Laman

  • Home

Sabtu, 19 Desember 2015

Ekspor Menjadi Mudah & Murah Ketika Perusahaan Kurir Pun Mulai Kompetitif Dalam Tarif

Kirim Paket ke Singapore Hanya Rp. 100.000,- Per Kg

Biaya Pengiriman Ekspor Masih Mahal, Sehingga Menjadi Kendala Bagi UMKM


Bagi perusahaan skala menengah dan besar ekspor sudah bukan issue yang membanggakan, tetapi bagi usaha skala mikro dan kecil ekspor merupakan sebuah obsesi. Berbagai upaya kami untuk terus membina kemampuan ekspor UMKM baik dalam hal kualitas produk dan kemasan disamping pemasaran dan majemennya telah kami lakukan sampai pada akhirnya kami menemukan sebuah kendala ekspor yaitu biaya pengiriman ekspor yang sangat mahal untuk skala retail.

Biaya pengiriman retail ini memang menjadi kendala utama kami ketika ingin memperkenalkan dan membangun experience pembeli di luar negeri atas produk UMKM Jawa Tengah. Ketika MEA digelar dan UMKM dituntut memiliki daya saing yang tinggi dalam hal kualitas dan harga, maka komponen transportasi juga harus memiliki daya saing yang sama karena struktur biaya yang besar justru di transportasi.

Keluhan ini sudah pernah kami sampaikan kepada kurir-kurir terbesar di Indonesia dan belum mendapatkan respon positif, sampai pada akhirnya salah satu kurir memberikan perhatian dalam masalah ini. 

PT Wahana Prestasi Logistik belum lama me-launching layanan pengiriman ke Singapore dengan harga Rp 100.000,- per kg untuk 1-5 kg, Rp 90.000,- per kg untuk 6-10kg dan Rp 80.000,- per kg untuk 10 kg ke atas. Sungguh suatu terobosan yang cukup bisa membantu kami, UMKM, untuk bisa meningkatkan volume ekspornya.

Mungkin tarif tersebut masih cukup tinggi, tetapi dibandingkan dengan tarif dari kurir lain yang sekitar Rp 200.000,- per kg, tarif ini sudah sangat membantu.

Persaingan Tarif Ekspor Akan Dimulai Dari Sekarang.

Kami yakin, terobosan dari PT Wahana Logistik akan memacu pesaing-pesaingnya untuk memberikan layanan yang sama dan persaingan tarif pasti akan terjadi. Hal ini justru akan menjadi hal yang kami tunggu untuk memiliki banyak pilihan kurir. Semakin murah tarif harga pengiriman barang ke luar negeri maka volume ekspor akan semakin tinggi, terutama yang kami maksudkan adalah dari para UMKM.

Bahkan kami juga yakin nantinya pengiriman barang retail ke seluruh negara ASEAN akan murah juga, tidak hanya ke Singapura. 

Terobosan Wahana Logistik ini hanyalah sebagai awal memulai era baru untuk ekspor murah bagi UMKM. Setalah sebelumnya PT POS Indonesia juga melaunching Pos Ekspor dengan berat antara 10 - 300kg.

Yang dibutuhkan UMKM adalah tarif ekspor yang murah, layanan berkualitas dan dengan prosedur ekspor (administrasi) yang mudah.

Selamat dan terima kasih kami kepada Wahana Logistik yang telah berani memulai terobosan ini !