Laman

  • Home

Jumat, 26 Februari 2016

20 Contoh Kreatifvitas Membuat Produk Baru Dari Barang Bekas

Memicu Kreativitas Dari Barang Bekas

Produk unik justru bisa muncul dari sekitar kita jika kita jeli melihat sesuatu barang dari perspektif yang lain, bukan perspektif umum sebagaimana orang lain juga melakukannya. Kreativitas ini bisa menjadi cikal bakal dari upaya seseorang menciptakan produk baru atau bahkan peluang usaha baru.

Tulisan dari caradesain.com berikut ini sangat cocok untuk kami kemukakan untuk memberikan "refreshing" kepada teman-teman yang bermain di home decoration dan interior. Kadang ide kreatif bisa dimaknai "gila" oleh orang lain, tetapi itulah dunia kreatif, dunia berbeda yang memandang suatu obyek dengan cara pandang yang berbeda. Sekali terjun ke dalam dunia kreatif maka orang akan kecanduan untuk terus mengeksplorasi kreativitas yang lain.

Berikut tulisan tersebut:

Kamu mungkin pernah merasakan betapa sayangnya membuang barang bekas, walaupun barang tersebut sudah tidak kamu gunakan lagi. Walaupun kamu selalu mengomel saat membersihkan debu yang lengket pada barang bekas tersebut, kamu masih tidak rela untuk membuangnya. Kami memiliki satu solusi untuk kalian, daripada dibuang, kamu bisa membuat produk baru dari barang bekas tersebut. Membuat kerajinan dari bahan daur ulang (bekas) juga membantu menyelamatkan lingkungan. Bahkan, jika kamu sangat kreatif barang-barang bekas bisa dibuat menjadi karya seni loh!

Disini kami telah mengumpulkan 10 cara kreatif untuk mendaur ulang barang bekas yang sudah tidak dapat digunakan.

1. Sapu dari bahan daur ulang

Image result for sapu dari botol minuman bekas
Sapu dari bahan botol bekas.
Sediakan 3 botol minuman bekas ukuran 1 liter. Ambil 1 buah botol tersebut lalu buang bagian alas tutup botol dengan pisau cutter. Gunting bagian badan botol secara memanjang dan kecil-kecil ( bagian ini akan menjadi bagian sapu yang menyentuh lantai). Ambil botol yang belum kamu potong lalu potong buang bagian atas kepala botol dan buang bagian dasar botol, lalu kemudian potong secara memanjang dan kecil-kecil bagian badan botol. Satukan botol ini dengan botol yang telah kamu gunting sebelumnya. Gunting satu lagi tutup botol lalu gunakan sebagai penguat bagian atas sapu ijuk. Lalu satukan ketiga botol tersebut dengan sebuah tongkat. Selesai!

2. Lampu gantung dari botol bir bekas


Lampu gantung seperti ini cocok digunakan sebagai dekorasi ruangan dengan tema vintage atau jadul. 

Lampu Gantung Botol Bir
Hati-hati untuk tidak menggantung terlalu banyak botol dalam satu kelompok. Menurut saya, jika menggantung terlalu banyak maka lampu gantung tersebut terlihat terlalu kacau atau mengganggu pemandangan mata.

3. Meja piknik untuk anak kecil dari papan skateboard bekas

 
Picnic Table
Punya papan skateboard bekas yang sudah tidak kamu gunakan? Jangan dibuang loh.. Kalau diakali, papan-papan kayu bekas bisa di gunakan kembali menjadi perabot baru.

4. Tempat lilin dari tutup botol bekas
Image result for Candle Place from Bottle Cap
Bottle Tea Light

Siapa sangka kalau tutup botol minuman yang kita anggap sepele dan selalu kita buang sesudah minuman kita habis bisa didaur ulang menjadi hal yang berguna?

5. Dekorasi pagar rumah dengan guli bekas

Related image
Dekorasi Pagar

Kelereng bekas mainan anak-anak yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk mempercantik interior rumah anda.

6. Alat petik gitar dari kartu atm bekas

Image result for alat petik gitar dari kartu atm bekas
Alat petik gitar dari kartu atm bekas.
Gunakan Pick Master untuk memotong objek-objek yang sudah tidak kamu gunakan lagi menjadi alat pemetik gitar. Bila kamu memiliki kartu plastik bekas seperti KTP bekas, kartu tanda pelajar bekas, kartu atm bekas, atau kartu-kartu plastik lainnya yang memiliki ketebalan 0.8mm atau kurang, maka kamu bisa mendaur ulang kartu tersebut dengan Pick Master. Produk keren ini dapat kamu beli disini dengan harga 19 poundsterling.

