Laman

  • Home

Selasa, 17 November 2015

Bagaimana Memulai Usaha Toko Handicraft

Menjalankan sebuah toko kerajinan (handicraft) bisa menjadi bisnis yang menguntungkan dan bermanfaat. Ini memberi Anda kesempatan untuk mengajar orang lain dan tenggelam dalam kreativitas. Ini juga mungkin untuk membuat hidup yang lebih baik, karena bisnis kerajinan adalah bisnis dengan segala kesempatan. Sebuah toko kerajinan serbaguna; itu dapat dijalankan secara online, dari rumah Anda, atau dari lokasi ritel. Anda juga memiliki pilihan menjual handicraft, asesories, home decoration atau gabungan semuanya. Di bawah ii ada beberapa langkah bagaimana memulai usaha membuka sebuah toko kerajinan (handicraft).

Langkah-Langkah:


Start a Craft Store Step 1
Ilustrasi Toko Kerajinan


1) Putuskan apa yang akan dijual dan berapa banyak Anda akan menjual untuk membuat keuntungan

Sebuah toko kerajinan bisa menjual produk yang Anda hasilkan sendiri serta kerajinan yang dibuat oleh seniman lain. Ini bisa dibeli melalui program konsinyasi atau grosir. Jenis produk yang akan dijual juga tergantung dengan konsep bisnis dan peluang pasar yang ada di daerah tersebut. Konsep spesialisasi saat ini sedang banyak diminati, misalnya: specialis perlengkapan dapur dan ruang makan, specialis ruang tidur dan lain-lain. Mengenai berapa banyak produk yang akan anda jual tergantung dari optimalisasi peluang pasar dan kemampuan modal anda sendiri.


Start a Craft Store Step 2


2) Mulailah membuat Bisnis Plan dan Rencana Pemasaran untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari bisnis Anda dan pasar serta mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana untuk memulai sebuah toko handicraft.

Hal ini dapat dimulai dengan yang paling sederhana seperti beberapa halaman atau dokumen yang kompleks yang ditulis oleh seorang profesional, tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda berencana untuk mendapatkan investor atau pembiayaan bank maka perincian rencana standar akan diperlukan.

Jangan lupa untuk menonjolkan "daya tarik" dari bisnis toko handicraft ini, dan bagaimana orang akan memberikan perhatian kepada bisnis ini. Bagaimana revenue bisa dihasilkan, bagaimana peluang pasar dan kondisi persaingannya, bagaimana membangun daya saing, bagaimana organisasi pegelolaannya dan bagaimana SDM pengelolanya.


Start a Craft Store Step 3



3) Menemukan ruang yang diperlukan yang akan Anda butuhkan untuk menjalankan toko kerajinan Anda

Untuk toko berbasis rumah, Anda akan membutuhkan tempat untuk bekerja dan tempat untuk menyimpan perlengkapan dan produk jadi. Untuk lokasi ritel, Anda akan perlu membeli atau menyewa toko yang memiliki ruang lalu lintas pengunjung dan cukup ruang untuk menampilkan produk yang ingin Anda jual. Jika Anda berencana untuk menjalankan kelas edukasi, Anda juga akan memerlukan ruang bagi orang untuk bekerja. Idealnya, harus ada ruang bagi anak-anak untuk bermain sambil menunggu orang tua mereka berbelanja tanpa harus khawatir mereka merusak barang atau mengganggu pembeli lainnya

Untuk memaksimalkan penjualan, disarankan juga melakukan penjualan online sebagai sarana promosi dan pemasaran yang lebih efektif. Tentunya dalam situs online-nya nanti juga harus adalah ruang edukasi handicraft kepada pembaca.

 
Start a Craft Store Step 4


4) Memahami tentang tugas-tugas administrasi dan keuangan Anda sebelum menjalankan bisnis Anda, termasuk pembukuan, persediaan, akuntansi dan iklan.  

Sebaiknya Anda mempersiapkan pemahaman  mengenai hal-hal administrasi pembukuan, keuangan sebelum Anda benar-benar siap menjalankan usaha Anda meskipun nantinya Anda akan dibantu oleh seorang karyawan yang akan mengerjakan tugas-tugas tersebut. Memahami arus kas keluar dan masuk merupakan pemahaman dasar dari sebuah bisnis, disamping bagaimana menghitung modal, biaya dan keuntungan.

 Start a Craft Store Step 5

5) Membuat website atau toko online, tergantung pada apa yang akan Anda jual dan bagaimana Anda akan menjualnya.  

Meskipun saat ini pilihan penyedia market place sudah sangat banyak mulai dari eBay, Alibaba, BukaLapak, TokoPedia, Elevania dan sebagainya tetapi yang paling ideal adalah Anda memiliki website sendiri atau toko online sendiri. Tujuannya adalah untuk membangun brand sejak awal dan memberikan kepercayaan kepada pelanggan akan keberadaan bisnis anda.

Website ini merupakan alat promosi Anda di dunia maya, dan memudahkan pelanggan mencari keberadaan bisnis Anda di dunia maya. Website ini juga bisa digunakan untuk edukasi pasar dan komunikasi dengan pelanggan.


 Start a Craft Store Step 6

6) Dapatkan semua lisensi dan perijinan yang diperlukan

Perijinan usaha sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah toko handicraft dan perijinan, jika skalanya masih UKM maka saat ini IUMK masih sangat memadai. Registrasi pajak juga dibutuhkan jika ada rencana kredit kepada perbankan atau ingin memasok pasar yang lebih besar.


 Start a Craft Store Step 7


7) Desain logo untuk toko Anda, atau menyewa seseorang untuk melakukannya

Logo ini akan digunakan pada halaman signage, stasioner dan website. Logo yang menarik sangat membantu pengenalan brand Anda. Pilih warna yang akan digunakan dalam grafis situs dan toko perlengkapan dan dekorasi.

Nah, setalah toko handicraft sudah berdiri jalankan semua hal yang sudah ditulis dalam Bisnis Plan dan Marketing Plan untuk menjadi acuan dalam menjalankan bisnis ini. Semua perbaikan dari Bisnis Plan dan Marketing Plan harus tercatat dengan baik untuk menjadi acuan di masa mendatang.

Selamat berwirausaha, semoga sukses !