Laman

  • Home

Jumat, 18 Desember 2015

Trees4Trees, Organisasi Non Profit Yang Siap Membantu Jaringan Pemasaran Rumah UMKM

Trees4Trees Primary Education Program
Trees 4 Tress Organization



Kepedulian Trees4Trees Akan Kelestarian Lingkungan

Pendidikan adalah kunci untuk perbaikan jangka panjang kondisi kehidupan di masyarakat pedesaan dan perlindungan lingkungan.Program pendidikan Trees4Trees ™ memiliki dua komponen yang bertujuan untuk mendidik petani untuk meningkatkan hasil kehutanan masyarakat dan pendidikan dasar untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat lingkungan yang sehat.Petani - petani pohon Individu menerima pendidikan dan pelatihan dalam praktek menanam pohon dan pengelolaan hutan untuk membantu mereka menghasilkan kayu berkualitas tinggi untuk dijual. Kebutuhan pasar dan harga pasar saat ini untuk berbagai spesies kayu dikomunikasikan secara jelas dan transparan sehingga petani dapat membuat keputusan tentang bagaimana cara terbaik untuk mengelola penanaman mereka untuk memenuhi kebutuhan individu mereka dan orang-orang dari pasar.Pelatihan petani pohon disampaikan oleh koordinator lapangan dan diawasi oleh tim manajemen operasi Trees4Trees ™. Petani pohon individu sering memiliki pendekatan yang berbeda-beda tentang bagaimana mereka mengelola perkebunan mereka. Untuk mengoptimalkan hasil, dalam melatih beragam harapan manajemen sering memberikan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan petani individu. Pelatihan ini sering dilakukan secara satu per satu (individu) dan juga melalui belajar kelompok.Pendidikan Dasar - Dalam kemitraan dengan sekolah-sekolah lokal tim Trees4Trees ™ memperkenalkan manfaat menanam pohon untuk siswa sekolah dasar melalui pendidikan interaktif / pengalaman belajar. Para siswa dibuat sadar akan banyak nilai-nilai yang menyediakan pohon untuk manusia, hewan, tumbuhan lain dan lingkungan yang lebih luas melalui:
  • Produksi oksigen dan mengurangi karbon dioksida di atmosfer;
  • Penyediaan naungan, tempat tinggal dan habitat sebagai nilai struktur dukungan untuk tanaman lain;
  • Meningkatkan kualitas air dan kemampuan tangkapan pengisian ulang;
  • Pencegahan erosi tanah dan salinasi tanah;
  • Moderasi suhu tanah dan udara;
  • Produksi buah-buahan, nektar, minyak, tanin, lateks dan kayu;
  • Dan sebagai pemanasan dan sumber energi di banyak negara berkembang.
Untuk menyelesaikan pertukaran, pohon tersebut kemudian ditanam di halaman sekolah dengan bantuan dari anak-anak sekolah. Pemantauan dilakukan dengan anak-anak sekolah dan tim Trees4Trees ™ untuk merekam pertumbuhan penanaman.Tujuan utama dari program pendidikan kita adalah untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan meningkatkan kesadaran dengan cara yang membangun pemberdayaan dan kepercayaan dengan peserta program kami dan mitra.

Setiap Pohon Yang Anda Tebang Dan Perdagangkan Harus Anda Ganti Dengan Menamamnya.

Hal inilah yang saya simpulkan dari penjelasan Trees4Trees saat kami berkunjung di kantor kerjanya di Semarang. Organisasi ini dengan sertifikat Trees4Treesnya sudah banyak diakui di sebagian Asia, Hongkong, Singapore dan hampir seluruh Eropa. Sertifikasi ini memberikan jaminan bahwa pembeli produk kayu dari Indonesia telah mengganti produk kayu yang telah diperdagangkannya dengan menanam kembali kayu tersebut di beberapa lokasi yang memungkinkan di Indonesia.

Bagi sementara buyer furniture di Eropa, alternatif ini dirasakan cukup "riil" dengan aksi nyata yang dilakukan Tress4Trees yang menanam langsung pohon kompensasi sesuai dengan nilai kompensasi yang dilakukan oleh Buyer. Nilai kompensasi ini telah ditentukan sebelumnya dari nilai perdagangan mereka.

Jaringan Trees4Trees selama 2 tahun ini berkembang pesat dan mendapatkan perhatian lebih dari berbagai pelaku bisnis (importer) di Eropa karena mereka mendapatkan jaminan bahwa uang yang mereka keluarkan benar-benar telah dikompensasikan untuk penanaman pohon di Indonesia, sebagai negara pengekspor. Laporan dan cek fisik bisa dilakukan oleh buyer atas kinerja Trees4Trees, bahkan setiap pohon memiliki titik koordinat masing-masing untuk memudahkan pembuktian penanaman pohonnya.

Jaringan Pemasaran Trees4Trees Untuk Produk Furniture & Handicraft

Yang terpenting dari pertemuan kami dengan organisasi ini, yang notabene milik orang asing, adalah bahwa mereka memiliki jaringan pembeli (buyer) hampir di seluruh dunia yang telah menjalin kerjasama yang baik dengan mereka. Kami bersepakat bahwa mereka akan membantu Rumah UMKM dalam pemasaran produk furniture dan handicraft dari binaan-binaan Rumah UMKM. Lantas apa yang bisa mereka bantu untuk UMKM produsen furniture ?

Yang paling penting ada 2 hal dari hasil pembicaraan kami:
  1. Bagi binaan Rumah UMKM, mereka akan diberikan fasilitas menjadi member Trees4Trees secara gratis dan produk mereka akan dipromosikan oleh Trees4Trees.
  2. Manajemen Trees4Trees akan membantu pemasaran produk UMKM binaan Rumah UMKM ke seluruh dunia.
Perlu diingat bahwa beban biasa sertifikasi Trees4Trees tidak dibebankan kepada produsen, melainkan kepada buyer. Dengan sertikat yang didapat dari organisasi ini maka buyer memberikan bukti kepada konsumen bahwa buyer sangat peduli dengan Eco Green. Dan issue ini akan sangat membantu penjualan produk mereka, terutama di Eropa yang sangat kritis dengan Eco Green.
Hasil pertemuan kami dengan Trees4Trees ini memberikan angin segar untuk pemasaran produk furniture dan handicraft di Jawa Tengah. Memang produk sertifikasi dari organisasi ini tidak menggantikan SVLK ataupun FSC, tetapi ke depannya kami yakin bahwa dunia lebih memilih aksi nyata penanaman kembali pohon dari apa yang telah kita tebang.
Yang lebih penting lagi adalah, bahwa semua pohon yang ditanam adalah menjadi hak milik sepenuhnya dari para petani untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.