Laman

  • Home

Senin, 14 Maret 2016

MaxManroe.Com: 6 Tips Mudah dan Sederhana Sukses Menjalin Networking Bisnis

Menjalin Networking Bisnis

Dalam bisnis, networking atau jaringan adalah hal penting yang tak bisa disepelekan. Bahkan menurut beberapa pakar bisnis, networking memiliki porsi 60% untuk menjadikan sebuah usaha atau bisnis menjadi sukses. Maka jika Anda seorang pebisnis, Anda mau tak mau memang harus memiliki jaringan atau networking yang luas dan baik.

Namun sayangnya banyak pebisnis yang kesulitan untuk membangun networking bisnis yang baik dan luas. Untuk menjadikan Anda mudah dalam menjalin networking, Anda bisa melakukan 6 hal berikut ini :

1. Ingat Selalu Nama Mitra Bisnis 

Hal pertama dan krusial saat Anda menjalin hubungan atau networking dengan orang lain adalah selalu mengingat nama orang tersebut. Setelah Anda saling berkenalan, ingat-ingat lah terus nama mitra bisnis Anda tersebut. Jika terdengar kurang jelas, Anda bisa memintanya untuk mengulang namanya dengan awalan meminta maaf terlebih dahulu.

Nama adalah sesuatu yang sangat penting bagi semua orang, termasuk Anda, saya dan orang lain. Maka jangan sampai Anda lupa nama partner networking bisnis Anda atau juga salah sebut namanya. Anda tentu tidak ingin kan kalau nama Anda salah disebut orang lain? maka orang lain pun juga sama tidak mau namanya salah disebut. Dengan selalu mengingat nama partner networking kita dengan jelas, maka Anda akan dipandang sebagai orang yang menyenangkan karena Anda dianggap menghargai, perhatian dan serius dalam membangun networking bisnis.

2. Berikan Perhatian Penuh

Saat Anda mulai melakukan pembicaraan, dan partner networking Anda sedang berbicara, fokuskan perhatikan Anda pada partner bisnis Anda tersebut. Tujukan pandangan Anda pada partner Anda tersebut saat ia berbicara secara wajar dan tak berlebihan tentunya. Yang penting fokus pandangan Anda tak boleh pada hal lain.

Anda tak perlu malu dan merasa aneh, karena perhatian yang Anda berikan pada partner networking Anda akan memberikan kesan bahwa Anda memang berminat dan serius untuk bermitra dengannya. Perhatian penuh yang Anda berikan tersebut juga akan membuat partner Anda sebagai orang yang paling penting bagi Anda. Dengan nuansa yang sudah tercipta sedemikian rupa inilah maka proses networking bisnis akan berlangsung mudah dan lancar.

3. Jangan Menyela Pembicaraan

Salah satu cara berikutnya untuk Anda mudah dalam menjalin networking adalah dengan tidak menyela pembicaraan yang sedang berlangsung. Kenapa? Kebanyakan orang memang tidak suka saat pembicaraannya dipotong dalam sebuah pembicaraan.

Maka untuk itu ketika Anda sedang melakukan obrolan dengan partner networking, usahakan dengarkan dulu sampai selesai pembicaraan partner Anda. Jangan sekali-kali menyela saat mereka belum benar-benar selesai berbicara, meskipun Anda tahu bahwa yang dibicarakan partner Anda itu salah dan Anda punya pemikiran lain yang lebih benar.

4. Ajukan Pertanyaan dan Pernyataan Yang Relevan

Nah saat Anda benar-benar mendapat giliran bicara, Anda juga tak bisa bicara sekenanya dan semau Anda sendiri. Ada hal-hal dari sebuah pembicaraan yang bisa meningkatkan jalinan networking Anda dan juga sebaliknya. Salah satu pembicaraan yang bisa Anda mulai untuk itu adalah dengan mengajukan pertanyaan dan pernyataan yang relevan, sesuai atau berhubungan dengan tema yang sedang dibahas.

Dengan pertanyaan dan pernyataan yang sesuai atau relevan dengan tema, Anda akan dianggap mengikuti pembicaraan partner networking Anda dari awal hingga selesai. Dengan demikian, partner networking Anda akan suka pada hal ini dan jaringan bisnis Anda akan terus selalu terjalin dengan baik .

5. Tindak Lanjut/ Follow Up

Setelah pembicaraan telah berakhir, jangan lupa untuk melakukan tindak lanjut atau Follow up. Ini penting karena dengan follow up, Anda bisa terus berhubungan dan menjalin ikatan networking bisnis dengan rekan kerja atau mitra bisnis Anda tadi. Pastikan follow up yang Anda tawarkan tak berlangsung terlalu lama dengan saat pembicaraan tadi.

Usahakan pula anda menepati janji yang telah Anda buat dengan mitra bisnis Anda saat menawarkan follow up. Saat Anda benar-benar menghubungi kembali (follow up) sesuai janji Anda saat itu, Anda akan dipandang oleh rekanan Anda sebagai orang yang serius dan kredibel.

6. Tersenyumlah

Tips terakhir adalah usahakan jangan lupa untuk selalu tersenyum kepada partner bisnis Anda terutama pada momen bertemu dan berpisah dengan jabat tangan. Berikan senyuman yang tulus dan baik saat itu kepada mitra bisnis Anda. Senyuman memang merupakan senjata sederhana namun efektif untuk membangun hubungan atau networking bisnis.