Laman

  • Home

Kamis, 25 Februari 2016

Bisnis Kuliner Masih Selalu Menjanjikan, Selama Anda Kreatif

Kuliner, Selalu Menjanjikan.

Bisnis Kuliner Masih Menjanjikan 


Betapa teman-teman pasti mengetahui bagaimana merebaknya bisnis kuliner yang kreatif saat ini seperti kue leker berbagai rasa, kue martabak berbagai rasa dan pizza berbagai rasa. Ternyata membuat kuliner yang sebenarnya sudah ada, tetapi disentuh dengan kreativitas rasa dan penyajian yang lebih profesional bisa membuat kuliner tersebut bangkit lagi.

Martabak Mini Berbagai Rasa
Martabak Dengan Berbagai Toping

Kreativitas-kreativitas inilah yang sebenarnya dibutuhkan dalam persaingan seperti saat ini, dan kreativitas ini pun harus dibalut dengan kemampuan manajemen pengelolaan usaha yang lebih baik, layanan penjualan yang baik dan packaging (kemasan) dan outlet yang menarik.

Bahwa untuk usaha kuliner, cita rasa harus menjadi  fundamental dari strategi lainnya seperti memahami life style dari pasar yang dibidik, daya beli konsumen, manajemen produksi dan pengelolaan usaha dan strategi promosi dan pemasaran, agar bisnis kuliner tersebut bisa berkembang dan berkelanjutan. Pengembangan usaha ini menjadi bisnis waralaba pun terbuka lebar karena beberapa usaha ini memang terbukti memberikan keuntungan yang signifikan bagi para pembeli waralaba.

Trend Menjual Bisnis Bukan Menjual Produk

Akhir-akhir ini banyak sekali klien Rumah UMKM, bahkan yang dari luar Jawa Tengah, meminta konsultasi kepada kami untuk konsep-konsep usaha kuliner yang bisa mereka kembangkan menjadi waralaba atau franchise. Kami kami pun menyarankan kepada mereka untuk membawa ide dasar dan ide kasar mereka untuk kami bantu review dan detailnya langkah-langkahnya dalam konsultasi kami.

Belum lama ini ada juga yang ingin mencoba usaha sejenis di atas tetapi dengan konsep Pizza Berbagai Toping & Rasa tetapi pemasarannya melalui gerobak pizza. Kami coba untuk membantu mereka menyusun konsep bisnisnya dan terutama bagaimana menyusun strategi promosi dan pemasarannya. Untuk teknis produksi pun kami berika tips-tips cara pembuatan pizza dan supply bahan baku pizza yang bisa mereka pertimbangkan untuk usahanya.

Leker Berbagai Rasa
Memang benar bahwa saat ini menjual produk saja tidak cukup untuk menjamin perkembagan bisnis yang akan kita geluti, karena saat ini ada kecenderungan untuk semangat berbagi dan bermitra bisnis. Oleh sebab itu, bagi teman-teman yang sudah mulai menggelinding bisnisnya kami sarankan untuk membuat sebuat konsep bisnis yang baku untuk bisa dikerjasamakan dengan para calon wira usaha yang tidak mau pusing dengan bagaimana "memulai usaha dari nol", karena mereka punya prinsip jika bisa dari no 5 mengapa harus dimulai dari no. 1 ? Ya, jika memang kita bisa mempunyai shorcut kita tidak perlu start dari awal karena sudah ada pihak lain (mitra wara laba, atau mitra produksi) yang melakukannya.

Bagi UMKM, ini adalah peluang yang bagus jika mereka kreatif dalam membangun konsep. Bahwa konsep bisnis yang baik dan prospektif saat ini sudah merupakan komoditas tersendiri dan bisa dijual. Jika UMKM masih berkutat dengan "hanya" menjual produk, maka progress usahanya hanya akan tumbuh perlahan.