkemuka, yang masuk dalam Daftar The Great Place to Work Institute, selalu berusaha menciptakan lingkungan kerja yang baik untuk meningkatkan loyalitas, produktivitas, dan mengurangi biaya.

Hubungan Sesama Karyawan yang Baik

Bekerja di lingkungan yang kondusif dengan hubungan pertemanan yang baik juga sangat penting untuk menjaga  karyawan tetap betah di perusahaan.Hubungan interpersonal di tempat kerja dapat mendorong karir seseorang dan menghasilkan kepuasan kerja.

Hubungan kerja yang baik juga menyebabkan kesejahteraan pribadi yang timbul karena punya hubungan interpersonal yang positif. Dan, ini adalah alasan mengapa survei Robert Half menempatkan faktor ini sebagai salah satu yang penting yang membuat karyawan betah dalam pekerjaan mereka.

Peningkatan Karir

Karyawan yang merasa tidak berkembang karena tidak diberi kesempatan, pada akhirnya akan memutuskan untuk pindah kerja.Menurut Robert Half dan banyak perusahaan perekrutan lainnya banyak orang akan meninggalkan perusahaan jika karir mereka berjalan lambat.

Perusahaan perlu memastikan bahwa karyawan diberikan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan diri dan karier mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan mereka pelatihan, menawarkan bantuan untuk mengembangkan diri dan promosi.

Brand atau Reputasi Perusahaan

Mengelola reputasi perusahaan mungkin tidak berada di atas daftar tetapi merupakan faktor penting. Jika brand atau reputasi perusahaan terkenal atau meningkat, karyawan akan bangga dan loyal dalam bekerja.

Namun jika reputasi menurun, begitu juga dengan karyawan. Mereka akan mempertimbangkan untuk pindah kerja ke perusahaan yang lebih bagus.

Perkembangan Bisnis atau Peluang

Performa dan bisnis perusahaan juga ikut memengaruhi kesetiaan seorang karyawan.

Jika bisnis perusahaan menyusut sudah dipastikan akan berdampak pada karyawan. Sebaliknya, jika bisnis lancar dan banyak proyek didapat, karyawan akan punya kesempatan berkembang secara profesional dan finansial.

Kepemimpinan yang Menginspirasi

Ada hubungan langsung antara kepemimpinan yang menginspirasi dan loyalitas karena keduanya memiliki dampak besar pada keterlibatan dan komitmen karyawan.

Pemimpin yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang-orang di bawahnya dapat memberi motivasi karyawan untuk bekerja lebih keras dan mencintai pekerjaan mereka.

Pemimpin seperti itu mampu mendorong karyawan untuk mencapai tujuan mereka, memaksimalkan kemampuan mereka, serta mengatasi kelemahan mereka. Dalam jangka panjang hal ini bisa membuat karyawan bahagia, yang berarti mereka kemungkinan besar akan loyal pada perusahaan.