7 Kesalahan Finansial yang Tidak Dilakukan Orang Sukses

Sumber: Cermati.Com
 
Mengelola uang secara efektif adalah keterampilan kunci untuk mencapai keberhasilan. Orang-orang sukses membuat keputusan bertindak efektif dengan uang mereka. Seperti bidang kehidupan, penting untuk mendidik diri sendiri tentang ancaman dan tantangan di dunia. 
Apa saja hal-hal yang dihindari orang sukses dalam pengelolaan keuangan mereka? Simak di bawah in:

1. Mereka Tidak Overspending; Mereka Membelanjakan Uang Lebih Sedikit dari Pendapatan

Belanja Cerdas
Mereka Berbelanja Sesuai Kebutuhan via beritatrans.com

Hidup dengan biaya kurang dari pendapatan yang Anda peroleh adalah keterampilan manajemen uang yang penting untuk dikuasai. Beberapa orang terkaya di dunia telah mengambil prinsip ini dengan sangat tepat. Misalnya, Sir John Templeton, investor legendaris yang menjadi miliarder, ia menyimpan 50% dari pendapatannya bahkan ketika dia tumbuh dengan sarana yang terbatas. Jika uang yang Anda kelola berlebih, jangan khawatir! Anda dapat mencapai kesuksesan finansial dengan menyimpan 10-15% dari penghasilan Anda.

2. Mereka Tidak Terpaku dengan Harga; Mereka Mengerti Pentingnya Nilai

Label Harga
Jangan Terpaku Dengan Harga via technori.com

Harga yang Anda bayar untuk investasi, makan atau membeli sepotong pakaian hanya bagian dari cerita. Orang-orang sukses juga berpikir tentang nilai barang-barang tersebut. Untuk investasi, mereka menganggap prospek investasi tumbuh di masa depan. Untuk barang-barang pribadi, mereka mencari produk-produk berkualitas tinggi yang akan berlangsung lama dipakai. Misalnya, mereka rela membeli sepatu mahal seharga Rp5 juta atau lebih tetapi sepatu ini bisa bertahan selama bertahun-tahun dengan perawatan yang tepat.

3. Mereka Tidak Menghamburkan Uang Untuk Membayar Biaya dan Bunga; Mereka Tahu Cara Mengelola Akun Bank


Kelola Bank
Mereka Tahu Cara Mengelola Akun Bank via marsindonesia.com

Menjaga keseimbangan tagihan pada kartu kredit Anda sangat mahal harganya. Menurut CNN, orang Amerika rata-rata membelanjakan lebih banyak uang sekitar hampir Rp20 juta untuk menutupi utang kartu kredit. Orang-orang sukses juga mengawasi biaya-bagaimana bank menerapkan aturan pembayaran dan bunga untuk ATM dan transaksi lainnya. Biaya ini mudah untuk dihindari dengan perencanaan setelah Anda memahami bagaimana sistem perbankan bekerja. Anda cukup meninjau rekening keuangan Anda selama 5-10 menit setiap bulan untuk memahami biaya yang harus Anda keluarkan untuk bank .

4. Mereka Tidak Lupa Menyesuaikan Keuangan Mereka Setelah Perubahan Hidup 
Keuangan Pasca Perubahan Hidup
Sesuaikan Keuangan Pasca Perubahan Hidup via fpa.com.au

Apakah Anda baru saja menikah? Apakah pasangan Anda juga akan menggunakan kekayaan Anda? Hal ini adalah beberapa poin yang orang-orang sukses secara finansial dapat kelola secara efektif. Meskipun Anda dapat mengotomatisasi banyak aturan dan prinsip keuangan Anda, sangat penting untuk melakukan penyesuaian ketika keadaan hidup dan keluarga Anda berubah secara signifikan. Buatlah sekali setahun tinjauan hidup Anda dan rencana keuangan untuk tetap dapat mengatasi perubahan penting.

5. Mereka Tidak Puas dengan Penghasilan Stagnan, Mereka Mencari cara Untuk Meningkatkan Pendapatan

Pekerjaan Sampingan
Selalu Mencari Pendapatan Tambahan via navut.com

Beberapa orang tidak pernah berfikir untuk menghasilan lebih banyak uang atau hanya puas saat pendapatan mereka meningkat 1-3%. Sayangnya, bahwa laju pertumbuhan pendapatan yang lambat memberi kesempatan inflasi secara perlahan menggerogoti daya beli Anda. Sebaliknya, orang-orang sukses mencari cara untuk mendapatkan penghasilan lebih. Peningkatan pendapatan memberi Anda lebih banyak pilihan untuk kesenangan pribadi, kapasitas yang lebih untuk memberikan uang, dan rasa aman.

Orang-orang sukses mengambil tindakan sehari-hari untuk meningkatkan pendapatan mereka. Misalnya, mereka mengambil kursus untuk meningkatkan keterampilan mereka atau mereka menyumbangkan ide-ide untuk meningkatkan produktivitas perusahaan mereka. Mereka juga tahu bagaimana untuk menghasilkan lebih banyak uang.

6. Mereka Tidak Mengabaikan Laporan Keuangan

Laporan Keuangan
Jangan Abaikan Laporan Keuangan via nesteggrx.com

Mencapai kesuksesan finansial membutuhkan beberapa kebiasaan yang dilakukan secara seksama dan mantap. Hal itu termasuk membentuk kebiasaan untuk memantau laporan keuangan Anda. Orang-orang sukses mengatur waktu setiap bulan-30 sampai 60 menit-untuk meninjau semua rekening keuangan mereka: investasi, rekening bank, kartu kredit dan banyak lagi. Ketika mereka mendeteksi kesalahan atau kelalaian, mereka segera mengambil tindakan.


7. Mereka Tidak Mengambil Resiko Bodoh Dalam Keuangan

Jangan Asal Ambil Resiko
Jangan Ambil Resiko Bodoh via witszen.com

Warren Buffet sering menyatakan, "Aturan nomor satu tidak pernah kehilangan uang." Semua investasi dapat mengakibatkan beberapa ukuran risiko (dan oleh karena itu ada potensi untuk kehilangan uang). Dikatakan bahwa orang-orang sukses menggunakan dua alat yang kuat untuk menghindari kerugian. Mereka memahami nilai asuransi untuk mengendalikan risiko (misalnya rumah, mobil, dan asuransi jiwa) dan pentingnya alokasi aset.

Komentar