Laman

  • Home

Sabtu, 23 Januari 2016

Memulai Usaha Dengan Cara Sederhana

Memulai Usaha
Memulai usaha adalah hal yang sementara ini dianggap moment paling menakutkan. Diperlukan keberanian dan tekad yang luar biasa untuk mendobraknya. Banyak yang sudah punya asset dan modal tetapi kesulitan menentukan usaha apa yang akan digelutinya karena mereka belum paham benar atas asset dan modal yang telah dimilikinya. Mereka belum sadar bahwa asset yang dimilikinya bisa dioptimalkan untuk memulai usaha.

Tidak harus menunggu pintar ilmu bisnis ketika hendak memulai usaha, ada beberapa sharing pengalaman dari teman-teman kami yang memulai usaha dengan cara yang praktis dan sederhana. Mereka berbagi pengalaman kepada kami atas usaha yang telah digelutinya, tanpa dia sendiri paham benar bidang usaha tersebut:

Beberapa contoh usaha yang dimulai dengan cara yang sederhana adalah:

1) Memilih kapal dengan nahkoda yang sudah mahir.

Cara ini dilakukan oleh orang yang memiliki modal usaha terbatas tetapi mampu menemukan partner kerja yang sudah mahir menjalankan usaha. Usaha yang dipilih adalah usaha yang sudah berjalan dan memiliki prospek ke depan bagus atau jangka panjang. Misalnya: Teman saya menginvestasikan sebuah truck pada awalnya kepada mitra yang telah memiliki usaha transportasi yang berjalan dengan baik. Dari awalnya punya satu truck yang diandilkan dalam perusahaan tersebut, sekarang sudah ada beberapa truck yang telah dimilikinya.

Kuncinya adalah menemukan mitra yang jujur dan berkomitmen tinggi dalam bisnis. Pertimbangkan juga prospek bisnis tersebut di masa mendatang, apakah memiliki prospek yang bagus atau sudah jenuh dengan persaingan.

2) Dari franchisee menjadi franchisor.

Cara termudah memiliki bisnis adalah membeli franchise dari bisnsi yang sudah terbukti berjalan dengan baik. Kemampuan memilih franchise merupakan modal penting dalam memulai bisnis ini. Ada beberapa pelaku yang tidak perlu saya sebutkan dalam tulisan ini yang mampu melakukan manuver ini dengan cantik.

Dari awalnya membeli franchise kemudian memonitor usaha dan mempelajari detailnya selanjutnya membuka usaha franchise baru dengan cara memodifikasi dan memutakhirkan sistem operasional dan manajemen dari franchise yang telah dibelinya dan selanjutnya membuka fanchise baru dengan produk yang berbeda. Mengapa produk yang berbeda ? Karena franchise dilindungi dengan hak kekayaan intelektual.

3) Membeli saham perusahaan Go Public.

Ini adalah cara yang paling lazim dilakukan oleh orang-orang yang punya modal. Selama dia mampu berhitung lebih menguntungkan mana deposito dengan investasi saham, maka dia sudah bisa menjadi pengusaha dengan jalan membeli saham perusahaan yang go public.

4) Usaha Kontrakan Rumah & Kos-Kosan

Usaha mudah lainnya bagi yang memiliki lahan dan modal adalah usaha kontrakan rumah dan kos-kosan. Usaha semacam ini ditentukan oleh letak lokasi yang strategis, dan jarang sekali mengalami kerugian. Tetapi jika harus dihitung dengan investasi perolehan lahan dan pembangunan rumahnya, maka usaha ini termasuk usaha yang BEPnya lama, dan tidak menguntungkan. Usaha ini menguntungkan bagi orang yang telah ada asset dan selanjutnya tinggal mengoptimalkan assetnya saja.

5) Usaha Mediasi Dagang

Bagi orang yang telah memiliki jaringan pemasaran yang luas, usaha mediasi dagang merupakan pilihan yang menguntungkan. Dengan menemukan produk yang dibutuhkan oleh pasar yang dimilikinya, dia bisa memulai mediasi dagang dengan profesional.

Jika dirasakan nanti dia sudah memiliki modal yang cukup, maka selanjutnya dia bisa memulai usaha perdagangan dengan margin yang lebih baik.

6) Shop Online

Bagi yang memiliki modal terbatas, usaha toko online menjadi pilihan dan bagaimana dia mengelola usaha toko online yang sukses dimulai dari bagaimana dia membangun konsep usaha toko onlinenya, pemilihan produknya, strategi promosi dan pelayanan yang baik serta strategi harga yang memperhatikan tingkat persaingan.

Bahkan usaha toko online bisa dimulai dengan cara drop ship ketika pelaku usaha merasa belum punya modal yang cukup untuk membeli produk modal.

Beberapa contoh di atas telah dilakukan beberapa orang dan mereka sempat berbagi cerita dengan kami. Ternyata kreativitas bisa berawal dari hal sederhana, atau bahkan membuat yang sederhana itu menjadi optimal dengan sentuhan kreativitas di sana-sini.

Sebenarnya beruntunglah bagi orang yang memiliki potensi ketrampilan dalam memproduksi barang, karena di luar sana banyak orang yang ingin mencari peluang usaha dengan mencari produk yang bisa diperdagangkannya. Dengan pertimbangan bijaksana untuk berbagi margin laba, maka kemitraan bisnis ini bisa saling menguntungkan.