5 Langkah Cari Investor untuk Bisnis Anda

Jangan pernah ragu untuk memulai




Liputan6.com, Los Angeles - Apapun tujuan hidup Anda, persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan. Kalau Anda ingin memulai usaha, mendapatkan investor bukanlah perkara mudah.

Anda perlu membuat langkah-langkah spesifik supaya dapat meningkatkan kesempatan Anda mendapat uang. Seperti dikutip Forbes.com, Senin (22/6/2015) ada beberapa langkah untuk mencapai tujuan tersebut:

1. Presentasikan sebuah bisnis, bukan sekedar ide

Investor mendengar banyak ide setiap hari. Sebagian besar tidak layak menjadi sebuah bisnis. Rencana bisnis saja tidak cukup menarik minat para pemodal.

Anda harus membuat model bisnis dengan skala, produk atau jasa, bahkan orang-orang yang tepat di dalamnya. Selain itu, Anda juga harus membuktikan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Tunjukkan arus kas perusahaan

Bahkan jika jumlahnya tidak banyak, setidaknya tampilkan kalau perusahaan punya uang untuk memajukan kepentingan investor. Para pemodal ingin tahu Anda tidak hanya mencari uang, tapi juga memiliki dana untuk pertumbuhan bisnis.

Investor paham dengan logika umum, Anda harus menghabiskan uang untuk menghasilkan uang. Tapi mereka ingin memastikan uang yang ditanamkan tidak untuk operasional perusahaan semata, seperti sewa kantor dan membayar gaji pegawai.

Anda juga pasti tidak mau di dalam posisi tidak memiliki uang tunai sama sekali. Celah seperti ini bisa dimanfaatkan para pemodal untuk mendapatkan kontrol lebih besar.

3. Ketahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan

Anda perlu tahu apa yang bakal diminta. Apakah Anda mendapatkan modal untuk sumber daya? Kalau demikian berarti Anda hanya membutuhkan partner yang memiliki sumber daya tersebut dan bersedia bekerja berdasarkan pembagian pendapatan.

Tapi kalau Anda ingin investor yang punya modal dan dapat berfungsi sebagai mentor dan konektor, pastikan Anda tahu seberapa jauh batas keterlibatan mereka dalam perusahaan.

4. Lakukan riset

Setelah tahu apa yang Anda inginkan dan butuhkan, saatnya melakukan penelitian awal tentang jenis investor yang tepat. Setiap investor pasti meneliti Anda, melalui situs, sosial media, dan publikasi lainnya. Jadi, pastikan Anda melakukan hal serupa.

Meluangkan waktu mempelajari calon investor dapat membantu Anda lebih memahami apa saja yang bakal terjadi ketika modal perusahaan bertambah. Anda juga jadi tahu mitra seperti apa yang tepat untuk bisnis Anda.

5. Kembangkan strategi dan visi

Anda juga harus siap membahas masa depan secara rinci dengan investor. Jadi, Anda perlu merusmuskan tujuan strategi dan rencana bisnis jangkan panjang. Misalnya, kalau bisnis terus tumbuh, apakah akan mencari mitra lainnya? Apa strategi selanjutnya  kalau produk atau jasa telah berkembang?
Bayangkan Anda adalah arsitek sebuah gedung, sementara tim dan investor bekerja membangunnya dan menyokong keuangan di belakang proyek.

Reporter: Elsa Analet




Komentar