Laman

  • Home

Sabtu, 14 November 2015

Tips Membangun Brand UKM Dalam Memenangkan Persaingan

Membangun Brand UKM

Bagi UKM membangun brand adalah suatu upaya mempersiapkan perjalanan bisnis yang panjang, dimana bekal perjalanan harus benar-benar dipersiapkan dengan benar. Perjalanan ini akan sangat kompleks karena akan banyak menemui hambatan, keterbatasan dan persaingan. Oleh sebab itu UKM perlu dibekali pemahaman praktis mengenai apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkannya.

1. Fokus Membangun Perbedaan

Secara sederhana brand dipahami sebagai suatu "perbedaan". Apa yang membuat bisnis atau produk kita berbeda pesaing dan apa yang membuat orang akan tertarik dengan bisnis atau produk kita adalah fokus yang harus kita perhatikan.

Perbedaan ini bisa berarti keunikan yang dibangun berdasarkan "kebutuhan pasar" sehingga mampu menjadi "magnet" bagi pasar.

2. Fokus Menjaga Konsistensi Kualitas Produk & Layanan

Hal yang paling sering dilupakan oleh pelaku UKM adalah masalah konsistensi produk dan layanan. Hal ini terkait dengan bagaimana pelaku UKM ini nantinya akan membangun sistem manajemen dan SOP untuk menjaga kualitas dan layanannya terukur dan bisa dikelola. Jika yang dimaksudkan "brand" adalah perbedaan kualitas produk dan layanan maka sistem manajemen dan SOP yang baku harus dibangun sejak awal.

3. Konsistensi Melakukan Promosi

Setelah semua persiapan di atas dimiliki maka hal selanjutnya adalah bagaimana perbedaan tersebut dikomunikasikan kepada pasar dan bagaimana sebanyak mungkin pasar yang masuk segmentasi dan target pasar bisa terjangkau oleh media komunikasi yang kita pilih. Pemilihan pesan yang tepat dalam menyampaikan pesan brand kita menjadi sangat penting, karena salah pesan mengakibatkan tujuan promosi tidak tercapai. Pemilihan media promosi juga harus selektif untuk menghasilkan dampak promosi yang optimal. 

Promosi bisa dilakukan secara statis dengan media, atau dengan cara yang interaktif dengan event dan komunitas.

Demikian 3 langkah penting dan sederhana bagi UMKM untuk membangun brand, yang bisa sejak dini dilakukan oleh pelaku UMKM itu sendiri.