Laman

  • Home

Selasa, 15 Maret 2016

Kukrit Suryo Wicaksono, CEO Suara Merdeka Ini Sangat Peduli Dengan Pemasaran Produk UMKM


Kukrit Suryo Wicaksono, CEO Suara Merdeka
Sosok eksekutif muda ini sudah tidak asing lagi di Jawa Tengah, selain menjabat sebagai CEO Suara Merdeka, pengusaha muda ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Jawa Tengah (Chairman of Central Java Chamber of Commerce & Industry). Sebagai pucuk pimpinan sebuah perusahaan media terbesar di Jawa Tengah, posisi beliau sangat strategis dalam memasarkan dan mempromosikan produk-produk unggulan Jawa Tengah. 

Kiprah Kukrit Suryo Wicaksono selaku Ketua Umum Kadin Jateng pun patut diperhitungkan karena telah membawa Kadin Jawa Tengah menjadi Kadin Propinsi Terbaik di Indonesia. Bahkan Kadin Jawa Tengah ini dianggap sebagai Kadin yang "hyperaktif" karena program-program kerjanya seperti Edu Kadin, yang nantinya akan dijadikan percontohan kadin nasional, pemeran-pameran UMKM, eCommerce yang juga akan dijadikan percontohan nasional benar-benar mampu menjadi program kerja yang mapan. 

Ide membuat program Rumah UMKM untuk memberikan konsultasi promosi dan pemasaran produk UMKM juga merupakn salah satu solusi dalam memecahkan permasalahan mendasar UMKM di Jawa Tengah. Sinergitas Rumah UMKM dengan intansi-instansi terkait membuat eksistensi program pembinaan UMKM oleh Kadin Jawa Tengah menjadi lebih nyata.

Pemasaran Produk UMKM

Terlahir dari keluarga media, Kukrit Suryo Wicaksono (KSW) tahu benar bagaimana mempromosikan produk Jawa Tengah baik melalui media yang dimilikinya maupun melalui media lain. Upaya-upaya pemasaran produk UMKM terus dilakukan saat lawatan ke luar negeri ataupun saat menjamu tamu dari luar negeri. Pemasaran produk UMKM seakan selalu menjadi agenda utama dalam setiap lawatan dan menerima kunjungan.

Ketika dipahami benar bahwa permasalahan mendasar adalah pemasaran, maka KSW lantas menggagas munculnya eCommerce yang bertujuan mengekspor produk-produk UMKM Jawa Tengah ke luar negeri. Gagasan lain yang tidak kalah pentingnya adalah membangun jaringan aktif Kadin-Kadin di seluruh dunia guna mendukung pemasaran produk UMKM Jawa Tengah.

Sebagai mitra strategis dari instansi-instansi yang terkait dengan pembinaan UMKM di Jawa Tengah, peran Kadin harus semakin kuat dalam ambil bagian dalam pembinaan UMKM dengan mengambil fokus kepada pemasaran produk UMKM. Rumah UMKM selalu siap mendampingi instansi terkait dalam mengedukasi UMKM dalam bidang kemasan, pemasaran offline dan online, eCommerce dan lain sebagainya.

Kadin Jawa Tengah pun secara aktif mendorong dan memotivasi Kadin Kota/Kabupaten di Jawa Tengah untuk turut aktif dalam membina UMKM di daerahnya. Kadin memang harus hadir sampai ke daerah kota dan kabupaten, agar ikatan emosional antara UMKM dan Kadin semakin erat. Untuk ke depan, Rumah UMKM akan semakin aktif bekerjasama dengan Kadin Kota/Kabupaten dalam mendata UMKM di masing-masing daerah, mendata kebutuhan pengembangannya, melakukan edukasi bersama dengan Kadin Daerah dan instansi terkait di daerah dan memasarkan produk melalui chanel-chanel pemasaran yang telah kami miliki selain melalui GetAsean.Com.