Laman

  • Home

Selasa, 08 Maret 2016

Bangun Budaya OnLine, Baru Ajak UMKM Main eCommerce

GetAsean.Com, eCommerce Untuk UMKM Yang Ingin Ekspor
Globalisasi Adalah Digitalisasi

Perkembangan teknologi informasi yang luar biasa pesat saat ini memang merupakan tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Teknologi informasi juga telah "menghapus" batas teritori negara maupun menghapus "ketidakmungkinan" yang selama ini terjadi dalam bisnsi offline. Semua hampir saja bisa dilakukan dengan online !

Kami tidak khawatirkan dengan perkembangan teknologinya, melainkan dengan SDM yang memanfaatkannya. Adalah mereka update dengan perkembangan tersebut ? Adakah mereka memanfaatkan kemudahan mengakses informasi, melakukan bisnis dengan internet ? Bahkan semuanya pun saat ini telah teringkas dalam sebuah gadget, dengan adanya perkembangan android yang luar biasa saat ini. Tidak perlu kemanan-kemana membawa komputer atau lap top, cukup dengan smart phone yang kecil dan bisa dimasukkan ke dalam saku.

Kekhawatiran ini muncul ketika kami memberikan beberapa pelatihan di daerah-daerah dimana saat kami memperkenalkan RumahUMKM.Net dan GetAsean.Com pun mereka tidak "connect". Bahkan beberapa di antara mereka menyatakan mereka tidak pernah buka internet, sementara usia mereka masih sangatlah muda. Waduh ! Bagaimana mau berkiprah dalam MEA ketika internet saja mereka tidak mengenal.

Mereka tidak menganggap GADGET modern sebagai sebuah kebutuhan, sehingga mereka masih berperilaku bisnis seperti saat internet belum ditemukan. Saat ini semua harus serba cepat, serba digital. Siapa yang mampu memanfaatkan teknologi, merekalah yang akan berlari lebih kencang dari yang lainnya.

Akses Internet Murah, Mobile, User Friendly, Mudah Dipahami dan Tampilan Yang Menarik Merupakan Sebuah Tuntutan dari Sebuah Media Online dan eCommerce

Suksesnya sebuah bisnis online, baik media online maupun eCommerce selain karena promosi dan pemasarannya yang kuat, juga ditentukan oleh kemudahan akses, mobile base, user friendly (mudah dioperasikan) dan tampilan yang menarik. Hal-hal tersebut merupakan pertimbangan utama dari seorang developer media online maupun eCommerce.

Saat ini persaingan bisnis online sudah hampir sama dengan persaingan bisnis offline, sehingga bisnis owner harus selalu memiliki differensiasi yang tinggi terhadap bisnis online yang dijalankannya. Differensiasi inilah yang nantinya juga merupakan dasar membangun merek dagangnya agar lebih mudah dikenal oleh audience. 

Jika dulu orang menganggap sebelah mata terhadap bisnis online, maka sekarang sebaliknya, semua bisnis akan di-online-kan agar jangkauan pasarnya lebih luas, biaya operasional lebih murah dan mudah melakukan monitoring usaha karena semuanya telah memanfaatkan applikasi komputer. Bahkan pengusaha-pengusaha dari bisnis online pun sudah mulai menjadi orang-orang yang kaya luar biasa, sebut saja: Jack Ma pemilik Alibaba.Com, Mark Zukenberg pendiri FaceBook.Com, Bill Gates pendiri MicroSoft, dll.

Hal-hal ini kami sadari benar ketika kami membangun GetAsean.Com yang kami rencanakan menjadi eCommerce yang memungkinkan UMKM ekspor dengan cara yang mudah dan cepat. Tetapi kendala budaya online masih akan terus kami hadapi, sehingga kami perlu melakukan edukasi-edukasi kepada UMKM melalui RumahUMKM.Net agar mereka pelan-pelan akrab dengan internet. Akrab dengan internet pun harus lebih spesifik lagi dengan akrab internet melalui gadget, smart phone.

Oleh sebab itu kami terus berusaha menggandeng prinsipal (pemilik merk) smartphone yang ada, baik yang sudah branded maupun pendatang baru, untuk bekerjasama dengan kami dalam melakukan pelatihan-pelatihan online kepada UMKM melalui smart phone.  Mahalnya beberapa smartphone branded juga kami sikapi dengan memberikan alternatif smart phone murah tetapi berkualitas tinggi. Beberapa di antara mereka sudah menyatakan ketertarikkannya untuk bekerjasama dengan RumahUMKM.Net. Bahkan ada salah satu pendatang baru yang ingin berkolaborasi dengan kami dalam membuat event online di RumahUMKM.Net, event tersebut adalah "Lomba Proposal Penjualan Produk UMKM Jawa Tengah".

Himax, Mitra RumahUMKM.Net Membangun Budaya OnLine UMKM

Kami sedang menggodog konsep kerjasama ini agar memberikan rangsangan kepada UMKM untuk akrab dengan internet melalui smart phone. Rencananya event ini akan kami gelar di pertengahan tahun ini.