Laman

  • Home

Sabtu, 26 Desember 2015

5 Teknik Pemasaran Yang Sukses, Yang Dibutuhkan UMKM Untuk Tumbuh Jadi Besar.

Dalam berbisnis, pemasaran sering menjadi persoalan utama dan pemasaran sering dianggap rumit dan sulit. Padahal pemasaran tidak harus rumit, dan silahkan baca 5 teknik pemasaran sederhana ini untuk membangun bisnis Anda.


5trategi Marketing Sederhana

Berikut adalah 5 teknik pemasaran yang sukses yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan Anda. Sederhana dan efektif untuk digunakan dalam membangun bisnis apapun:

1. Selalu Menambahkan Sesuatu yang Baru (Update)


Setiap kali Anda menambahkan sesuatu yang baru untuk bisnis anda, anda menciptakan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak penjualan. Misalnya, sesuatu yang sederhana seperti menambahkan informasi baru di situs web anda guna menciptakan peluang penjualan lain, agar prospek dan pelanggan yang mengunjungi situs Anda melihat informasi baru.

Menambahkan sebuah produk atau jasa baru ke daftar orang-orang yang sudah memiliki expereince (pengalaman) dengan produk anda atau jasa anda bisa meningkatkan penjualan anda. Penambahan produk untuk meningkatkan penjualan dilakukan dengan 3 tujuan yang berbeda:

  • Untuk menarik pelanggan baru yang tidak tertarik pada produk dan layanan anda saaat ini.
  • Untuk menghasilkan penjualan berulang (repeat order) dari pelanggan lama yang juga ingin memiliki produk baru Anda.
  • Untuk memungkinkan Anda dalam mendapatkan penjualan yang lebih besar dengan menggabungkan 2 atau lebih item dalam penawaran paket khusus (bundling produk).
2. Menjadi Sumber Daya Berharga Bagi Pelanggan

Carilah cara yang bisa membuat produk anda menjadi sumber daya bagi calon pelanggan dan pelanggan. Misalnya: memasok mereka dengan informasi gratis, membantu mereka melakukan hal-hal yang lebih cepat, lebih mudah, lebih murah maka anda akan mendapatkan kesempatan lain untuk menjual sesuatu setiap kali mereka datang kembali kepada anda untuk bantuan.

3. Buatlah Keunggulan Kompetisi Yang Unik


Menemukan atau membuat alasan kepada pelanggan untuk melakukan bisnis dengan anda bukan dengan orang lain dengan menawarkan produk yang sama atau mirip. Misalnya, apakah anda memberikan hasil yang lebih cepat, prosedur lebih mudah, perhatian pribadi atau jaminan yang lebih baik ? Inlah yang disebut dengan competitve advantage atau keunggulan dalam bersaing.
Tentukan keunggulan unik produk yang anda tawarkan kepada pelanggan ketika pesaing anda tidak menawarkannya. Promosikan keunggulan tersebut di semua iklan anda secara masif. Berikan prospek pelanggan anda alasan untuk melakukan bisnis dengan anda bukan dengan pesaing anda maka secara otomatis anda akan mendapatkan lebih banyak penjualan.


4. Mempromosikan Hasil Akhir


Ketahuilah bahwa pelanggan anda "tidak benar-benar ingin produk atau jasa anda". Mereka menginginkan "manfaat yang dihasilkan" dengan menggunakan produk tersebut.

Misalnya, pembeli mobil ingin transportasi yang nyaman dengan image tertentu. Pasien gigi ingin gigi yang sehat dan tampan tanpa menderita sakit. Pencari peluang bisnis menginginkan kebebasan pribadi dan keuangan untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka.


Pastikan bahwa halaman web, dokumen penjualan anda dan pesan penjualan lainnya mempromosikan hasil akhir yang diinginkan oleh pelanggan anda.


5. Antisipasi Perubahan 


Perubahan adalah tantangan terbesar untuk kesuksesan bisnis Anda. Hari-hari berlalu tapi bisnis terus bisa tumbuh dengan hanya mengulangi apa yang terjadi dengan sukses di masa lalu ... atau bahkan baru-baru ini. Agresif, pesaing yang inovatif dan perubahan teknologi yang cepat membuat segala sesuatu menjadi tidak mudah.

Mengharapkan perubahan dan mempersiapkan untuk itu. Jangan menunggu sampai pendapatan anda menurun sebelum mengambil tindakan. Mengembangkan kebiasaan mencari awal tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang berubah. Kemudian menghadapinya sebelum Anda mulai kehilangan bisnis.


TIPS: Melindungi diri terhadap dampak perubahan dengan meningkatkan jumlah produk dan jasa yang anda tawarkan dan dengan menggunakan berbagai metode pemasaran yang berbeda. Agar hanya sebagian kecil dari total bisnis anda yang akan terpengaruh jika penjualan satu produk atau penurunan respon terhadap satu metode pemasaran tetes.


Tips ini kami berikan berdasarkan pengalaman saya dalam 20 tahun di bidang pemasaran produk, baik lokal maupun ekspor. 5 teknik ini sudah saya terapkan dalam kurun waktu bertahun-tahun untuk produk-produk yang berbeda dan dengan pasar yang berbeda, dan alhamdulillah berhasil.


Silahkan mencoba, dan semoga sukses !