Laman

  • Home

Senin, 30 November 2015

GetAsean.Com, Memahamkan UMKM Bahwa Ekspor TIdaklah Sulit

UMKM Ekspor Bersama GetAsean.Com

Mengatasi kondisi perlemahan rupiah saat ini, diharapkan ekspor Indonesia makin meningkat terutama dari sisi UMKM. Sementara UMKM sendiri masih merasakan betapa sulitnya untuk melakukan ekspor meskipun kualitas produksinya sudah sangat layak untuk konsumsi ekspor.

Workshop, seminar dan training ekspor hanya sekedar membekali pengetahuan ekspor kepada UMKM tetapi belum mampu menggulirkan keberanian untuk ekspor. Edukasi ekspor semuanya masih bersifat pasif bagi UMKM, sehingga perlu upaya membuat fasilitas yang bisa memasukkan edukasi, aplikasi, promosi dan sekaligus transaksi dalam satu paket.

GetAsean.Com yang terus gencar disosialisasikan Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah akhir-akhir ini adalah untuk menjawab permasalahan di atas. Team GetAsean.Com secara aktif terus memahamkan kepada UMKM bahwa ekspor melalui GetAsean.Com tidaklah sesulit apa yang mereka bayangkan sebelumnya.

Beberapa fasilitas kemudahan dan keamanan transaksi ada di GetAsean.Com mulai dari pengiriman ekspor yang tanpa prosedur yang rumit, konsultasi ekspor dari pihak transporter juga disiapkan. Bahkan eskportir (UMKM) juga diproteksi dengan asuransi gagal bayar dan pembiayaan ekspor. Team GetAsean.Com terus berupaya melengkapi fitur-fitur penting dalam ekspor yang tujuaannya semakin memudahkan UMKM untuk Go International atau Go Export !

Kendala yang dihadapi oleh Kadin Jateng saat ini adalah mindset UMKM yang masih berpikir ekspor itu beresiko tinggi dan membutuhkan modal yang besar, padahal hanya dengan 10 kg cargo rekan-rekan UMKM sudah bisa melakukan ekspor dengan GetAsean.Com. Kendala lain adalah bahwa UMKM belum akrab dengan eCommerce yang membuat team GetAsean.Com harus secara perlahan-lahan menyadarkan mereka bahwa saat ini teknologi komunikasi sudah berkembang pesat dan dunia internet harus segera diakrabi oleh UMKM.

Menyadari kendala tersebut, team GetAsean.Com secara masif terus melakukan sosialisasi kepada UMKM di Jawa Tengah, terutama yang produknya berorientasi ekspor. GetAsean.Com juga membutuhkan dukungan dari semua pihak yang terkait dengan pembinaan dan pengembangan UMKM di Jawa Tengah, terutama dari pemerintah.