SEO Sederhana RumahUMKM.Net

Alexa Rank - RumahUMKM.Net

Sekilas Mengenai RumahUMKM.Net

Perkembangan blog ini akhir-akhir ini membuat kami sendiri pun kurang percaya bahwa bisa mencapai Alexa Rank sebagaimana tersebut di atas. Untuk ukuran situs baru, pencapaian ini cukup luar biasa karena kami masih kelola blog ini sendiri disamping kesibukan kami  melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM di Semarang dan Jawa Tengah.

Saat itu kami hanya peduli bahwa apa yang saya tulis di blog kami tersebut adalah informasi dan berita yang kami lakukan dalam pembinaan UMKM dan juga edukasi-edukasi yang kami rasa dibutuhkan oleh UMKM. Tujuan kami membuat blog ini adalah karena keterbatasan jangkauan kami, maka kami membuat blog yang bisa diakses oleh UMKM di seluruh Jawa Tengah baik melalui internet komputer maupun melalui smartphone.

Dan alhamdulillah, saat ini rekan-rekan UMKM di berbagai daerah di Jawa Tengah sudah mengenal RumahUMKM.Net sebagai wacana edukasi yang bisa mereka akses setiap saat melalui smartphone mereka. Luar biasanya lagi, ternyata situs ini saat ini sudah banyak diakses oleh UMKM-UMKM di luar propinsi Jawa Tengah, karena memang materinya juga bisa bermanfaat bagi mereka. Bahkan banyak pembaca lain dari kalangan perusahaan besar, investor dan distributor yang peduli terhadap UMKM juga mulai membaca situs ini untuk melihat peluang-peluang yang ada di Jawa Tengah.

Ya, setidaknya situs ini bisa memberikan banyak manfaat bagi berbagai pihak kami sudah sangat bangga dan semoga ke depannya situs ini bisa kami kembangkan menjadi lebih baik.

SEO Sederhana

Terkait dengan promosi situs ini, terus terang kami bukanlah ahli SEO atau marketing digital. Kami hanyalah orang yang peduli dengan "update content" yang konsisten dan "komunikasi" update kami melalui sosial media yang kami miliki. Sebagai orang yang bukan ahli di bidang SEO, kami lakukan apa yang kami bisa untuk bisa sampai pada pencapaian di atas.

Tujuan kami hanya sederhana, yaitu: selalu muncul di "halaman pertama" di google search saat orang mengetikkan key tertentu yang terkait dengan UMKM. Oleh sebab itu kami selalu berusaha keras mencapainya, setidaknya untuk beberapa key word dan selanjutnya akan kami perjuangkan untuk key word yang lain.

Konten Yang Bermanfaat Bagi Audiens

Kami percaya bahwa pembaca kami butuh konten yang mereka cari, oleh sebab itu setiap ada berita terkini terhadap kebutuhan UMKM maka kami akan segera "upload" konten yang terkait dengan hal tersebut.

Konsistensi update konten adalah modal kami untuk memperlihatkan bahwa situs kami aktif, sehingga menarik pembaca untuk selalu mengikuti situs kami karena kami selalu update.

Komunikasi Pasar

Setelah konten kami update maka selanjutkan akan kami bagikan melalui sosial media kami, yang selalu kami kembangkan juga audiensnya, agar info update ini menyebar. Beberapa sosial media yang kami pakai adalah facebook, linkedin, google+, twitter dan lain-lain.

Bagi kami semakin banyak yang tahu dan share akan semakin membuat situs kami dikenal orang, dan kami senang sekali ketika ada "feed back" dari pembaca kami baik itu pertanyaan, kritikan maupun koreksi.

Respon Audiens

Respon audiens adalah kontrol pembaca terhadap situs kami, yang selalu kami butuhkan dalam meningkatkan materi kami di masa mendatang. Respon terhadap audiens kami upayakan secepat mungkin agar audies tidak merasa bahwa situs ini "ditinggalkan" oleh adminnya. Kami selalu check respons audiens kami.

Berita gembiranya dengan perkembangan ini adalah bahwa beberapa produk dan produsen yang kami unggah di situs ini bisa dengan cepat mendapatkan tanggapan dari para peminat (buyer), bahkan beberapa diantaranya sudah terjadi transaksi. Bahkan ada beberapa distributor nasional yang tertarik dengan produk UMKM meminta kepada kami untuk membina produsen tertentu untuk bisa disuplly kepada mereka.

Kami akan terus berupaya agar situs ini semakin dekat dengan UMKM dan juga dengan peminat produk UMKM Jawa Tengah.


Komentar