Laman

  • Home

Sabtu, 13 Februari 2016

Membangun Loyalitas Konsumen

 
1. Selalu mengembangkan upaya agar konsumen puas dengan produk dan layanan kita.

Komunikasi yang baik dengan konsumen memberikan keuntungan kepada kita untuk mengetahui apakan konsumen kita puas dengan produk dan layanan yang telah kita berikan. Jika memang tidak memungkinkan dengan dialog, repeat order bisa dijadikan acuan kepuasan pelanggan.

Mendengarkan masukan dan keluhan dari konsumen merupakan bagian dari komunikasi yang baik, karena kontrol produk dan layanan kita terletak dari tanggapan konsumen.

2.  Memiliki Kelebihan Dibanding Pesaing 
 
Sudah menjadi pengertian umum bahwa produk/jasa yang memiliki kelebihan dibanding pesaing cenderung lebih banyak dibeli. Kelebihan ini bisa dalam hal ukuran (lebih besar), fitur (lebih lengkap), harga (lebih murah) ataupun hal lainnya misal rasa, kemasan. Hal-hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen supaya tidak beralih ke pesaing dan setia membeli produk kita. 
 
3. Inovasi Berkelanjutan 
 
Produk yang melakukan inovasi, secara tidak langsung yang akan membangun loyalitas konsumennya. Kebutuhan konsumen selalu berubah dan cenderung ingin lebih, oleh sebab itu inovasi dan perbaikan produk perlu dilakukan terus menerus. Inovasi bisa dalam hal kemasan, isi (konten), jasa layanan ataupun cara berkomunikasi (marketing) ke konsumen. 
 
4. Ciptakan Varian Baru 
 
Konsumen cenderung cepat bosan, oleh sebab itu penting sekali menerapkan strategi pengembangan produk. Strategi yang dimaksud disini adalah pengembangan produk melalui varian-varian baru. Banyak merek-merek besar yang berhasil mempertahankan pelanggan dikarenakan mereka membuat varian-varian baru. Misalnya saja produk shampo, ada shampo varian untuk anti ketombe, varian rambut lembut dan lain – lain. 
 
5.  Program Promosi 
 
Penerapan program promosi sangat diperlukan sebagai salah satu upaya mempertahankan konsumen. Promosi diskon, paket produk, paket bundling serta paket dengan harga khusus menjadi salah satu strategi yang terbukti ampuh membangun loyalitas konsumen.


6. Membuat event khusus untuk komunitas pelanggan 


Membangun komunitas pelanggan sangat penting dalam memperkuat brand produk kita disamping untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand kita. Event-event khusus pelanggan sangat diperlukan untuk membangun hubungan emosional antara satu pelanggan dengan pelanggan yang lain, dan juga hubungan pelanggan dengan brand.


7. Membangun media komunikasi khusus yang mudah dijangkau pelanggan. 


Sudah banyak perusahaan memamfaatkan media sosial dalam berkomunikasi dan menyebarkan informasi kepada pelanggannya. Cara ini dirasakan cukup murah disamping perlunya juga membangun interaksi melaluii media website yang harus dibangun perusahaan sebagai "base" komunikasi. 

Semakin mudah berkomunikasi dengan perusahaan, pelanggan semakin merasa nyaman dan aman menjadi pelanggan anda.


Demikian beberapa cara untuk membangun loyalitas pelanggan, semoga cara-cara ini bermanfaat juga untuk diapplikasikan oleh teman-reman UMKM di Jawa Tengah.