7. Air mancur buatan dari piano bekas

Siapa yang menyangka kalau piano tua bisa kamu gunakan sebagai air mancur buatan dan sekaligus menghias halaman depan rumah kamu?

8. Lampu minyak dari bola lampu bekas

Wow. bagi kalian penduduk Kota Medan yang sering mengalami mati lampu, mungkin kamu bisa mempertimbangkan membuat lilin keren ini.

9. Jam dinding dengan roda sepeda bekas


Buat kagum tamu rumah kamu dengan jam dinding super kreatif ini. Ingat lain kali kalau punya roda sepeda bekas, jangan dibuang loh..

10. Sofa dengan bathtub bekas

Bathtub bekas ternyata jika modifikasi bisa menjadi sebuah perabot yang sangat unik


 Jika anda ada bathup bekas dan sayang untuk membuangnya, maka ide ini bisa dimanfaatkan.

11. Kursi sofa dengan koper bekas




Punya koper antik warisan dari nenek yang sudah ketinggalan jaman? Jangan dibuang loh! Koper bekas itu bisa dimodifikasi menjadi kursi sofa kecil yang antik. Cukup buat atau beli penyangga kaki sofa dari tukang kayu lalu beli dua bantal yang empuk untuk dijadikan sandaran punggung dan tempat duduk pantat. Dijamin kursi sofa unik ini akan membuat mata tamu rumahmu tertuju padanya.

12. Rak buku dengan piano bekas

Terobsesi dengan musik piano? kamu bisa membuat rak buku dari piano bekas. Kamu bisa menatap rak buku keren ini setiap saat sebelum tidur dan saat bangun pagi

13. Rak serbaguna dan gantungan baju dari kursi bekas

Hmm… ide yang satu ini mungkin sedikit gila.. Kursi ternyata kalau digantung di dinding bisa menjadi multi fungsi sebagai gantungan baju dan rak pemuat barang

14. Akuarium dari TV bekas

Ingin memelihara ikan? Tidak perlu membeli akuarium baru mahal-mahal. Kamu bisa membuat akurium dengan cara memodifikasi TV bekasmu. Atau kamu juga bisa membuka bisnis menjual akuarium antik.

15. Kerajinan Tas dari tutup botol kalengan

Tas daur ulang yang satu ini agak rumit dan akan cukup memakan waktu untuk dibuat. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi untuk membuat tas serumit ini. Akan tetapi hasilnya sangat worth it! Tas seperti ini sangat langka dan unik, mungkin jumlahnya hanya ada beberapa di dunia.

 
Tas Tutup Botol Bekas

16. Desain lampu keren dari topi bekas

Pernahkah terpikirkan olehmu kalau topi ternyata bisa dibuat menjadi lampu gantung? Topi di tangan orang yang kreatif ternyata juga bisa menjadi sebuah dekorasi ruangan.

Lampu Gantung dari Topi Bekas.
17. Kaca gantung dari pemukul tenis bekas

Punya raket bekas dengan tali-tali yang sudah rusak? jangan dibuang ya… Soalnya ternyata raket bisa dibuat menjadi bingkai kaca untuk digantung di dinding. Lumayan raketnya juga bisa sekaligus digunakan untuk menghias dinding.

Kaca Gantung dari Raket Tenis Bekas.


18. Rak buku dari tangga bekas

Tidak perlu mengeluarkan duit mahal-mahal untuk membeli rak buku untuk rumah baru anda. Ternyata tangga bekas bisa digunakan sebagai rak buku. kreatif ya?


Rak Buku Tangga Bekas

19. Wastafel unik dari sepeda bekas
 
Wastafel dari Sepeda Bekas.


Wah yang ini jelas sangat berkelas vntage yang tinggi dan bisa menjadi komoditas yang bagus untuk dekorasi rumah.


20. Kotak makanan dari kotak cd kosong
Tempat makan dari kotak CD bekas.

Jangan-jangan ide ini bisa dijadikan model kemasan produk kue oleh teman-teman UMKM ... HeHe, silahkan saja, yang penting bahannya masuk dalam kriteria aman untuk digunakan dalam kemasan pangan.
Bagaimana menurut kalian? Sudah siap membuat produk sendiri dari barang-barang di rumah yang sudah tidak terpakai?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar