Laman

  • Home

Minggu, 31 Januari 2016

Daya Tarik Warung Angkringan


Menikmati Angkringan Sambil Melalui Malam.

Berikut kutipan salah satu media online dalam menggambarkan betapa warung angkringan memiliki potensi pasar yang menjanjikan dengan modal yang kecil. Coba simak liputan ini :

Potensi Angkringan dengan Modal Kecil

MedanBisnis.Com - Yogyakarta. Menyajikan suguhan dengan penuh keakraban dan kekeluargaan tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi tempat bisnis kuliner yang disebut dengan warung angkringan ini. Orang dari semua kalangan bebas datang untuk menikmati makanan serta minuman yang disuguhkan yang tentunya dengan harga terjangkau.

Dengan nuansa penerangan dari banyaknya lampu kota juga ikut menambah kehangatan suasana menikmati malam dengan ditemani secangkir kopi maupun teh dan sebungkus nasi. Segala kenikmatan tersebut tentu saja hanya dapat kita peroleh di warung bisnis angkringan yang banyak terdapat di sudut-sudut kota.

Bisnis angkringan selain masuk ke dalam bisnis modal kecil, sekarang ini memang telah menjadi pilihan kedua sebagai tempat nongkrong berbagai komunitas dan banyak anak muda setelah kafe.

Warung angkringan menyuguhkan berbagai macam menu dengan harga murah namun tetap memberikan pelayanan yang memuaskan dengan suasana keakraban dan kekeluargaan. Hal seperti ini tentu hanya bisa kita dapatkan dari bisnis angkringan. Tidak heran jika banyak orang khususnya para kaum muda sering berkumpul di warung angkringan favorit mereka.

Banyak orang lebih menyukai warung angkringan tentu saja bukan hanya karena harganya yang murah tetapi angkringan memiliki kesan yang berbeda jika dibandingkan dengan kafe maupun restoran.

Pasar pun dapat dengan mudah tercipta di bisnis angkringan modal kecil ini. Sehingga tidak perlu heran lagi jika banyak para pemula maupun pelaku bisnis yang tertarik untuk terjun ke bisnis angkringan ini.

Potensi 
 
Bicara mengenai peluang bisnis, potensi bisnis angkringan dengan modal kecil pasti masih sangat terbuka lebar bagi siapa saja yang mau menekuninya. Dengan menjanjikan keuntungan yang besar hingga jutaan rupiah tentu saja membuat para pelaku ingin turut mencicipi bisnis angkringan ini.

Di beberapa daerah khususnya di Pulau Jawa, bisnis angkringan tentunya tidak asing lagi di mata masyarakat karena memang sudah sangat menjamur. Namun, bukan berarti bahwa bisnis angkringan ini tidak memiliki celah atau kesempatan untuk masuk ke pasar bisnis Indonesia.

Dengan membuka usaha yang sama yaitu bisnis angkringan, Anda bisa memberanikan diri untuk menampilkan menu makanan yang sedikit berbeda dan lebih menarik atau menyediakan fasilitas lebih seperti WiFi sehingga bisnis angkringan yang Anda jalankan akan lebih memiliki daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Konsumen dari bisnis angkringan ini kebanyakan adalah kalangan anak muda yang suka nongkrong dan berkumpul dengan teman-temannya. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan angkringan sebagai tempat makan kedua setelah rumah mereka sendiri.

Seperti dikutip dari situs bisnisUKM kemarin, hal inilah yang menjadikan bisnis angkringan sebagai potensi bisnis yang cukup menggiurkan dan modal usaha yang dibutuhkan juga kecil. Jika tertarik, tidak ada salahnya Anda mencobanya dengan memanfaatkan tempat-tempat strategis yang ada di sekitar Anda seperti misalnya area dekat kampus, lapangan futsal dan tempat ramai lainnya yang ada di kota Anda.

Untung Jutaan
 
Jika Anda ingin membuka bisnis dengan modal kecil? Bisnis angkringan adalah salah satu solusinya. Bisnis angkringan dikenal sebagai salah satu bisnis modal kecil yang mempunyai peluang cukup bagus. Warung angkringan merupakan konsep dari bisnis kuliner dengan nuansa yang terkesan sederhana dan murah.

Pada awal mulanya, bisnis angkringan ini dibuat untuk membidik para mahasiswa yang sedang merantau untuk kuliah serta para buruh pabrik dengan upah yang kecil. Namun, kini bisnis angkringan selain menjadi tempat makan yang ngirit juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat tempat nongkrong dan jananan wisata kuliner pada malam hari.

