Laman

  • Home

Jumat, 29 Januari 2016

5 Teknik dan Trik Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Khas Daerah

tips bisnis kuliner khas daerah
5 Teknik & Trik Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Khas Daerah
Sumber: Maxmanroe.Com
Jika Anda adalah orang yang suka memasak dan cinta pada dunia kuliner, maka berbisnis di dunia makanan merupakan pilihan yang tepat. Peluang yang semakin terbuka dan besar di bidang kuliner saat ini tentu akan membuat Anda semakin memiliki kesempatan untuk meraih sukses. Salah satu peluang bisnis kuliner yang bisa Anda coba tersebut adalah makanan khas daerah.
 
Kian tingginya hobi melancong atau traveling masyarakat ke berbagai daerah juga mendorong bisnis kuliner daerah ini semakin bagus. Untuk menjalankan bisnis kuliner daerah ini Anda mempunyai banyak pilihan karena umumnya di setiap daerah memiliki makanan khas. Anda bisa memilih makanan khas sesuai tempat kelahiran Anda atau juga makanan daerah yang menjadi favorit Anda.

Meskipun bisnis kuliner daerah mempunyai prospek yang bagus, namun bukan berarti usaha ini bisa dijalankan dengan seenaknya. Dalam menjalankan bisnis daerah ini, Anda juga memerlukan beberapa teknik dan trik untuk bisa suskes. Lalu apa saja teknik dan trik jitu untuk bisa membuat bisnis makanan daerah ini sukses? Berikut ulasannya.

1. Pilih Tempat yang Tepat

Teknik atau trik sukses pertama dalam menjalankan bisnis kuliner daerah ini adalah tempat. Ya, meskipun prospek bisnis ini sangat bagus, namun jika Anda tidak bisa menempatkan lokasi usaha dengan tepat maka bisnis Anda bisa saja melempem. Maka dari itu Anda harus memilih dan menempatkan usaha Anda ini pada tempat-tempat yang berada pada kawasan strategis dan bisa menarik konsumen.

Lokasi-lokasi seperti tempat wisata, sekitar kampus atau perkantoran, dan pusat-pusat tempat komunitas berkumpul merupakan contoh lokasi yang strategis tersebut. Dengan memiliki tempat yang tepat ini maka Anda telah satu langkah lebih baik untuk menuju kesuksesan dalam usaha makanan khas daerah ini.

2. Ciptakan Brand dari Nama Daerah

Namanya juga makanan khas, maka ia sangat memerlukan atau membutuhkan brand yang juga khas. Brand memang sangat penting bagi pengembangan identitas bagi perusahaan Anda. Jika Anda telah memiliki brand yang sangat populer dan menarik maka modal besar telah Anda peroleh untuk menuju sukses.

Untuk bisnis kuliner daerah ini, Anda bisa membuat brand dari nama daerah yang Anda bawa. Seperti contoh Nasi Pecel Khas Madiun, Nasi Soto Khas Betawi, Es Dawet Ayu Banjarnegara dan lain sebagainya.

3. Pastikan Cita Rasa Kuliner Daerah

Jangan sampai menipu konsumen dengan membuat brand makanan khas daerah yang tidak sesuai dengan cita rasa makanan tersebut. Jika hal ini terjadi pasti konsumen banyak yang kecewa. Maka dari itu cobalah untuk membuat resep makanan yang sesuai dengan cita rasa khas daerah tersebut.

Untuk mendapatkan cita rasa yang sesuai ini tentu Anda harus berburu dan mencicipi makanan khas yang akan Anda jadikan bisnis tersebut. Jika memang Anda masih belum memahami resepnya, Anda harus mencarinya dengan detail hingga membuat cita rasa makanan daerah terasa seperti aslinya.

4. Buatlah Konsep Bisnis Kuliner yang Unik

Jika makanan daerah yang sedang Anda bisniskan sudah banyak yang membuka hingga menciptakan persaingan yang sangat ketat maka Anda harus membuat keunikan pada bisnis Anda.

Keunikan ini bisa Anda jalankan pada beberapa hal seperti kemasan, kombinasi rasa, sajian menu pendamping atau pada tempat yang bergaya khas daerah. Dengan adanya keunikan ini, Anda akan terlihat berbeda dan mampu mengatasi persaingan serta konsumen pun akan berdatangan kepada Anda.

5. Perhatikan Pelayanan

Terakhir, teknik dan trik untuk membuat bisnis kuliner khas daerah ini bisa sukses adalah dengan memperhatikan pelayanan.  Pelayanan memang hal yang krusial dalam bisnis, termasuk bisnis makanan khas daerah.

Meski Anda telah memenuhi empat komponen diatas, namun tanpa pelayanan yang prima maka bisnis Anda bisa saja ditinggalkan konsumen. Hal-hal seperti pelayanan cepat, ramah dan tanggap merupakan beberapa hal dalam pelayanan bisnis makanan umumnya dan makanan khas daerah pada khususnya yang seringkali dibutuhkan konsumen.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan harga menu. Usahakan jangan terlalu mahal jika Anda ingin bisnis makanan khas daerah Anda laris manis.