Laman

  • Home

Senin, 29 Februari 2016

Kadin Jateng, Mitra Strategis Pengembangan Ekonomi Daerah

Rapat Kerja Kamar Dagang & Industri Jawa Tengah 2016

Kadin Jateng Merupakan Mitra Strategis Pengembangan Ekonomi Daerah


Rapat kerja Kadin Jawa Tengah tahun 2016 di Menara Suara Merdeka menyiratkan konsentrasi Kadin Jawa Tengah terhadap pembinaan dan pengembangan UMKM di Jawa Tengah bersama dengan pemerintah provinsi Jawa Tengah beserta pemerintah-pemerintah daerah di Jawa Tengah. 

Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono, juga memberikan arahan untuk membuka pelatihan-pelatihan Edu Kadin di daerah. Rencananya ada 4 Kadin Daerah yang akan dijadikan percontohan Kadin Daerah lain di Jawa Tengah, untuk menggelar pelatihan-pelatihan. Beliau menambahkan bahwa hanya Kadin Jawa Tengah yang memiliki program pelatihan berkesinambungan dibandingkan Kadin-Kadin di provinsi lain di Indonesia. Bahkan program Edu Kadin akan dijadikan acuan program Kadin Indonesia untuk menggelar pelatihan-pelatihan berskala nasional, yang tentunya akan digelar di Semarang.

Selain Edu Kadin, program lain yang akan mendapatkan dukungan dari Kadin Indonesia adalah e-Commerce GetAsean.Com yang sedang dipelajari dan digodog untuk di-nasionalkan oleh Kadin Indonesia karena dinilai sebagai lompatan besar bagi kinerja Kadin di Indonesia. GetAsean.Com juga akan menjadi proyek percontohan untuk menggenjot pertumbuhan ekspor dari sisi UMKM.


Kepedulian Kadin Jateng kepada pembinaan UMKM di Jawa Tengah juga mendapatkan tanggapan positif dan antusias dari Kepala Daerah - Kepala Daerah yang baru terpilih untuk jabatan Walikota dan Bupati untuk periode mendatang. Mereka berharap bisa bersinergi dengan Kadin Jateng dan segenap jajaran Kadin Daerah dalam melakukan pembinaan UMKM di daerah.

Secara global program-program kerja Kadin Jateng di tahun 2016 adalah semaksimal mungkin memberikan support pada pengembangan bisnis di Jawa Tengah, dengan gagasan Central Java Business Support yang akan membantu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam memberikan informasi edukasi dan konsultasi dalam bidang pariwisata, perdagangan, industri dan investasi. Bahkan Kadin Jateng juga sedang menggagas konsultasi legal yang akan juga dimasukkan dalam program CJBS tersebut.

Program-program yang digelar oleh Kadin Jateng untuk tahun 2016 mengukuhkan tekad bahwa Kadin Jateng merupakan mitra strategis bagi pengembangan ekonomi di Jawa Tengah.