Laman

  • Home

Senin, 02 November 2015

Membangun Brand Untuk UMKM

Tips Membangun Brand Untuk Usaha Kecil


Brand atau nama bisnis (merek) memang tak boleh diremehkan. Sama seperti memberi nama pada anak-anak Anda. Nama bukan lagi sebuah hal yang tanpa arti seperti yang dikatakan William Shakespears. Nama bisnis yang akan Anda berikan dengan langsung dan tak langsung akan berdampak pada perjalanan usaha Anda.

Namun bagaimana jika kita memulai usaha dari nol dengan artian merek yang kita miliki belum populer? Tenang, berikut ada 5 tips yang bisa kita lakukan untuk membangun brand (merek) yang besar bagi bisnis kecil yang masih kita rintis.

1. Mengetahui Pasar Anda
 
Tips pertama untuk membuat usaha kecil membangun brand besar adalah dengan memfokuskan merek bisnis Anda pada sasaran atau target pasar. Ya, sebuah bisnis tentu memiliki target pasar tertentu untuk dijadikan sasaran pemasaran.

Target pasar yang dibuat bisa berupa umur, profesi, alamat, pekerjaan, penghasilan, kebutuhan, trend, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Gunakan ini sebagai acuan dalam menentukan target pasar Anda.
Target pasar bisnis memang bisa saja menyasar semua kalangan, namun alangkah baiknya jika Anda memfokuskan lebih detail target Anda. Dengan lebih fokus, Anda bisa lebih mudah untuk menentukan strategi bisnis yang akan Anda jalankan.

Dengan target pasar yang lebih fokus, Anda juga akan lebih mudah dan berpeluang untuk cepat meningkatkan popularitas dalam membangun brand Anda. Maka dari itu sebelum menentukan merek untuk usaha Anda alangkah baiknya jika Anda melakukan riset apa-apa yang menjadi kebutuhan target pasar Anda, apa yang mereka sukai dan apa yang bisa membuat mereka terus berinteraksi dengan bisnis Anda serta melakukan promosi bisnis Anda. Pelajari hal-hal tersebut dan ciptakan merek atau brand berdasarkan indikator-indikator targer pasar tersebut.

2. Perhatikan Penampilan Merek Anda

Penampilan pada merek bisnis bisa Anda lakukan dengan mendesain sebuah logo, kemasan atau tampilan dari produk Anda sebaik mungkin. Dari nama dan desain brand ini Anda bisa menarik orang untuk melihat dan membeli produk atau layanan bisnis Anda.

Untuk membuat merek yang menarik, Anda bisa menggunakan bahasa visual dan desain estetika yang baik. Jangan lupa juga untuk menggunakan font tulisan yang konsisten. Ini akan membentuk karakter dan ciri khas unik untuk membangun brand Anda.

3. Pakai Kata-kata yang Mudah Dideskripsikan

Dalam hal penggunaan kata, usahakan Anda bisa menjawab pertanyaan ini yaitu “Ketika Anda diminta untuk menggambarkan 5 kata untuk merek Anda, kira – kira apa yang akan Anda ucapkan?” Jika Anda sanggup menjawab pertanyaan ini, berarti Anda telah berhasil menggunakan kata kunci merek yang sesuai target dan tujuan Anda.

Jadi usahakan brand Anda dikenal dengan brand yang simpel atau mudah untuk dideskripsikan. Dengan membangun brand yang mudah dijelaskan maka merek Anda akan cepat dikenal dan populer.

4. Ciptakan Nama Merek Yang Mengandung Solusi

Untuk membangun brand yang baik, Anda perlu memikirkan nama brand yang memberikan pesan sebagai solusi bagi para pembeli Anda. Karena merek yang Anda berikan untuk bisnis Anda bukanlah hanya sekedar sebuah nama. Sebuah brand akan otomatis memberikan dan menyampaikan pesan tertentu kepada publik.
Maka dari itu usahakan untuk membuat merek bisnis yang dapat menyampaikan pesan solusi buat target pasar Anda. Jadi saat pembeli sedang membutuhkan sesuatu sebagai solusi permasalahannya, maka ia akan langsung teringat pada merek bisnis Anda.

5. Cermatlah Dalam Berpromosi

Untuk menjadikan sebuah merek bisnis dikenal banyak orang maka umumnya pebisnis diharuskan melakukan promosi. Namun apa jadinya jika bisnis yang kita jalani adalah bisnis yang masih kecil yang memiliki dana terbatas? Jangan kuatir, kini seiring pertumbuhan teknologi dan internet, banyak media yang bermunculan.

Bahkan diantara media-media tersebut adalah tak berbayar alias gratis. Media gratis yang bisa Anda pakai itu seperti media sosial, blog dan lain sebagainya. Nah sembari itu Anda bisa menjalankan bisnis dan mengumpulkan dana untuk promosi lebih besar.

Sumber: MaxManroe.Com