Laman

  • Home

Selasa, 05 Januari 2016

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menarik Investor

CEO Maven Ventures Jim Scheinman memberikan sejumlah tipsnya
Penulis: Prayogo Ryza - DailySocial.Id
Untuk menuju ke tahap selanjutnya, misalnya ekspansi, perbaikan layanan dan perombakan dalam bisnisnya startup biasanya membutuhkan dana segar. Banyak startup berharap mendapatkan pendanaan entah tahap awal dan lanjutan untuk kepentingan bisnis mereka. Jika tidak jeli alih-alih mengembangkan startup, investor justru semakin membenamkan bisnis. Berikut beberapa tips dari CEO Maven Ventures Jim Scheinman yang bisa digunakan untuk membantu mendapatkan investor yang tepat untuk startup Anda.

 

Kecocokan Investor


Jangan serta merta mencari VC yang menawarkan pendanaan tertinggi. Carilah partner yang bisa bekerja sama dengan Anda. Cari individu yang tepat dengan keahlian yang relevan, yang dapat berbagi visi dengan Anda dan yang mampu memberikan nilai lebih terutama untuk pendanaan awal Anda.

Hati-hati jika mendapatkan banyak investor dengan nilai investasi kecil


Siapa yang tidak bahagia dengan pendanaan di awal berhasil diamankan, tetapi waspadalah jika mendapat suntikan dana dari banyak investor. Investasi yang kecil akan mengurangi tanggung jawab dan usaha mereka. Biasanya investor yang menanamkan dana dalam jumlah kecil tidak punya banyak waktu untuk turut membantu bisnis berkembang terlebih untuk seri pendanaan awal. Founder pada umumnya akan merasakan kurangnya bantuan yang ada hingga pada akhirnya tidak akan memilih VC tersebut untuk pendanaan seri selanjutnya.

Capitalization Table


Investor sangat memahami bagaimana pembagian ekuitas di setiap pendanaan. Namun hal tersebut dipandang mereka harus sebanding dengan peran mereka dalam perusahaan. Jangan terlalu banyak memberikan persentase bagi orang-orang yang tidak memberikan kontribusi pada startup Anda. Berhati-hatilah dengan capitalization table startup Anda. Mulailah bernegosiasi dengan orang-orang di dalam tim. Jangan biarkan hal ini menggagalkan startup Anda mendapatkan pendanaan.

Dilusi


Mengambil terlalu banyak investasi di awal juga sangat berisiko terhadap kelangsungan kepemilikan pendiri terhadap startup. Investor yang mendapatkan 50 persen saham di awal putaran pendanaan dapat menjadi sinyal tersendiri. Pastikan Anda menjaga pembagian kepemilikian dengan teliti dan hati-hati jika Anda ingin bertahan di startup Anda. Hal ini bisa dicapai dengan menjaga “cap table” Anda tetap seimbang.

Pencatatan


Pastikan di tim Anda ada satu bagian yang melakukan pencatatan mengenai finansial dan valuasi startup Anda. Terkadang jika hal ini berantakan akan dapat mengganggu Anda mendapat pendanaan selanjutnya. Jadi pastikan semua hal mengenai detail finansial dan saham startup Anda tercatat mulai dari pra dan pasca pendanaan.

Timing


Timing adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat Anda mulai bertemu dengan investor. Terlepas dari apa yang dibahas, Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk mengenalkan startup Anda. Seringkali jika Anda bertemu investor sejak dini dan mendapatkan kata tidak biasanya itu akan menjadi tidak selamanya. Jadi pastikan Anda selalu siap untuk pertemuan “ngopi bareng” untuk yang pertama dengan investor Anda. Tinggalkan kesan bagi mereka.

Penggalangan dana adalah suatu usaha yang emosional dan menantang bagi pendiri. Ketika Anda berhasil mengamankan pendanaan, segera rayakan dan kemudian kembali ke rutinitas dan kewajiban Anda untuk mengembangkan dan membawa startup Anda menuju jenjang yang lebih baik.