Warung angkringan banyak kita temukan disekitar wilayah Jogja karena memang warung angkringan identik dengan kota Jogjakarta. Disetiap sudut kota Jogja, depan kampus, di pinggir-pinggir jalan, dekat dengan stasiun bahkan samping bandara pasti Anda akan melihat warung angkringan.

Tempat yang cukup sederhana serta penyajian menu yang khas menjadi alasan bagi para pelanggan untuk singgah kembali berkuliner di warung angkringan. Meskipun bisnis angkringan ini cukup sederhana dan termasuk dalam bisnis modal kecil, namun bisnis ini bisa meraup keuntungan yang cukup besar dan tentunya sangat menjanjikan.

Nah, jika Anda ingin mencoba bisnis modal kecil ini maka berikut ini adalah beberapa tips sukses bisnis angkringan modal kecil untung jutaan.

Menentukan Target 
 
Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis adalah target pasar yang akan di tuju pada bisnis angkringan. Kemudian membidik middle end, low end ataupun high end itu terserah Anda selaku pelaku bisnis. Yang terpenting disini adalah target pasar yang Anda bidik dapat tepat sesuai sasarannya.

Tips sukses yang kedua dalam menjalankan bisnis angkringan ini adalah memilih tempat yang strategis sehingga dapat diketahui oleh banyak orang. Dengan tempat yang strategis maka bisnis angkringan ini dapat berjalan dengan maksimal dan mendatangkan banyak pelanggan dengan mudah. Misalnya saja di sekitar area kampus, pasar, pabrik dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan bisnis angkringan perlu diperhatikan infrastruktur tentang air dan akses listrik yang mudah sebagai sarana pemenuhan kebutuhan bisnis angkringan.

Dalam mencari karyawan untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis ini, pilihlah orang yang ramah dan supel sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan untuk setiap pelanggan yang datang ke warung angkringan.

Dengan pelayanan yang baik dan juga ramah maka para pelanggan akan merasa senang dan nyaman saat datang untuk berkuliner di angkringan Anda.

Fasilitas Pendukung
 
Jika memiliki modal usaha yang lebih maka tidak ada salahnya jika Anda menambah sebuah fasilitas seperti WiFi.

Dengan adanya fasilitas WiFi di warung angkringan Anda, maka pelanggan warung angringan Anda tidak hanya anak muda saja, namun orang dewasa bahkan kaum wanita juga akan singgah sebab saat ini internet sekarang ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi orang banyak.

Bisnis modal kecil yang mendatangkan keuntungan jutaan ini memang sudah banyak dilakukan di beberapa daerah di seluruh Indonesia. Selain fleksibel, bisnis angkringan modal kecil ini juga mempunyai ciri khas tersendiri dalam menu yang disajikan maupun desain tempatnya. Jika Anda tertarik memulai bisnis ini, maka cobalah. (buc).

---- 

Gambaran di atas merupakan salah satu bukti bahwa memang benar warung angkringan memiliki daya tarik yang luar biasa baik bagi penikmat kuliner maupun bagi pengusaha. Bagi penikmat kuliner, citra angkringan yang murah dan merakyat dengan sajian hidangan sederhana dan tradisional selalu menciptkan sensasi tersendiri meskipun saat ini trend membawa angkringan naik resto sedang melanda.

Selama resto atau cafe tersebut masih menyajikan menu angkringan yang memenuhi cita rasa dengan harga yang "masuk nalar", konsep ini masih bisa diterima oleh para pengunjung. Angkringan sendiri kental dengan kesan lokasi nongkrong, sehingga mengundang banyak komunitas berkumpul dan ngobrol santai di sini. Apa yang dibutuhkan komunitas untuk ngobrol nyaman dengan makanan dan minuman yang terjangkau harganya harus dipikirkan oleh para pengelolanya.

Bagi pengusaha, konsep angkringan begitu menarik karena ternyata lebih menguntungkan karena bermain dengan kuantitas. Tidak mungkin orang akan kenyang dengan 1 bungkus nasi, pasti mereka akan tambah 1 atau 2 lagi dan hal ini tidak disadari oleh penikmat kuliner. Belum lagi pilihan lauk yang banyak, semua tinggal dikalikan saja keuntungannya. Ya, memang inilah lahan baru dalam mendulang rupiah sambil membangun komunitas pelanggan yang setia.

Bisnis angkringan biasanya juga tidak terlepas dari dukungan minuman hangat penghantar malam seperti jahe, ronde, susu jahe, kopi, racikan teh, dsb. Minuman yang disajikan juga  harus mampu menjadi daya tarik. Saat ini trend minuman penghantar malam adalah minuman herbal seperti kunir asem, beras kencur, temulawak, wedang uwuh, anti kolesterol, anti asam urat, dsb.