Laman

  • Home

Senin, 25 Januari 2016

Menghadapi MEA, Kadin Jateng Akan Membangun Sinergitas Antar Kadin di ASEAN

Salah Satu Upaya Kadin Jateng Menghadapi MEA, GetAsean.Com

Sinergitas Antar Kadin Di Wilayah ASEAN
 
Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dalam mempersiapkan dan memantau dampak MEA yang sudah berlaku, dan hal ini juga memicu Kadin Jawa Tengah untuk memberikan solusi riil kepada masyarakat Jawa Tengah guna membantu pelaku usaha di Jawa Tengah.

Upaya tersebut adalah membangun sinergitas antar Kadin Jawa Tengah dengan kadin-kadin provinsi lain di wilayah ASEAN. Hal ini selaras dengan program eCommerce GetAsean.Com yang telah digagas sebelumnya dan dalam perjalanannya membangun promosi dan pemasaran produk UMKM Jawa Tengah.

Instruksi ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Kadin Jawa Tengah kepada Unit TTIC (Trade, Training & Information Center) Kadin Jawa Tengah yang membawahi program Rumah UMKM pada hari Senin 25 Januari 2015 di Kantor Kadin Jawa Tengah.

Tujuan membangun link antar Kadin di wilayah ASEAN adalah membangun kesepahaman mengenai basis produksi dan basis pasar di ASEAN. 

Mengapa Link Ini Perlu Dibangun ?

Setiap negara, setiap propinsi di dunia ini memiliki organisasi Kamar Dagang & Industri dan setiap kamar dagang membawahi pelaku-pelaku usaha di negaranya. Membangun link antar kamar dagang dan industri merupakan upaya riil dalam membangun upaya peningkatan perdagangan dan investasi. Dengan berlakunya MEA, kita harus menyikapi bahwa negara-negara di ASEAN adalah satu payung dengan kita, yaitu payung ASEAN yang merupakan satu basis pasar dan satu basis produksi.

Dalam hal ini Kadin Jawa Tengah ingin memberikan fasilitasi jaringan bisnis yang lebih luas kepada pelaku usaha di Jawa Tengah, terutama memberikan jaringan pasar kepada pelaku-pelaku UMKM di Jawa Tengah.

Link ini juga dimaksudkan sebagai upaya konkrit dalam pemasaran produk-produk yang ada di GetAsean.Com yang merupakan tool ekspor bagi pelaku-pelaku UMKM Jawa Tengah. Oleh sebab itu Kadin Jateng berharap bahwa UMKM di Jawa Tengah bisa memanfaatkan fasilitas eCommerce Kadin Jawa Tengah tersebut dengan maksimal dengan mempersiapkan produk, foto produk dan informasi dagang yang menarik.

Sebagai tahap awal dalam menghadapi MEA ini target sinergitasnya adalah kadin di wilayah ASEAN, setalah link ASEAN ini terbangun Kadin Jawa Tengah akan mengembangkannya untuk wilayah yang lebih besar lagi, misalnya Asia Pasifik, Eropa, USA, Middle East dan Afrika.