Laman

  • Home

Kamis, 18 Februari 2016

Rumah UMKM, Bagaimana Membiayai Kegiatannya ?

Donation For SME Development Program


Rumah UMKM - Short Brief

Rumah UMKM adalah suatu program yang digagas dan dieksekusi oleh unit TTIC (Trade, Training & Information Center) yang merupakan unit taktis Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah yang bertugas menstimulasi perdagangan (termasuk investasi), training dan pusat informasi perdagangan. Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah (Kadin Jateng) sendiri merupakan organisasi non profit yang mandiri.

Sebagai program pengabdian Kadin Jateng kepada masyarakat, Rumah UMKM diharapkan mampu memberikan manfaat dalam pembinaan UMKM dan pengembangan UMKM di Jawa Tengah agar lebih mandiri dan mampu berdaya saing. Kegiatan Rumah UMKM ini menjangkau wilayah seluruh Jawa Tengah dengan koordinasi dengan Kadin Daerah di wilayah Jawa Tengah. Beberapa kegiatan Rumah UMKM adalah:
  1. Konsultasi Promosi & Pemasaran UMKM, yang selalu kami selenggarakan setiap hari Selasa dan Jumat baik di kantor Unit TTIC Kadin Jateng maupun di UMKM Center Jawa Tengah. Tidak menutup kemungkinan dalam konsultasi ini UMKM menanyakan hal lain yang terkait dengan usaha skala UMKM.
  2. Information Center, dimana kami selalu memperkaya informasi perdagangan dan jaringan pemasaran baik dalam dan luar negeri termasuk informasi pameran dalam dan luar negeri.
  3. Kegiatan promosi dan pemasaran produk UMKM baik melalui media yang kami kelola (RumahUMKM.Net), eCommerce yang kami kelola (GetAsean.Com) maupun media-media lain yang menjadi network kami.
  4. UMKM Visit, kami juga melakukan konsultasi dan pembinaan langsung di lapangan untuk UMKM yang memiliki produk yang potensial untuk dikembangkan.
  5. Memberikan materi pelatihan, baik berkerjasama dengan instansi terkait maupun dengan perguruan tinggi, di samping juga melakukan materi pelatihan kami sendiri baik di Kota Semarang sebagai base kerja kami maupun juga luar daerah.
Kegiatan-kegiatan tersebut sudah kami jalankan selama 2 tahun ini dan saat ini kami dipercaya sebagai konsultan dan tenaga ahli dalam pembinaan UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah dan BAPPEDA Jawa Tengah. Kepercayaan ini memberikan tantangan kepada kami untuk mengoptimalkan kinerja Rumah UMKM.

Fokus Rumah UMKM Saat Ini.

Fokus pembinaan Rumah UMKM di tahun 2016 adalah perdagangan produk UMKM Jawa Tengah masuk SKALA NASIONAL dan EKSPOR. Beberapa produk UMKM binaan kami seperti gula cair saat ini sudah kami dampingi dan mendapatkan mitra penjualan distributor tingkat nasional sehingga daerah cakupan pemasarannya pun sudah nasional. Selain itu produk inipun sudah kami pasarkan ekspor dan sudah mendapatkan beberapa tanggapan dari importir di luar negeri. Beberapa produk lain yang sedang kami pasarkan untuk ekspor adalah produk furniture dan handicraft dari Jepara dan Blora. Produk wooden kitchenware juga mendapatkan perhatian dari beberapa buyer asing.

Masih banyak potensi produk lain dari UMKM di Jawa Tengah yang mampu menembus pasar nasional dan ekspor sepertin minuman herbal dalam bentuk serbuk, sambal kemasan, krupuk (udang dan ikan) dan sebagainya.

Beberapa hal yang masih menjadi kendala kami dalam pemasaran adalah masalah sertifikasi produk dan masalah kemasan. Hal ini terus kami upayakan solusinya dengan bermitra dengan instansi terkait.
 
Kendala Yang Dihadapi Rumah UMKM.

Tidak mungkin kami tidak menemui kendala dalam pengembangan program kami, terutama masalah pendanaan program ini. Tantangan untuk lebih bisa meningkatkan jangkauan, layanan dan jumlah UMKM yang kami bina mengharuskan kami untuk lebih profesional dan meningkatkan frekwensi pembinaan kami, terutama memperbanyak visit ke lapangan untuk bisa melihat permasalahan dari dekat dan memberikan solusi lebih tepat.

Saat ini Rumah UMKM masih mampu mandiri dengan pembiayaan sendiri dengan sponsorship dari perusahaan media terbesar di Jawa Tengah, yaitu Suara Merdeka, yang membiayai kebutuhan minimal kami dalam menjalankan program ini. Bagaimana kami mengelola 2 situs RumahUMKM.Net dan GetAsean.Com (eCommerce) merupakan tantangan bagi kami untuk mendapatkan dukungan dari pihak sponsor lain ataupun donator yang simpati dengan kegiatan pembinaan UMKM di Jawa Tengah.

Kegiatan operasional berupa kunjungan-kunjungan ke daerah juga membutuhkan support dari sponsorship agar kami bisa lebih meningkatkan frekwenis kunjungan kami kepada UMKM di daerah. 

Prospek Masa Depan Produk UMKM

Promosi-promosi yang kami lakukan untuk mengangkat produk-produk UMKM Jawa Tengah dari waktu ke waktu membuahkan hasil. Bahkan ulasan produk di situs kami RumahUMKM.Net juga mendapatkan respon yang sangat positif dari pembeli di luar propinsi Jawa Tengah. Beberapa UMKM pun memberikan testimoni bahwa produk mereka terjual karena promosi yang telah kami lakukan di situs kami ini.

Beberapa prospek permintaan dari luar negeri pun kami dapatkan dari upaya promosi kami, dan akan kami sikapi dengan persiapan yang matang dari sisi internal UMKM yang terkait. Beberapa binaan kami memang telah siap mental untuk melakukan perdagangan ekspor sendiri, tetapi banyak yang belum siap untuk melakukan ekspor sendiri dan kami harus mencarikan solusi Bapak Angkat (eksportir) karena sebenarnya kualitas dan kapasitas produknya telah memadai untuk standar ekspor.

Dengan program eCommerce GetAsean.Com kami yang masih embryo kami berharap intensitas promosi kami lebih kuat lagi, sehingga impact yang dihasilkan dari eCommerce ini benar-benar bisa dirasakan oleh UMKM di Jawa Tengah.
 
Demikian potret dari program Rumah UMKM kami yang akan terus kami gulirkan dan kembangkan, dan semoga mendapatkan support dari berbagai pihak yang peduli dengan program kami ini.