Laman

  • Home

Rabu, 27 Januari 2016

Sinergitas Kadin Jawa Tengah Dengan GINSI Jawa Tengah

Sebagai payung organisasi dan asosiasi yang ada di Jawa Tengah, Kadin Jawa Tengah harus pro aktif dalam bersinergi dengan asosiasi-asosiasi yang ada di Jawa Tengah. Sebagaimana hari Rabu ini kami berkunjung ke sekretariat GINSI (Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia) dan ditemui langsung oleh Bapak Budiatmoko, SH MH selaku ketua BPD GINSI Jateng, Bapak Adreas BW selaku Wakil Ketua II BPD GINSI Bidang Kepalabuhan & Kepabeanan, Bapak Margono (Kompartemen Bdang Advokasi) dan Mas Wahyudi Panca selaku Executive Officer BPD GINSI Jateng.

Rombogan Kadin Jawa Tengah (GetAsean.Com) Diterima Mas Yudi Panca, Executive Office BPD GINSI

Rombongan Kadin Jateng (GetAsean.Com) Ditemui Ketua BPD GINDI Jateng, Bapak Budiatmoko, SH MH.

Berbagai diskusi mengenai sinergi kegiatan GINSI Jateng dan Kadin Jateng dibahas dalam mewujudkan kerjasama yang erat antar kedua organisasi. Bahkan keberadaan GINSI ini mampu dimanfaatkan oleh UMKM yang membutuhkan supply bahan baku impor karena bahan baku tersebut tidak ada di Indonesia.

Ada sekitar 1.200 importir di Jawa Tengah, baik importir umum maupun importir produsen. Sebanyak 90% adalah importir produsen, yang melakukan impor bahan baku produksi untuk mereka olah. Selebihnya adalah importir umum, yang sebagian di antaranya impor barang untuk diperdagangkan. Baru sekitar 84 importir yang sudah bergabung dengan GINSI Jateng, dan diharapkan dalam tahun 2016 importir-importir lain yang belum bergabung bisa segera merapat untuk bergabung.

Dengan adanya impor maka biaya ekspor semakin murah, karena tidak diperluakan biaya "pengambilan" kontainer dari pelabuhan negara lain ke Indonesia. Jumlah impor memang harus dikendalikan, tetapi tidak boleh ditiadakan karena bisa mengakibatkan biasa ekspor membengkak karena repo kontainer dan hal ini justru bisa mengurangi daya saing (harga) produk kita di pasar ekspor.

Dalam hal ini, ketua BPD GINSI Jateng juga menyatakan bahwa GINSI siap membantu UMKM di Jawa Tengah untuk pengadaan impor bahan baku jika terbentur kondisi bahwa bahan baku tersebut tidak ada di dalam negeri, terutama mesin-mesin produksi.

Untuk lebih mengenal kepengurusan GINSI Jateng, berikut adalah struktur organisasi BPD GINSI yang pada pertemuan ini juga memperkenalkan website baru mereka: http://ginsijateng.com/ kepada kami.

STRUKTUR ORGANISASI BPD GINSI JATENG
PERIODE 2014 – 2015

No. Jabatan Nama Alamat email
1. Ketua BPD GINSI Jateng Budiatmoko, SH.MH budiatmoko@ginsijateng.com
2. Wakil Ketua I
(Bidang Hukum, Perundang-undangan, Perpajakan, Perbankan & Humas)
Tri Sulistyanta, SH tri.sulistyanta@ginsijateng.com
3. Kompartemen Bidang Advokasi Margono, SH margono@ginsijateng.com
4. Kompartemen Bidang Perpajakan & Perbankan Jonggara Pasaribu, SE j.pasaribu@ginsijateng.com
5. Wakil Ketua II
(Bidang Kepelabuhan & Kepabeanan)
Andreas BW, SE. MA andreas.bw@ginsijateng.com
6. Kompartemen Bidang Kepelabuhan Lulu MRW lulu.mrw@ginsijateng.com
7. Kompartemen Bidang Kepabeanan Sudrajat, Amd sudrajat@ ginsijateng.com
8. Wakil Ketua III
(Bidang Perdagangan & Perindustrian)
Hary Nuryanto, SE hary.nuryanto@ginsijateng.com
9. Komparteman Bidang Perdagangan H. Maryanto, SH maryanto@ ginsijateng.com
10. Kompartemen Bidang Perindustrian Bambang Wijanarko bambang.wijanarko@ginsijateng.com
11. Wakil Ketua IV
(Bidang Organisasi & SDM)
Aris Budiyono aris.budiyono@ginsijateng.com
12. Kompartemen Bidang Organisasi Pitra Jaya, SE pitra.jaya@ginsijateng.com
13. Kompartemen Bidang SDM Eko Pristiwantoro, SH eko.p@ginsijateng.com
14. Sekretaris Daerah Mario T. Widodo mario.tw@ginsijateng.com
15. Wakil Sekretaris M. Syarif syarif@ginsijateng.com
16. Bendahara Daerah Endah Mawarni endah.mawarni@ginsijateng.com
17. Wakil Bendahara Rustamaji, SE rustamaji@ginsijateng.com
18. Executive Officer Wahyudi Panca R, SE yudi.panca@ginsijateng.com
19. Sekretariat BPD GINSI Jateng
sekretariat.jateng@ginsijateng.com


Membangun Offer To Buy Bersama GINSI Jawa Tengah

Pada pertemuan ini kami juga membicarakan sinergitas GetAsean.Com dengan GINSI, dimana kami membutuhkan GINSI Jawa Tengah untuk membangun Offer To Buy untuk produk dari luar negeri. Dengan adanya offer to buy di GetAsean.Com dari anggota-anggota GINSI Jateng, GetAsean.Com berharapa bisa mengundang buyer-buyer di luar negeri untuk melihat potensi produk Jawa Tengah yang ada di Offer To Sell sehingga bisa memicu perdagangan.

Tawaran kerjasama ini diterima dengan antusias oleh pengurus GINSI Jateng dan kerjasama ini berharap bisa segera direalisasikan sementara kami juga terus melakukan perbaikan dan pembenahan dalam applikasi kami di GetAsean.Com yang disesuaikan dengan kondisi dan permintaan pasar.

Bahwa tujuan utama GetAsean.Com adalah mendobrak pasar ekspor, bukan berarti pasar impor Jawa Tengah bisa dikesampingkan, karena kinerja ekspor dan impor tidak bisa dipisahkan begitu saja. Mendobrak pasar ekspor ini kami awali dengan promosi dan upaya pemasaran melalui GetAsean.Com. 

Pada kesempatan lain kami pun akan menggandeng GPEI (Gabungan Pengusaha Ekportir Indonesia) untuk ikut merapakan pasar ekspor Jawa Tengah di GetAsean.Com.